Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik

Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik – Halo sobat e-pub, Sebelum mudik lebaran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Ini termasuk persiapan stamina agar tetap fit saat bepergian atau selama dalam perjalanan.

Setelah dua tahun pandemi, tahun ini pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran. Bagi orang yang akan melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman, tentunya harus lebih banyak menyiapkan energi tubuh.

Kali ini kita akan mengulas tentang beberapa Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik.

Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik

1. Pastikan Anda cukup istirahat

Sehari sebelum perjalanan ke kampung halaman, pastikan Anda dan keluarga mendapatkan istirahat yang cukup. Jadi, jika harus mengendarai kendaraan pribadi, Anda dan keluarga bisa dalam kondisi baik.

Sementara itu, jika Anda dan keluarga memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat atau kereta api, usahakan untuk menekan atau menghindari sarana transportasi yang ramai agar perjalanan lebih nyaman. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko tertular penyakit saat bepergian.

2. Siapkan Bekal yang Bergizi

Jika Anda memilih untuk pulang saat masih dalam suasana Ramadhan, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan seimbang untuk sahur. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi.

Selain itu, melengkapi protein hewani seperti ayam, daging, ikan dan telur, serta protein nabati seperti tahu dan tempe.

Lengkapi menu sahur Anda dengan buah dan sayur yang mengandung vitamin C, zinc, dan kalsium. Hindari makanan yang terlalu berlemak seperti gorengan, santan dan rempah-rempah saat sahur. Karena makanan tersebut bisa menyebabkan kembung, gas dan mulas saat berpuasa. Sehingga perjalanan pulang bisa terganggu

Juga, pastikan Anda minum air saat matahari terbit. Selain itu, Anda juga bisa membawa perbekalan lain seperti buah atau susu. Karena susu mengandung zat gizi makro dan mikro yang diperlukan tubuh.

Susu segar juga mengandung protein, kalsium, fosfor dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Selain itu, susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, zinc dan selenium yang berperan sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan stamina. Oleh karena itu, susu juga cocok untuk menjadi salah satu perlengkapan traveling kamu saat mudik lebaran nanti

3. Istirahatlah Saat Lelah

Memaksa diri Anda untuk mengemudi lebih jauh saat Anda lelah jelas tidak baik untuk keselamatan. Apalagi jika jarak yang ditempuh bolak-balik sangat jauh. Oleh karena itu, bagi yang pulang kampung dengan kendaraan pribadi untuk Lebaran, sebaiknya beristirahat saat merasa lelah.

Pemerintah menyediakan banyak tempat khusus yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, selain tempat peristirahatan yang tersebar di sekitar area jalan tol. Istirahatlah minimal 15 menit dan lakukan beberapa gerakan peregangan agar tubuh tidak menjadi tegang.

Tidak hanya itu, dengan melakukan peregangan, sirkulasi darah akan lancar dan Anda bisa menghilangkan rasa lelah dan nyeri otot. Jadi, setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih istirahat.

4. Bawa Obat-obatan Pribadi

Terakhir, pastikan Anda membawa obat-obatan pribadi seperti obat sakit, obat flu, obat sakit kepala, obat masuk angin, obat diare selama perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa membawa suplemen dan obat khusus lainnya jika memiliki penyakit tertentu.

Ketika Anda minum obat, itu membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan ke kampung halaman. Jadi ketika sampai pada itu, Anda juga bisa tetap dalam kondisi prima.

Demikianlah beberapa Resep agar Stamina Tetap Terjaga saat Mudik. Semoga ulasan diatas dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan bagi para calon pemudik. Tetap waspada dan selalu berhati-hati selama perjalanan mudik Anda Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Tips Tetap Sehat ketika Bekerja dari Kantor

Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam

You May Also Like