Perbedaan WISP dan Universal Repeater

e-pub.id – Dilihat dari fungsi, sebenarnya WISP dan Universal Repeater bisa dianggap sama. Yaitu sama-sama menyebarkan kembali jaringan yang di dapat dari router utama.

Lalu untuk memperluas jaringan untuk memperluas jaringan wifi, kita pilih yang mode apa WISP atau Universal Repeater?

Berikut Perbedaannya

Baik universal Repeater maupun WISP sama-sama dapat digunakan untuk memperluas jaringan WIFI. Namun pada mode WISP, router masih memiliki fungsi seperti router pada umumnya. Yaitu bisa membatasi kecepatan client, membatasi client (DCHP Server) dan kamu masih bisa mengakses IP LAN 192.168.0.1.

Sedangkan pada mode universal repeater, router hanya meneruskan jaringan dari router utama saja tanpa memiliki fitur seperti WISP mode. Dan, kamu tidak dapat mengakses IP LAN pada router.

Untuk masuk admin pada router mode universal repeater, kamu harus terhubung dan menggunakan tendawifi.com.

Jika kurang jelas sahkan simak penjelasan di bawah ini:

1.mode WISP

Mode WISP atau wirelless internet service propider merupakan salah satu mode yang paling sering kita gunakan di dalam menembak sinyal wifi,baik wifi indoor atau wifi outdoor dengan memiliki sama sama satu frekwensi dengan sumber internet.

perbedaan WISP dan REPEATER.

Cara kerja mode WISP

Cara kerja mode WISP ini bisa di bilang sangat sederhana sekali,yaitu menangkap sinyal wifi dan menyebarkannya kembali dengan menggunakan ssid dan password yang berbeda dari modem utama dan bisa menyebarkan kembali sinyal wifi melalui kabel lan atau kabel data yang nantinya akan di sebarkan kembali dengan menggunakan router indoor.

Kelebihan mode WISP

Berbicara mengenai kelebihan mode wisp ini mungkin tidak semua orang mengetahuinya,dan berikut beberapa kelebihan jika kita menggunakan mode wisp

 

  1. Bisa di buat sebagai isp.
  2. Memiliki kerja yang sederhana.
  3. Tidak banyak melakukan settingan
  4. Bisa membuat nama dan password wifi yang berbeda dengan hotspot wifi utama.

Kekurangan mode WISP

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan,dan kekurangan yang perlu di ketahui dari mode WISP adalah sebagai berikut
  1. Memaksa perangkat bekerja dengan extara,artinya mode wisp ini memiliki kerja yang ganda,selain menangkap sinyal wifi,mode wisp ini juga langsung menyebarkannya kembali sehingga kwalitas jaringan wifi yang di tangkap menjadi tidak stabil.
  2. Jaringan wifi tidak stabil,ini di sebapkan mode wisp memiliki cara kerja yang ganda.
  3. Sering berpengaruh ke modem utama sehingga tidak jarang terjadinya konflik antara ip acces point dan ip wisp nya.

2.Mode REPEATER.

Mode repeater yang sering juga kita sebut sebagai perellay sinyal wifi alias sebagai penguat sinyal wifi,merupakan salam satu fitur dari tenda o3 atau perangkat wifi lainya.
perbedaan WISP dan REPEATER.

Cara kerja mode REPEATER

Cara kerja repeater bisa di bilang lebih sederhana di banding cara kera mode WISP.
Mode repeater ini akan menangkap sinyal wifi dan menyebarkannya kembali secara wirelless dengan menggunakan ssid dan password yang sama dengan hotspot wifi utama. Artinya mode repeater ini akan menangkap sinyal wifi dan menyebarkannya kembali dengan nama dan pass yang sama dengan modem utama.berbeda dengan mode WISP yg menangkap sinyal dan menyebarkannya kembali dengan dengan ssid dan pass yang berbeda dari modem utama.

Kelebihan mode REPEATER.

  1. Cukup satu kali setting
  2. Memperkuat sinyal wifi
  3. Menyebarkan sinyal wifi
  4. Menangkap sinyal wifi

Kekurangan mode REPEATER

  1. Tidak bisa membuat ssid dan pass yang berbeda dengan sumber internet.
  2. Harus mengikuti sumber internet.
  3. Jaringan sering tidak stabil karena repeater memiliki kerja yang ganda yaitu menangkap dan menyebarkan sinyal wifi kembali.

Kesimpulan perbedaan mode WISP dan mode REPEATER.

Ok dari penjelasan di atas,bisa di simpulkan bahwa perbedaan dari kedua mode tersebut baik mode wisp dan mode repeater terletak dari cara melakukan penyebaran sinyal wifi saja,jika mode wisp bisa menangkap sinyal dan menyebarkan kembali dengan nama yang berbeda dari sumber internet.tapi mode repeater yaitu menagkap dan menyebarkan sinyal wifi dengan mengikuti sumber internet.

You May Also Like