Tips Menjaga Kesehatan Bayi Sejak dalam Kandungan

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Sejak dalam Kandungan

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Sejak dalam Kandungan – Hai sobate-pub, Memiliki bayi yang sehat dan menjaga kesehatan bayi merupakan sebuah hal yang menjadi perhatian penting bagi orangtua. Ini sangat penting di lakukan tidak hanya pada saat ketika membesarkan buah hati, namun juga mulai saat masih dalam kandungan.

Menurut Dokter spesialis anak yang sekaligus Founder Tentang Anak Official, Mesty Ariotedjo mengatakan, sebenarnya, 80 persen perkembangan otak bayi terjadi di 1.000 hari pertama. Hal ini penting di lakukan bukan saat setelah bayi lahir, tetapi sejak di dalam kandungan.

Maka dari itu, menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan adalah hal yang penting, lanjutnya.

Dokter kandungan Darrell Fernando juga mengatakan hal yang sama serta menjelaskan beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan pada saat kehamilan yakni:

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Sejak dalam Kandungan

Rutin Mengontrol Kehamilan

Selalu mengontrol kehamilan sesuai dengan jadwal termasuk untuk jadwal pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini minimal di lakukan 4 kali selama kehamilan. Yaitu ketika trimester 1 (usia 10-13 minggu), trimester 2 (usia 20-24 minggu), dan trimester 3 (usia 28-31 minggu dan 36 minggu).

Memerhatikan Nutrisi dan Pola Makan

Pastikan untuk selalu memperhatikan nutrisi serta pola makan dengan gizi seimbang: tidak ada makanan “mewah” atau paling bagus di bandingkan makanan yang lainnya. Bagi para Ibu hamil dapat mengonsumsi berbagai variasi jenis makanan untuk memenuhi kecukupan gizi.

Konsumsi Vitamin sesuai Petunjuk

Mengkonsumsi vitamin sesuai dengan petunjuk dokter: kebutuhan vitamin bagi ibu hamil termasuk zat besi, asam folat, dan vitamin D. Akan tetapi, sebelum mengkonsumsi ini semua, wajib bagi ibu hamil untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Olahraga

Berolahraga: pastikan untuk selalu melakukan aktivitas fisik sebanyak 150 menit dalam seminggu, atau 20-30 menit setiap harinya dan hindari aktivitas berat seperti lompat-lompat.

Kenali Tanda Bahaya

Kenali tanda bahaya pada setiap trimester: seperti muntah hebat, pendarahan, kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, tidak merasakan gerakan janin, dan kejang.

Persiapan ASI

Selain 5 hal di atas, hal berikutnya yang perlu diperhatikan selama kehamilan adalah persiapan Air Susu Ibu (ASI).

“bagi para orangtua jangan segan utuk selalu mengonsultasikan kondisi medis ke dokter, bidan, konselor laktasi sejak hamil, selain itu orangtua dan lingkungan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman, dukungan yang penuh, dan menghindari stres agar proses menyusui dapat berjalan dengan lancar,” ujar Darrell.

Kecukupan gizi ibu dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) juga memiliki peranan penting dalam perjalanan menyusui, lanjutnya.

“Penting bagi setiap calon orangtua yang sedang mempersiapkan persalinan untuk terus update terkait perkembangan informasi dan pengetahuan di setiap usia kehamilannya agar bisa relevan dengan kondisi yang sedang dialami.”

Selain itu, hal yang tidak kalah penting bagi orangtua adalah menjaga kesehatan mental, khususnya ibu selama proses kehamilan hingga setelah melahirkan nanti.

“Jika mengalami gejala gangguan jiwa seperti sering menangis, merasa hampa, tidak dapat beraktivitas, mendengar suara, cemas berlebih, segera konsultasikan diri ke dokter dan ahlinya,” terangnya.

Penutup

Itulah ulasan tentang Tips Menjaga Kesehatan Bayi Sejak dalam Kandungan. Semoga dapat menambah informasi bagi para calon orang tua. Jangan lupa untuk selalu berbagi ilmu kepada orang lain dengan membagikan informasi di atas.

You May Also Like