Perbedaan SSD Lama dengan SSD NVMe

Solid State Drive atau disingkat SSD adalah suatu media penyimpanan berbasis flash memory. SSD sudah semakin terjangkau dan digunakan luas. Dan sekarang sudah banyak SSD dengan teknologi NVMe yang menjanjikan kecepatan jauh lebih tinggi daripada SATA. Maka pada kesempatan kali ini DiKlikAja akan memperkenalkan kamu semua dengan NVMe.

NVMe sendiri sudah menjadi sebuah istilah baru dari tahun 2016. Beberapa diantara kita mungkin tidak banyak yang tau mengenai apa sebenarnya pengertian NVMe tersebut.

Non-Volatile Memory Express (NVMe) adalah protokol transfer baru yang dirancang untuk memori solid-state. Meskipun SATA (Serial Advanced Technology Attachment) tetap menjadi standar industri untuk protokol penyimpanan, SATA tidak dibuat khusus untuk penyimpanan Flash seperti SSD dan tidak dapat menawarkan keuntungan yang sama dari NVMe. Akhirnya, SSD dengan NVMe akan menggantikan SSD SATA sebagai standar industri baru.

Pengembangan NVMe ini diusung oleh lebih dari 80 perusahaan dari seluruh industri. Yang bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan proses pengolahan dan penyajian data yang lebih cepat.

SSD SATA vs NVMe vs M.2: Apa Perbedaannya?-

Saat ini, baik dalam aplikasi dan bisnis konsumen, pengguna mengharapkan waktu respons yang semakin cepat, bahkan ketika aplikasi itu sendiri menjadi jauh lebih kompleks dan bergantung pada sumber daya.

Untuk membantu memberikan pengalaman pengguna dengan bandwidth tinggi, latensi rendah, protokol NVMe mengakses penyimpanan flash melalui bus PCI Express (PCIe). Dengan begini NVME mampu mendukung puluhan ribu antrian perintah paralel yang dengan demikian jauh lebih cepat daripada hard disk dan semua perangkat tradisional yang terbatas pada antrian perintah tunggal.

Spesifikasi NVMe mengambil keuntungan dari memori yang tidak mudah menguap di semua jenis lingkungan komputasi. Inilah yang menjadikan NVMe sebuah solusi masa depan karena dapat diperpanjang untuk bekerja dengan teknologi memori persisten yang belum ditemukan. Mari mengenal apa itu NVMe serta keunggulan, fungsi dan teknologinya berikut ini.

 

Perbedaan SSD NVMe dengan SSD Lama

Perbedaan SSD NVMe dengan SSD biasa yang paling mencolok jelas terlihat pada pemrosesan jumlah antrian perintah (command). Jika dalam 1 antrian SSD biasa hanya mampu menampung 32 perintah dalam 1 antrian. Maka NVMe, mampu membuat 64ribu antrian yang di dalamnya terdapat 64ribu perintah per antriannya. Tentu, jauh lebih banyak dibandingkan SSD dengan teknologi AHCI sebelumnya.

 

Fungsi NVMe untuk Data Storage

Apa itu SSD NVMe? Kelebihan dan Perbedaannya - Herza.ID

Untuk menjawab tantangan penyimpanan dan mengurangi beban pekerjaan, NVMe adalah sebuah terobosan baru bagi pusat data perusahaan karena menghemat waktu. Berikut beberapa fungsi NVMe :

  • Tidak seperti protokol yang dirancang pada zaman hard disk drive mekanis, NVMe tidak hanya memanfaatkan penyimpanan solid-state, tetapi juga CPU multicore dan memori gigabyte saat ini.
  • Penyimpanan NVMe juga memanfaatkan set perintah yang disederhanakan untuk mengurai dan memanipulasi data secara efisien.

 

Contoh Keunggulan Penggunaan NVMe

Penyimpanan NVMe sudah digunakan dalam skenario bisnis di mana setiap mikrodetik penting, seperti :

  • Interaksi pelanggan waktu-nyata  (real- time) seperti keuangan, e-commerce, dan agen penjualan perangkat lunak
  • Kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (ML), data besar, dan aplikasi analitik canggih
  • DevOps, memungkinkan kamu untuk menjalankan lebih banyak iterasi dalam waktu yang lebih singkat

 

Fitur- Fitur Unggulan NVMe

Baik ketika Artificial Intelligence berkinerja tinggi, hyperscale selalu pada sistem atau bahkan game pribadi, protokol NVMe mampu memenuhi kebutuhan dinamis dan dinamis dari perusahaan dan lingkungan penyimpanan yang canggih. Tetapi bukan hanya kinerja yang membuat protokol baru ini penting untuk beban kerja berbasis data.

