Perbedaan Access Point dan Router

Kemajuan yang luar biasa pesat dari teknologi komputer telah membawa banyak perangkat dan gadget yang berguna dalam kehidupan manusia. Faktanya, ada begitu banyak jenis perangkat komputer yang berbeda sehingga sangat mudah bagi konsumen biasa untuk bingung memilih perangkat atau gadget yang dibutuhkan. Seperti perbedaan antara access point dan router. Perbedaan mendasar antara kedua perangkat ini cukup sederhana, tetapi ada perbedaan kecil lainnya, namun tetap penting. Oleh karena itu mari kita pelajari pengertian access point yang membedakanya dari router.

Pengertian Access Point

Access point adalah perangkat jaringan wireless yang akan bertindak sebagai portal bagi perangkat-perangkat untuk bisa terhubung ke jaringan. Access point digunakan untuk memperluas jangkauan dari jaringan yang ada dan untuk meningkatkan jumlah pengguna yang bisa terhubung dengannya. Kabel Ethernet berkecepatan tinggi yang tersambung dari router ke titik akses, mengubah sinyal kabel menjadi sinyal wireless.

Pengertian Router

Fungsi router ada dua, yakni:

  • Menghubungkan beberapa komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain untuk membentuk local area network.
  • Menyediakan akses Internet ke semua perangkat yang kompatibel yang terhubung ke router.

Local area network (LAN) akan terbentuk dari router yang menghubungkan satu atau beberapa perangkat ke sana. Router modern memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat baik melalui kabel Ethernet atau secara wireless (menggunakan WiFi).

 

Perbedaan Access Point dan Router

Router bertindak sebagai sebuah hub yang menyiapkan local area network dan mengelola semua perangkat yang terhubung. Access point, di sisi lain adalah perangkat tambahan yang bisa memperluas jaringan sehingga akan bisa menghubungkan perangkat lebih banyak pada satu jaringan.

Pengertian dan Cara Kerja serta Fungsi Wireless Access Point | Kerja, Jenis

Router akan bisa berfungsi sebagai access point, tetapi tidak semua access point dapat berfungsi sebagai router. Router mengelola LAN, berkomunikasi dengan sistem jaringan luar, memperoleh, mendistribusikan, dan mengirimkan data ke berbagai arah, menetapkan titik konektivitas, dan memastikan keamanan. Access point biasanya hanya menyediakan akses ke jaringan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh router.

 

Perbedaan Access Point dan Wireless Router

Pengertian dari access point dan juga wireless router diatas merupakan perbedaan pertama yang kita dapat lihat dari dua perangkat ini. Nah, selain perbedaan dari segi pengertian, masih terdapat beberapa Perbedaan Access Point dan Wireless Router yang dapat kita ketahui. Berikut ini informasinya.

Wireless Router

  1. Wireless Router dapat menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda atau beda subnet
  2. Wireless Router dapat menjadi DHCP server, dimana biasanya memerlukan server untuk service DHCP ini
  3. Wireless Router dapat membelokkan paket data yang ditujukan ke server tertentu (Port Redirect).
  4. Wireless Router dapat memetakan port service yang ada di pc/server ke port yang berbeda (Port Forwarding).
  5. Wireless Router dapat digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke beberapa komputer.
  6. Wireless Router dapat melakukan NAT, yang mana IP Public internet dari ISP beda dengan IP lokal komputer. NAT dapat dianggap
  7. Seperti firewall, karena jaringan lain di internet tidak dapat secara langsung mengakses komputer anda, namun harus melalui Router dahulu.
  8. Wireless Router dapat menggantikan sebuah server jaringan yang menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager
  9. Wireless Router dapat melakukan Traffic Shaping / Bandwidth Management.

Access Point

  1. Access Point berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pengguna jaringan wireless untuk masuk ke dalam jaringan.
  2. Access Point tidak dapat menjadi server DHCP
  3. Access Point tidak memiliki fasilitas Port Forwarding
  4. Access Point tidak memiliki fasilitas Port Redirecting
  5. Access Point tidak dapat menggantikan sebuah server jaringan / Internet sharing
  6. Access Point tidak memiliki fitur NAT, yang artinya tidak dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
  7. Access Point semakin lambat respon dalam jaringan jika banyak user yang masuk / menggunakan jaringan
  8. Access Point tidak memliki fitur bandwidth Management / Traffic Shaping

 

Saat kamu memiliki karyawan, teman, tamu atau keluarga yang terhubung dengan jaringan WiFi kamu, maka akan terjadi koneksi simultan. Access point memberikan kamu kebebasan untuk bisa mengatur jumlah perangkat yang didukung di jaringan. Namun itu hanya salah satu keuntungan menggunakan alat yang satu ini, beberapa keuntungan lainnya adalah sebagai berikut ini:

  • Access point akan dapat dipasang di mana pun kabel Ethernet dapat diakses. Model yang lebih baru juga kompatibel dengan Power over Ethernet Plus, atau PoE+ (kombinasi Ethernet dan kabel daya), jadi tidak perlu menjalankan saluran listrik terpisah atau memasang stop kontak di dekat access point.
  • Fitur standar tambahan termasuk dukungan Captive Portal dan Access Control List (ACL), sehingga kamu bisa membatasi akses tamu tanpa mengorbankan keamanan jaringan, serta dengan mudah mengelola pengguna dalam jaringan WiFi milikmu.
  • Access point yang dipilih akan menyertakan fitur dimana administrator TI dapat melihat, menerapkan, mengkonfigurasi, dan mengamankan jaringan Wi-Fi sebagai entitas tunggal daripada rangkaian konfigurasi access point yang terpisah.

 

Itulah dia pengertian access point yang sangat berbeda dari router.

You May Also Like