Perbedaan Layar OLED, AMOLED, TN, dan IPS

Layar menjadi salah satu bagian terpenting dalam alat elektronik terkiniulai dari ponsel, laptop, tv, dan monitor komputer. Model layar yang beredar di pasaran sangat beragam mulai dari OLED, AMOLED, Super AMOLED, IPS, dan TN. Lantas apa yang menjadi perbedaan pada jenis layar tersebut dan manakah yang jenis layar terbaik? Mari kita bahas.

Layar OLED

Pengertian OLED TV, dan Perbedaannya Dengan LED dan LCD

OLED singkatan dari Organic Light-Emitting Diode merupakan layar yang terbuat dari lapisan organik. Layar OLED merupakan pengembangan dari layar LED. TV dan ponsel merupakan perangkat yang banyak menggunakan layar ini. Produk terbarunya Apple yakni Iphone 12 series turut menggunakan layar OLED.

layar OLED menghasilkan warna yang luas dan bagus. Oleh karena itu banyak produsen menggunakan layar jenis ini. Selain itu, layar OLED memiliki kelebihan pada konsumsi daya. Hal ini dikarenakan lapisan organik yang terdapat pada layar itu. Kelebihan lainnya yakni respons pada layar cepat, sangat tipis, dan memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Kekurangan layar jenis ini sangat rentan terhadap air, memiliki ketahanan yang relatif rendah, dan kualitasnya akan menurun jika di bawah paparan sinar matahari. Oleh karena itu, layar ini lebih baik ketika bekerja di dalam ruangan.

Layar OLED sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang mencari TV baru.

 

Layar AMOLED

Ulasan Keunggulan Panel Layar Amoled di Smartphone Modern

Active Matrix Organic Light-Emitting Diode merupakan kepanjangan dari AMOLED. Layar masih menggunakan teknologi yang sama dengan layar OLED. Layar AMOLED merupakan penggabungan dua teknologi yakni OLED dan Active Matrix TFT yang terdapat pada layar LCD.

Produsen yang pertama mengeluarkan layar AMOLED adalah Samsung. Sehingga tidak heran banyak dari produk Samsung menggunakan layar jenis ini. Layar AMOLED sebagian besar terdapat pada ponsel saja.

Samsung melakukan pengembangan pada layar AMOLEDnya dan menghasilkan generasi terbaru dari layar itu yakni Super AMOLED dan Dynamic AMOLED.

Layar AMOLED menghasilkan warna yang bagus karena menggunakan penyetelan RGB (Red Green Blue). Layar ini akan memanjakan anda ketika menonton film dan bermain game. Selain itu, Layar ini dapat menghemat daya hingga 40% karena layar ini tidak menggunakan Backlight Layer. Layar ini memiliki kecerahan layar yang tinggi. Oleh karena itu, layar AMOLED bisa anda gunakan ketika di bawah sinar matahari.

Layar jenis ini hanya memiliki satu kekurangan yakni tingginya harga produksi. Dengan demikian, banyak produsen TV dan tablet berpikir ulang untuk menggunakan layar yang satu ini.

Layar AMOLED sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang mencari ponsel baru. Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan ponsel.

 

TN-TFT LCD

Melihat Samsung Galaxy A10 Lebih Dekat Halaman all - Kompas.com

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan jenis panel layar yang menggunakan kristal cair sebagai bahan penampil utama. Oleh karena itu layar TN-TFT membutuhkan backlight atau lampu latar yang diproyeksikan ke lapisan kristal cair untuk bisa menampilkan warna hingga menjadi gambar.

TN-TFT LCD sendiri menggunakan teknologi Thin Film Transistor dan menjadi populer khususnya di pasar televisi dan monitor berkat harganya yang lebih terjangkau dan memungkinkan desain tipis dibandingkan teknologi layar sebelumnya. Maka tidak heran banyak sekali di awal kemunculan era smartphone khususnya entry-level menggunakan TN-TFT hingga sekarang.

Ada beberapa kelebihan TN-TFT dibandingkan jenis tipe layar lainnya, yakni tingkat kecerahan lebih tinggi, ketajaman warna, mudah untuk dilihat di bawah sinar matahari serta ketahanan yang lebih lama dibandingkan layar OLED. Walaupun begitu TN-TFT bukan lah tanpa kekurangan yang menyebabkan teknologi harus bersaing dengan OLED.

Beberapa kekurangan dari TN-TFT meliput konsumsi daya tinggi, kontras yang kurang baik sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam seperti aslinya, perubahan warna terjadi saat melihat dari sudut lebar, dan waktu respon rendah yang dapat menyebabkan ghosting atau berbayang sehingga tidak cocok untuk digunakan sebagai perangkat VR.

Sebagai tambahan, TN-TFT berbeda dengan PLS-TFT yang kini tengah digunakan pada smartphone Samsung terbaru. PLS-TFT menggunakan teknologi Plane Line Switching khusus besutan Samsung untuk menyaingi teknologi IPS sehingga dari segi kualitas gambar terbilang jauh lebih baik dibandingkan TN-TFT dan menyamai IPS.

Layar IPS

Harga Mulai Rp 1 Jutaan, Ini Pilihan 5 HP Android dengan Layar IPS LCD Terbaik - Blog TribunJualBeli.com

IPS(In Place Switcing) merupakan jenis layar yang banyak ditemukan dipasaran baik ponsel, laptop, dan monitor komputer. Kebanyakan produsen ponsel saat ini menggunakan layar IPS pada produk mereka karena memiliki banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Layar IPS memiliki banyak kelebihan yakni sudut pandang yang luas 178/178 derajat, menghasilkan warna lebih baik daripada layar TN, kontras yang cukup tinggi, memiliki konten HDR yang lebih baik. Mempunyai sudut pandang jelas dan warna yang luas, menjadikan layar ini cocok untuk menemani anda ketika menonton FIlm. Layar ini bisa menjadi pertimbangan para gamers untuk mendapatkan pengalaman grafis yang berbeda dari layar TN.

Kekurangan yang dimiliki layar IPS kurang dalam menampilkan tingkat hitam pada layar dan kecepatan respons layar IPS tidak secepat layar TN. Namun, beberapa tahun terakhir layar ini mengalami banyak perkembangan. Sekarang sudah ada layar IPS dengan respon time 1ms.

Layar ini sangat cocok untuk dijadikan monitor gaming dan editing karena kemampuan memproduksi warna yang baik dan dibarengi dengan frame rate yang memadai.

Demikian mengenai Perbedaan Layar OLED, AMOLED, TN, dan IPS untuk menjadi referensi kalian

 

You May Also Like