Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui

Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui

Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui – Hai sobat e-pub, Stres merupakan sebuah reaksi pada diri seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stres merupakan bagian alami dan penting dari kehidupan, akan tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Stres merupakan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan dan mengganggu kenyamanan seseorang, seperti bingung, cepat marah dan sebagainya. Pemicu stres sebagian besar dari pengaruh dari luar diri sendiri maupun yang di pengaruhi oleh faktor dari dalam individu tersebut. Siapa saja bisa terserang stres termasuk pada ibu yang sedang menyusui.

Stres yang di alami ibu hamil sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemberian ASI pada anak. Padahal sumber gizi utama pada bayi berasal dari ASI yang belum mampu mencerna makanan padat. ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi karena memiliki begitu banyak zat penting yang bagus guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Stres setelah persalinan bisa berbentuk sedih atau uring-uringan yang menyerang ibu timbul dalam jangka waktu dua hari sampai dua minggu pasca persalinan. Kondisi ibu yang mudah cemas dan stres dapat mengganggu laktasi sehingga dapat berpengaruh pada produksi ASI. Hal ini di karenakan stres dapat menghambat pengeluaran ASI. Lalu bagaimana cara mengatasi sters setelah melahirkan, berikut Berikut  Ttips mengatasi stres pada ibu yang sedang menyusui Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui

Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui

1. Cari tahu tentang pemicu tegangan

Cara pertama untuk mengatasi stres pada ibu menyusui adalah dengan mencari tahu sendiri tentang stresor tersebut. Misalnya, jika Anda tahu bahwa menonton berita dapat membuat Anda stres, hindari menontonnya.

2. Istirahat yang cukup

Cara mengatasi stres pada ibu menyusui selanjutnya adalah dengan memastikan mereka memiliki jadwal istirahat yang cukup. Rencanakan tidur siang Anda saat bayi Anda juga tertidur dan tunda pekerjaan rumah yang tak ada habisnya.

3. Bersantai atau bermeditasi

Cara lain untuk mengatasi stres pada ibu menyusui adalah dengan bersantai atau bermeditasi. Kita semua tahu bahwa latihan pernapasan yang di lakukan secara teratur setiap hari di percaya dapat mengurangi tingkat stres.

4. Carilah dukungan Keluarga

Penting untuk diketahui bahwa seorang wanita sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, terutama keluarganya, setelah melahirkan dan menyusui. Sangat baik untuk mengurangi tingkat stres yang bisa di alami. Bentuk dukungan paling sederhana yang dapat di berikan kepada ibu menyusui adalah dengan mendengarkan keluhan mereka tanpa menyudutkannya.

5. Olahraga ringan

Menyertakan olahraga ringan dalam rutinitas harian pascapersalinan dapat menjadi cara efektif untuk mengatasi stres pada ibu hamil. Anda tinggal memilih jalan santai atau yoga di rumah. Ciptakan suasana tenang di rumah sehingga bisa mengurangi stres.

Itulah beberapa Tips Mengatasi Masalah Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui. Semoga tips di atas bermanfaat serta dapat menambah ilmu bagi anda semua.

Pastikan untuk selalu membagikan informasi di atas kepada keluarga, saudara ataupun teman Anda. Dengan berbagi informasi anda akan mendapatkan manfaat lebih banyak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Nantikan dari kami ulasan selanjutnya.

Baca Juga :

Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega 3

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Tanda tanda Dehidrasi pada Bayi

You May Also Like