Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?

E-Pub – Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang sering dicari yaitu ” Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi? ” E-Pub akan berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan diatas :

Pertanyaan :

Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?

Jawaban :

1. Beralih ke lampu LED  karena Lampu LED lebih efesien dibandingkan lampu pijar. Ia bertahan lebih lama dan dapat membersihkan cahaya yang lebih bersih dan alami.

2. Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan. Karena Membiarkan alat elektronik dalam kondisi standby berarti listrik masih digunakan. Matikan setiap peralatan elektronik yang sudah digunakan dan cabut dari sakelar agar lebih hemat energi.

3. Bersihkan kulkas Bagian belakang lemari es bisa menjadi sangat kotor sehingga mengurangi efesiensi, jadi usahakan untuk membersihkannya, setidaknya satu tahun sekali. Dengan demikian, kulkas akan lebih awet dan lebih hemat energi.

4. Atur suhu kulkas. Mengatur suhu lemari es dan freezer, hanya satu derajat lebih hangat, dapat menghemat lebih banyak energi sepanjang tahun.

5. Efisien saat memasak Gunakan tutup panci saat merebus makanan dan pastikan menggunakan jenis panci yang tepat. Meski tampak sepele, ini dapat membuat perbedaan besar, yakni mempercepat waktu memasak dan menghemat energi.

6. Jangan sering menggunakan mesin pengering.  Mesin pengering dapat mengonsumsi listrik dalam jumlah besar. Jika hari sedang cerah, keringkan cucian di luar dan tidak perlu menggunakan mesin pengering.

7. Manfaatkan cahaya Matahari, Bukalah gorden di siang hari agar sinar Matahari dapat membantu pencahayaan di dalam rumah dan memberikan kehangatan. Dengan demikian, penghuni rumah tidak perlu menggunakan lampu di siang hari.

8. Jangan mandi terlalu lama, Menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi dan menggunakan lebih banyak air tentu akan boros energi. Jadi, batasilah waktu mandi agar penggunaan air pun lebih hemat.

9. Ganti oven dengan microwave ,Gelombang microwave jauh lebih efesien daripada oven karena menggunakan lebih sedikit energi dan membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit untuk memanasakan makanan.

10. Servis peralatan secara teratur, Memastikan peralatan memasak dan elektronik tetap dalam kondisi baik berarti menjaganya tetap efesien dalam hal penggunaan energi.

 

You May Also Like