RPM Pada Harddisk

RPM Pada Harddisk – Sekarang media penyimpanan untuk komputer tersebut bukan hanya hadir dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Hard disk juga hardir dengan kemampuan membaca yang lebih cepat. Hal ini sangat bermanfaat karena Anda tidak perlu menunggu terlalu lama karena semua data akan diproses dalam waktu yang singkat. Adapun untuk mengukur kecepatan hard disk yang berasa dari piringannya menggunakan satuan RPM.

A. Apa itu RPM?

RPM Harddisk adalah kepanjangan yaitu Revolutions per Minute atau bisa juga diartikan putaran per menit. Prinsipnya, semakin cepat perputaran pada hard disk, maka jumlah data yang bisa dibaca oleh Head HDD tersebut juga akan semakin banyak.

Umumnya, HDD memiliki kemampuan membaca sekitar 5.400 sampai 7.200 RPM. Namun sekarang produk hard disk terbaru sudah memiliki kecepatan hingga mencapai 10.000 RPM. Bahkan, terdapat hard disk yang memiliki kecepatan sampai 20.000 RPM, Adapun salah satu produsen yang fokus pada pasar ini adalah WD atau Western Digital. Kecepatan hard disk-nya yang mencapai 10.000 RPM langsung digemari oleh para konsumen sehingga banyak ingin membeli hard disk WD.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu RPM? RPM memiliki kepanjangan yaitu Revolutions per Minute. Prinsipnya, semakin cepat perputaran pada hard disk, maka jumlah data yang bisa dibaca oleh Head HDD tersebut juga akan semakin banyak.

Selain kecepatan, sekarang hard disk WD juga mulai meningkatkan kapasitasnya. Terbukti dengan adanya hard disk WD yang memiliki kapasitas yang cukup besar. Sekarang pun hard disk WD juga sudah memiliki kecepatan dua kali lipat yaitu 20.000 RPM. Bisa Anda bayangkan semua data akan diproses dengan sangat cepat meskipun Anda memiliki data yang banyak maupun kapasitasnya besar.

Cara Mengetahui RPM pada Hard Disk

RPM Harddisk

Untuk mengetahui berapa kecepatan hard disk di perangkat yang Anda miliki, ada beberapa cara untuk mengetahuinya.

1. Melalui Label Hard Disk

Cara pertama dan merupakan cara yang paling jelas untuk melihat RPM pada harddisk yaitu langsung dari labelnya. Sebenarnya tidak ada standard mengenai penempatan informasi RPM tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu jeli menemukan RPM harddisk tersebut termasuk juga spesifikasi yang lainnya. Namun cara ini sepertinya tidak sesuai jika Anda ingin mengetahui RPM harddisk di laptop maupun hard disk yang sudah ada di dalam casing di mana Anda malas membongkarnya.

2. Melalui Internet

Jika Anda hafal dengan merk dan model hard disk Anda, maka silakan Anda telusuri RPM hard disk tersebut melalui internet. Namun kita tahu bahwa merek dan model hard disk bermacam-macam. Jadi mungkin opsi kedua ini masih cukup sulit dilakukan oleh beberapa orang.

3. Menggunakan Software

Cara ketiga dan mungkin menjadi pilihan termudah dan terbaik adalah memanfaatkan software yang memang fungsinya untuk menyediakan informasi seputar RPM. Salah satu software tersebut adalah CrystalDiskInfo. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi seputar hard disk di PC dan laptop.

You May Also Like