 

NVMe juga memiliki beberapa fitur yang sangat inovatif yang membawa manfaat unik pada beban kerja yang ada dan kemungkinan terbuka untuk aplikasi baru. Berikut berbagi beberapa fitur NVMe yang harus kamu ketahui :

  • Tidak memerlukan driver perangkat (khusus)
  • Mendukung I / O Multipath, Namespaces, dan SR-IOV
  • Multi-stream yang mengurangi penumpukan data sampah
  • Mendukung pengambilan event Asinkron (SMART & Firmware Image Load) yang membantu membersihkan, melaporkan error dan lain- lain
  • Mendukung boot partition
  • Berikutnya Mendukung manajemen Power dan Thermal

 

Teknologi NVMe dan Pembaruan Softwarenya

Dengan tambahan protokol NVMe-oF, arsitektur pusat data akan melihat evolusi yang signifikan. Protokol NVMe-oF memungkinkan kinerja optimal untuk aplikasi dan jaringan saat mengakses penyimpanan NVMe melalui jaringan.

Dengan mengizinkan protokol NVMe untuk menjalankan fabric yang diaktifkan, protokol NVMe-oF menawarkan pengurangan hambatan dan latensi yang dibuat dari protokol fabric storage yang lebih lama.

Organisasi NVM Express baru-baru ini mendukung penambahan transportasi NVMe / TCP ke keluarga NVMe-oF, membuat NVMe-oF bahkan lebih fleksibel daripada sebelumnya. Peningkatan ini adalah sebagai tanggapan terhadap permintaan hyperscaler, karena pilihan arsitektur scale- out. Pembaruan spesifikasi yang akan datang di NVMe 1.4 dan NVMe-oF 1.1 juga memperhitungkan persyaratan hyperscaler.

Fitur-fitur baru dalam spesifikasi NVMe 1.4 seperti determinasi I / O mampu memecah setiap drive menjadi beberapa perangkat yang berbeda. Memungkinkan beberapa beban kerja I / O untuk secara independen mengakses drive, mengurangi latensi ekor panjang dan meningkatkan Kualitas Layanan (QoS). Infrastruktur perangkat lunak telah berkembang dan diadaptasi untuk mendukung protokol NVMe, menunjukkan dukungan industri terhadap teknologi revolusioner ini.

Sistem Operasi Linux melihat pembaruan infrastruktur perangkat lunak, dan infrastruktur perangkat lunak lain seperti Hypervisors telah diperbarui untuk mendukung teknologi NVMe juga menguntungkan bagi mereka. Perangkat lunak infrastruktur NVM Express, Inc. pun telah diterima di penggunaan hulu di kernel Linux. Spesifikasi NVMe dan pembaruan teknologi perangkat lunak ini menjadikan teknologi NVMe sederhana dan dapat diskalakan, sehingga meningkatkan tingkat adopsi teknologi NVMe. Ini karena pelanggan pusat data tingkat dua kini juga memanfaatkan teknologi baru ini ketika membangun pusat data mereka.

 

Kesimpulan dan penutup

Ada banyak perkembangan menarik yang terjadi pada fitur-fitur tambahan pada standar NVMe seperti beberapa antrian, menggabungkan IO. Kemudian menentukan kepemilikan dan proses penentuan prioritas, multipath dan virtualisasi I / Os, menangkap pembaruan perangkat asinkron.  banyak fitur perusahaan lainnya yang belum ada sebelumnya. Kelebihan ini membuka kemungkinan baru untuk bisnis berbasis data dimana saja.

Sedangkan sistem perusahaan umumnya kekurangan data yang membuat peningkatan eksponensial dalam data dan permintaan dari aplikasi baru dapat menghambat SSD. Bahkan SSD berkinerja tinggi yang terhubung dengan protokol penyimpanan lama dapat mengalami kinerja yang lebih rendah, latensi yang lebih tinggi, dan kualitas layanan yang buruk ketika dihadapkan dengan beberapa tantangan baru data cepat.

Fitur-fitur unik NVMe membantu menghindari kemacetan untuk semuanya, mulai dari aplikasi basis data tradisional hingga arsitektur dan skala komputasi Edge yang muncul untuk memenuhi permintaan data baru. Dirancang untuk media penyimpanan berkinerja tinggi dan tidak mudah menguap, NVMe adalah satu-satunya protokol yang menonjol dalam ekosistem data perusahaan, penyimpanan cloud , dan data yang sangat menuntut dan intensif. Jadi tidak mengherankan kalau NVMe menjadi pilihan populer saat ini.

 

You May Also Like