Sejarah Windows dan Macamnya dari Awal Hingga Sekarang

Sejarah Windows  – Pada tahun 1972, dua orang sahabat yang sudah bermain bersama semenjak mereka kecil, Bill Gates dan Paul Allen, membangun sebuah bisnis yang berdasarkan dari kemampuan mereka dalam pemrograman komputer bernama Traf-O-Data, yang mana menjual sebuah komputer yang belum sempurna untuk menganalisis lalu lintas data otomobil.

Sejarah Windows

Kemudian, Gates mendaftarkan dirinya ke Harvard, dan Allen mengejar pendidikannya di Washington State University jurusan Ilmu Komputer, walaupun akhirnya Ia keluar dan mulai berkerja di Honeywell.

Pada tahun 1975, majalah komputer Amerika Serikat bernama Popular Electronics merilis edisi yang membicarakan tentang Instrumentasi Mikro dan Sistem Telemetri Altair 8800 yang lalu menginspirasi Allen untuk mengusulkan bahwa mereka bisa memrogram sebuah interpreter BASIC untuk perangkatnya.

Sejarah Windows

Allen berkerja pada sebuah simulator untuk Altair dan Gates mengembangkan interpreter ketika mereka tidak memiliki interpreter yang diminta oleh MITS. Akhirnya mereka mengembangkan interpreter tersebut pada sebuah simulator, bukan pada perangkat sungguhan. Lalu interpreter tersebut didemonstrasikan pada MITS di Alburquerque, di New Mexico.

Selanjutnya, MITS menyetujui untuk mendistribusikan interpreter yang dikembangkan kedua sahabat tersebut, dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Setelah itu, Gates dan Allen mendirikan sebuah perusahaan yang Bernama Microsoft pada April 4, 1975 yang awalnya bernama Micro-Soft.

Pada Agustus 1977, perusahaan yang dikembangkan kedua sahabat tersebut membentuk sebuah persetujuan dengan majalah ASCII di jepang.

Sejarah Windows dan Awal Microsoft Mengembangkan Sistem Operasi

Pada 1980, Microsoft memulai bisnis sistem operasi Xenix yang mana versi Unix mereka sendiri. Setelah itu, pada bulan November, 1980, IBM memberikan sebuah kontrak pada Microsoft untuk memberikan versi sistem operasi CP/M yang ditujukan untuk digunakan komputer personal milik IBM.

Sejarah Windows dan Bagaimana Microsoft Mengembangkannya

Walaupun pada sebelumnya Microsoft telah bekerja sama dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi untuk komputer personalnya, pada 20 November, 1985, Microsoft merilis sistem operasi MS-DOS yang lebih menampilkan tampilan visual yakni Windows. Berikut adalah timeline Windows menurut tahunnya.

Sejarah Windows dari Awal Sampai Sekarang

Hingga saat ini, Microsoft telah meluncurkan 14 versi sistem operasi Windows sejak tahun 1985. Mulai dari Windows 1 hingga Windows 11. Di bawah ini adalah rangkuman dari setiap versi Windows yang diluncurkan oleh Microsoft.

Windows 1

Windows 1 adalah sistem operasi pertama yang diluncurkan oleh Microsoft pada bulan November 1985. Sistem operasi ini berbasis GUI atau Graphical User Interface. Sebagai sistem operasi berbasis GUI pertama, banyak hambatan yang terjadi saat proses pengembangan sistem OS ini. Sehingga, versi sistem operasi ini dinilai kurang sukses.

Windows 2

Windows 2 dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 sebagai hasil dari kurang suksesnya versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 1. Sama seperti Windows 1, Windows 2 juga masih berbasis GUI. Sebagai peningkatan dari versi sebelumnya, Windows 2 hadir dengan kelebihan telah mendukung penggunakan kartu grafis VGA.

