Penyebab Terbangun ketika Tidur Malam

Penyebab Terbangun ketika Tidur Malam – Gangguan tidur dapat menjadi penyebab munculnya sejumlah masalah kesehatan yang dialami seseorang. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan tidur ini dan salah satunya adalah terbangun di malam hari.

Bangun di tengah malam saat Anda tidur adalah sesuatu yang mungkin dialami setiap orang pada beberapa kesempatan. Masalah terbangun dari tidur merupakan hal yang wajar.

Menurut Jose Colon, direktur pelaksana, pendiri Paradise Sleep dan penulis The Sleep Diet, bahwa bangun di tengah malam adalah normal dan merupakan bagian dari DNA manusia.

Tetapi, tentu saja, ada alasan mengapa ini terjadi pada Anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab tiba-tiba terbangun di malam hari. Kali ini kta akan membahas tentang Penyebab Terbangun ketika Tidur Malam.

Penyebab Terbangun ketika Tidur Malam

1. Anda Ingin Buang Air Kecil

Keinginan untuk buang air kecil di malam hari atau Nocturia adalah salah satu alasan mengapa Anda terbangun di tengah malam. Jika sering terjadi, para ahli menganjurkan minum air putih yang dicampur sedikit garam sekitar 30 menit sebelum tidur.

2. Suhu Lingkungan Terlalu Panas

Lingkungan cukup mempengaruhi terhadap pola tidur seseorang. Suhu lingkungan yang terlalu tinggi dapat mencegah Anda tidur nyenyak. Suhu kamar antara 16-18 derajat Celcius sangat ideal untuk tidur dan bisa membuat Anda tertidur lebih cepat.

3. Kebiasaan Bermain Media Sosial

Memiliki kebiasaan seperti membuka media sosial sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Paparan cahaya pada mata yang terjadi pada malam hari dapat mencegah tubuh memproduksi melatonin, hormon tidur. Jadi matikan lampu kamar tidur sebelum tidur atau jika masih ingin bermain-main dengan smartphone, usahakan untuk mengurangi intensitas cahaya.

4. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Beberapa jam setelah minum alkohol Anda mungkin merasa mengantuk, tetapi beberapa jam kemudian Anda akan merasa sakit perut. Jika ingin minum alkohol, minumlah beberapa jam sebelum tidur agar efeknya tidak terlalu kuat.

5. Stres

Stres bisa menjadi penyebab utama masalah tidur Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba yoga atau teknik meditasi lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi Penyebab Terbangun ketika Tidur Malam. Namun, jika masalah terbangun di malam hari sudah mencapai tingkat yang mengganggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter

You May Also Like