Perbedaan antara hard drive 5400 dan 7200 RPM

Jika Anda berencana untuk membangun Penyimpanan Terpasang Jaringan (NAS), komputer baru, atau meningkatkan hard drive (HDD) pada sistem Anda, penting untuk memahami perbedaan antara hard drive 5400 dan 7200 RPM.

Kinerja hard drive diukur dalam kecepatan transfer data dari piringan yang menyimpan bit ke komputer (dikenal sebagai data throughput). Biasanya, semakin tinggi kepadatan piringan dan putaran per menit menghasilkan kinerja yang lebih tinggi. Namun, itu tidak berarti bahwa penyimpanan yang memutar RPM yang lebih rendah harus diabaikan sepenuhnya.

5400 RPM vs. 7200 RPM

Meskipun saat ini, Anda dapat menemukan hard drive yang berputar hingga 15000 RPM, drive paling populer untuk desktop dan laptop adalah antara 5400 dan 7200 RPM.

Hard drive piringan yang berputar secara historis yang beroperasi pada 7200 RPM menawarkan kecepatan baca dan tulis yang cepat dan lebih cocok untuk menjalankan sistem operasi, menjalankan program lebih cepat, dan mentransfer file.

Peringatannya adalah bahwa mereka bisa mahal. Mereka menghasilkan lebih banyak panas, mengkonsumsi lebih banyak daya, menghasilkan lebih banyak kebisingan, dan masa pakai bisa menjadi lebih pendek daripada drive yang berputar pada putaran yang lebih rendah.

Lalu ada hard drive yang berputar pada 5400 RPM, dan seperti yang diharapkan, mereka menawarkan kecepatan transfer file yang lebih lambat. Tetapi mereka menggunakan lebih sedikit daya (oleh karena itu lebih sedikit panas dan lebih tenang), dan harganya lebih murah. Meskipun segera, kebanyakan orang akan mengabaikan drive ini, mereka adalah pilihan yang baik untuk menyimpan file besar.

Meskipun hard drive 7200 RPM tidak diragukan lagi lebih cepat dari drive 5400 RPM, drive 5400 RPM menawarkan kecepatan baca dan tulis rata-rata 100 MB/s. Sedangkan drive 7200 RPM menghasilkan kecepatan baca dan tulis rata-rata 120 MB/s. Jika Anda mencoba untuk memutuskan, pertimbangkan bahwa kedua drive hampir identik, tetapi dengan perbedaan bahwa drive 7200 RPM sekitar 20 persen lebih cepat daripada drive 5400 RPM.

Jika Anda menginginkan kinerja, maka Anda harus mempertimbangkan hard drive 7200 RPM. Namun, jika tujuannya adalah untuk menyimpan file (misalnya, pada NAS atau server berdaya rendah), Anda harus mempertimbangkan drive 5400 RPM.

Kecepatan Rotasi (RPM)

Seperti yang kita ketahui bahwa HDD terdiri dari bagian-bagian seperti read-write head, platter, motor spindle, dll. Namun platter dipasang pada motor spindle secara paralel dan permukaan penyimpanan platter dilengkapi dengan magnetic head.

Kepala magnet bergerak dengan arah radial piringan. Mereka digabungkan dengan kecepatan putaran piringan yang tinggi pada ribuan putaran per menit (RPM). Jadi kepala magnet dapat ditempatkan pada posisi tertentu di piring untuk menulis atau membaca data.

Oleh karena itu, dalam HDD, RPM adalah putaran spindel motor yang menunjukkan jumlah putaran maksimum yang dapat diselesaikan platter dalam satu menit.

Juga, ketika kecepatan rotasi meningkat, hard disk menjadi lebih cepat dan dapat menemukan file. Bukan hanya itu tetapi juga semakin tinggi kecepatan transmisi hard disk. Jadi, kecepatan rotasi menentukan kecepatan hard disk.

Perbedaan: 5400 vs 7200 RPM

Perbedaan antara hard drive 5400 dan 7200 RPM

Nah, kecepatan disk bisa lebih cepat dari 15.000 RPM. Hard drive berkecepatan tinggi seperti hard drive 10.000 RPM digunakan di banyak server. Tapi RPM hardisk biasa untuk penggunaan di rumah adalah 5400 RPM atau 7200 RPM. Pada bagian ini, saya akan membahas hard drive 5400 vs 7200 RPM kepada Anda.

Kelebihan Hard Drive 7200 RPM

Keuntungan pertama dari hard drive 7200 RPM adalah kinerja tinggi. Semakin banyak kecepatan jatah hard drive, semakin cepat hard disk. Jadi, hard drive 7200 RPM lebih cepat dari hard drive 5400 RPM.

Untuk harddisk 7200 RPM, waktu yang dibutuhkan untuk setiap putaran adalah 60 × 1000 7200 = 8,33 milidetik. Tetapi jika kita berbicara tentang waktu latensi rotasi rata-rata maka itu adalah 8,33 2 = 4,17 milidetik. Jadi, rata-rata waktu latensi rotasi hard drive 5400 RPM adalah 60 × 1000 5400 2 = 5,56 milidetik.

Ketika kita berbicara tentang kecepatan rotasi, maka 7200 RPM adalah maksimum 15% lebih cepat dari hard drive 5400 RPM.

Namun, jarak antara hard drive 5400 RPM dan 7200 RPM tidak signifikan dalam hal kemampuan membaca dan menulis yang dipesan. Hal yang mencerminkan kesenjangan kinerja antara keduanya adalah kemampuan menulis atau membaca secara acak. Namun, ini mempengaruhi kecepatan ‘baca/tulis’ untuk program yang terfragmentasi atau kecepatan startup file.

Karena itu, jika Anda ingin menginstal sistem operasi atau menjalankan program di HDD. Maka Anda harus memilih hard drive 7200 RPM. Karena dapat membuat sistem operasi atau program Anda berjalan lebih cepat.

Kelebihan Hard Drive 5400 RPM

Jika kita berbicara tentang keuntungan dari hard drive 5400 RPM maka itu adalah konsumsi energi yang rendah, kebisingan yang rendah, produksi panas yang rendah, dan masa pakai yang lebih lama.

Kecepatan rotasi yang lebih tinggi dapat mengurangi waktu latensi rotasi rata-rata dan waktu baca dan tulis hard disk yang tepat. Bukan hanya itu tetapi juga membawa efek seperti peningkatan suhu, kebisingan kerja, keausan spindel motor, dll.

Demikian pula, jika banyak faktor lain tetap tidak berubah, maka peningkatan kecepatan putaran berarti bahwa konsumsi daya motor juga akan meningkat. Namun, itu mengkonsumsi lebih banyak listrik per satuan waktu, dan waktu kerja baterai akan terbatas.

Jadi, dari perspektif ini, maka hard drive 5400 RPM lebih unggul dari hard drive 7200 RPM. Juga, jika Anda menggunakan HDD untuk memulihkan data, maka hard drive 5400 RPM sudah cukup mampu untuk itu.

Catatan: Karena persyaratan pembuangan panas dan portabilitas, notebook menggunakan hard drive 5400 RPM. Desktop menggunakan hard drive 7200 RPM. Juga, jika laptop Anda memiliki kinerja pendinginan yang baik, Anda dapat memasang hard drive 7200 RPM di atasnya.

You May Also Like