Windows 3

Dirilis pada tanggal 22 Mei 1990, Windows 3 adalah sistem operasi Windows ketiga yang dirilis Microsoft berbasis GUI. Windows 3 mendukung pekerjaan multitasking dengan kemampuan dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Windows 3.1

Setelah Windows 3, selanjutnya Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dengan menambahkan banyak fitur-fitur baru. Salah satunya adalah sistem True Type Font. Windows 3.1 atau yang dikenal dengan nama kode “Janus” saat proses pengembangan, dirilis pada tanggal 6 April 1992.

Windows 95

Microsoft memperkenalkan Windows 95 sebagai sistem operasi Windows pertama dengan menu Start. Selain itu, Microsft menambahkan Windows Explorer sebagai pengganti File Explorer dan Microsoft Internet Explorer sebagai browser opsional. Windows 95 secara resmi dirilis pada tanggal 14 Agustus 1995

Windows 98

Windows 98 hadir sebagai pengembangan dari Windows 95. Pada versi Windows ini, Internet Explorer hadir dengan versi terbarunya, yakni Internet Explorer 4.0. Windows 98 dapat digunakan pada perangkat komputer mulai dari tanggal rilisnya, 25 Juni 1998, hingga 11 Juli 2006.

Windows Me

Selanjutnya, Windows Millenium Edition atau yang lebih dikenal dengan Windows Me hadir untuk menggantikan Windows 98. Versi Windows ini didesain untuk pengguna rumahan dan dapat mendukung program 16-32 bit. Windows Me secara resmi dirilis pada tanggal 14 September 2000.

Windows XP

Windows XP adalah sistem operasi berbasis grafis yang didesain untuk Personal Computer (PC). Nama XP pada versi Windows yang dirilis pada tanggal 8 November 2006 ini diambil dari kata “Experience”. Windows XP diluncurkan dengan orientasi dominan pada konsumen.

Windows Vista

Saat proses pengembangan, Windows Vista dikenal dengan nama kode “Longhorn”. Sama seperti Windows XP, Windows Vista adalah sistem operasi untuk komputer pribadi yang berbasis grafis. Windows Vista diluncurkan pada tanggal 8 November 2006 untuk bisnis dan 30 Januari 2007 untuk rumahan.

Windows 7

Sebagai pengganti Windows Vista, Microsoft meluncurkan Windows 7. Windows 7 juga hadir dengan menu Start seperti pada Windows XP. Pada tanggal 22 Juli 2009, Windows 7 dirilis untuk pabrikan dan untuk publik diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Alih-alih menambah banyak fitur baru, Windows 7 lebih difokuskan pada pengembangan dasar Windows.

Windows 8

Saat dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012, Windows 8 juga menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Perubahan paling menonjol pada Windows 8 ada pada user interface yang mendukung untuk perangkat touch screen seperti tablet.

Windows 8.1

 

 

Versi BETA Windows 8.1 dirilis pada tanggal 26 Juni 2013 dan dirilis untuk publik pada tanggal 27 Agustus 2013. Windows 8.1 hadir dengan OneDrive yang telah terintegrasi.

Windows 10

 

 

Windows 10 adalah sistem operasi yang saat ini dipakai oleh mayoritas masyarakat. Dikenal dengan nama kode “Threshold”, sistem operasi ini dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Windows 10 diluncurkan untuk mengatasi keluhan dari Windows 8 yang kurang mendukung untuk perangkat non-touch screen.

Windows 11

 

 

Setelah Windows 10, Microsoft merilis Windows 11 sebagai versi Windows terbaru pada tanggal 5 Oktober 2021 lalu. Dengan inovasi pada menu Start yang berada di tengah, Windows 11 hadir untuk mendukung kegiatan multitasking. Windows 11 juga sudah memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi Android pada PC dan laptop.

Demikian rangkuman sejarah Windows dari awal sampai sekarang. Dapat disimpulkan bahwa untuk menghadirkan sistem operasi canggih seperti Windows 11 tentu tidak mudah. Perjalanan pengembangan itu telah dimulai sejak Microsoft meluncurkan Windows 1 sebagai sistem operasi pertamanya.

You May Also Like