Sederet Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Sederet Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh – Halo sob, Bengkuang atau biasa di sebut bengkoang adalah sejenis buah atau umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah dengan nama latin pachyrrhizus erosus. Namun, ubi ini juga sangat populer di Indonesia.

Bengkuang sudah tidak asing lagi dengan jenis buah-buahan yang biasa di santap sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Kami menemukan berbagai jenis olahan yang menggunakan ubi, seperti acar, salad, jus, sup buah, kue buah, es krim buah, salad buah, puding buah, pie buah dan sebagainya.

Olahan bengkuang biasanya di konsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan penutup, snack, untuk menambah asupan makanan atau bahan masakan untuk digunakan sebagai masker yang memiliki manfaat mencerahkan kulit wajah.

Tak hanya itu, bengkuang juga banyak mengandung kandungan gizi, seperti 85,1 gram air, 59 kalori, 1,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 12,8 gram karbohidrat, 1 gram serat, 0,5 gram abu, 15 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, 2 mg natrium, 244,3 mg kalium, 0,1 mg tembaga, 0,3 mg seng, 0,04 mg vitamin B1, 0,1 mg vitamin B2, 0,2 mg niasin dan 20 mg vitamin C.

Selain kandungan nutrisi yang di sebutkan di atas, bengkuang juga mengandung banyak jenis vitamin dan mineral lainnya, seperti mangan, selenium, asam folat, magnesium, vitamin E, vitamin B5, vitamin B6, tiamin, asam pantotenat, dan riboflavin.

Sedangkan kandungan nutrisi penting lainnya yang terdapat pada pohon bengkuang yaitu fitonutrien atau fitonutrien yang di hasilkan oleh tumbuhan dengan manfaat yang di milikinya, dapat menjaga kesehatan tubuh hingga menyembuhkan suatu penyakit. Di ketahui juga bahwa fitonutrien mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini kita akan mengulas tentang Sederet Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh yang mungkin belum Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Sederet Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C sekitar 40 persen dalam setiap 100 gram bengkuang, yang baik untuk kesehatan tubuh. Asupan vitamin C dalam tubuh dapat berperan penting dalam menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika imunitas meningkat maka kondisi tubuh tidak akan mudah diserang virus, bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam bengkuang juga memiliki antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas yang menjadi akar berbagai penyakit kronis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bengkuang menawarkan manfaat kesehatan jantung dalam beberapa cara untuk mengatasinya. Kandungan antioksidan pada buah atau umbi jenis ini di percaya dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk penyakit jantung.

Selain itu, kandungan serat dalam bengkuang juga dapat membantu mengurangi peradangan, seperti tekanan darah atau kadar kolesterol jahat (LDL).

Sementara itu, kandungan potasium dalam bengkuang juga dapat mengontrol tekanan darah. Dengan cara ini, beberapa kandungan bengkuang dapat membantu menjaga kesehatan penyakit jantung yang Anda alami.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa kandungan bengkuang, seperti selenium, vitamin C, antioksidan, vitamin E dan senyawa lainnya, juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh untuk mengurangi atau mencegah risiko kanker. Seperti di ketahui, kandungan antioksidan dapat menangkal atau menangkal keberadaan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang berujung pada berbagai penyakit kronis.

Oleh karena itu, beberapa bahan tersebut juga dapat membantu menghambat proses pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, ada juga kandungan inulin dalam bengkuang yang dapat berperan dalam mengurangi risiko kanker tertentu, terutama kanker usus besar.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Bengkuang tidak hanya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, konsumsi buah bengkuang juga dapat membantu memperbaiki proses dalam sistem pencernaan karena mengandung nutrisi serat yang tinggi.

Di ketahui kandungan serat pada pohon benang cukup tinggi. Faktanya, sebuah sumber penelitian mengklaim bahwa mengkonsumsi pohon benang dapat membantu menyediakan seperempat dari kebutuhan serat harian Anda.

Sementara itu, kandungan serat dalam pohon bengkuang telah terbukti baik untuk membantu proses sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan ini dapat meningkatkan proses massa feses untuk melunakkannya agar terhindar dari penyakit, seperti sembelit.

5. Menurunkan Berat Badan

Bengkuang merupakan jenis buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Oleh karena itu, bengkuang dapat di konsumsi setiap hari sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dalam tubuh Anda.

Selain itu, kandungan serat dalam bengkuang juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan. Dengan cara ini, pohon benang dapat di jadikan sebagai camilan favorit dan sebagai solusi untuk menurunkan berat badan.

Nah itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang Sederet Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh. Anda bisa tetap mengkonsumsi bengkuang sebagai pilihan atau solusi setiap hari secara rutin untuk menghindari beberapa penyakit di atas.

You May Also Like