Resep Jaga Kesehatan bagi Pasien Hipertensi saat Lebaran

Resep Jaga Kesehatan bagi Pasien Hipertensi saat Lebaran – halo sobat e-pub, Salah satu penyakit yang dapat kambuh terutama saat lebaran adalah hipertensi. Konsumsi makanan asin yang tinggi garam dapat menjadi penyebab peningkatan risiko gangguan kesehatan ini.Selain itu, makanan yang tinggi lemak dan asin pun biasanya banyak mengandung garam, yang sering terjadi di hari raya Idul Fitri dan sangat sulit untuk dihindari.

“Kata dr Juwalita Surapsari seorang ahli gizi klinik. Kalau orang makan makanan tinggi lemak (saat lebaran), makanan ini juga enak, biasanya makanannya mengandung garam”.“Belum lagi menambahkan kue-kue berbahan dasar keju, tambah banyak garam. Sehingga asupan garam kita menjadi berlebihan,”

Lantas, bagaimana mengatur pola makan saat lebaran bagi yang sudah mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi?

Kali ini dr. Lita akan berbagi Resep Jaga Kesehatan bagi Pasien Hipertensi saat Lebaran. Menurut Lita, ini beberapa di antaranya.

Resep Jaga Kesehatan bagi Pasien Hipertensi saat Lebaran

1. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Dalam hal ini, disarankan untuk memperhatikan berat badan Anda saat makan di saat lebaran. Cara ini bisa dilakukan dengan tidak makan terlalu banyak saat hari raya.”Kalau kita makan Hari Raya selama dua hari, silakan. Nikmati pestanya selama dua hari. Tapi setelah itu kita harus kembali ke gaya hidup yang lebih baik.””Jauhkan berat badan agar tidak berlebihan. Kalau liburan hanya dua hari, jangan terlalu gemuk,” kata Lita.

2. Tetap Aktif

Berusaha untuk tetap berolahraga semaksimal mungkin atau setidaknya tetap aktif dengan berjalan kaki, melakukan aktivitas di rumah. Oleh karena itu, konsumsi energi akan tetap ada, kata dr Lita.

3. Batasi Asupan Garam

Anda bisa menjaga asupan garam saat Lebaran dengan memilih makanan yang ingin dimakan saat Lebaran.“Kue-kue, keripik, kami makan tidak berlebihan karena banyak mengandung garam,” kata Lita.

4. Berhenti Minum Alkohol

Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk berhati-hati saat ingin mengonsumsi alkohol, terutama jika Anda sudah memiliki riwayat hipertensi.“Jangan lupa minum obat. Obat (hipertensi) harus selalu diminum sesuai petunjuk dokter,” kata Lita.

5. Diet untuk Hipertensi

Pada dasarnya, diet bagi penderita hipertensi mengharuskan pelakunya mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium (kalium), kalsium, serat, dan protein rendah lemak.”Misalnya kaya potasium dan kalsium apa? Buah dan sayur kaya potasium. Daun hijau, buah-buahan seperti pisang, melon, jeruk dan kiwi kaya potasium,” kata Lita.

Konsumsi makanan dengan kandungan ini dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Kalsium juga dipercaya dapat menjaga tekanan darah dan dapat diperoleh dari susu rendah lemak dan lain-lain.

Namun, meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh menikmati makanan Idul Fitri. Lita telah mengungkapkan bahwa Anda masih bisa bersenang-senang.”Kita harus makan sedikit terlalu banyak selama dua hari itu. Kemudian lain kali kita lupa memasukkan serat dalam makanan kita. Demikianlah beberapa Resep Jaga Kesehatan bagi Pasien Hipertensi saat Lebaran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik

Tips Tetap Sehat ketika Bekerja dari Kantor

Deretan Faktor Penyebab Terjadinya Panas Dalam

You May Also Like