Penyebab Microsoft Word Tidak Bisa Digunakan Untuk Mengetik

Microsoft Word yang tidak bisa digunakan untuk mengetik bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

  • File docs dalam keadaan terkunci (lock) – Dalam beberapa hal terkadang ada Author yang mengunci dokumen tersebut sehingga tidak bisa di edit/ di ubah.
  • Fungsi default Microsoft Word dalam keadaan Protection – Secara default, Microsoft Office (termasuk Microsoft Word) memiliki fungsi Protection View untuk melindungi komputer dari dokumen yang di unduh dari Internet. Untuk itu, Anda perlu sedikit melakukan perubahan agar tidak terjadi masalah ketika mengedit dokumen.
  • Microsoft Word belum di aktivasi – Versi trial Microsoft Word tersedia dalam waktu 1 bulan. Lebih dari itu, Anda harus aktivasi. Jika tidak, maka semua fitur akan terkunci dan Anda tidak bisa menggunakannya.
  • Keyboard bermasalah – Kemungkinan lain adalah koneksi keyboard Anda bermasalah. Entah karena konektor (port), driver, atau memang keyboard tersebut telah rusak.
  • dll.

Cara mengatasi Microsoft Word error, tidak bisa mengedit

Perlu di perhatikan, metode dan penjelasan saya tulis menggunakan Microsoft Word 2019 pada sistem operasi Windows 10. Bagi Anda yang masih menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 dan sistem operasi Windows 8 atau 7 bisa menyesuaikan.

1. Restart komputer

Restart komputer anda
1. Restart komputer/ laptop Windows. 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan restart komputer. Mungkin terlihat sederhana namun cobalah untuk melakukannya. Siapa tahu Microsoft Word Anda dapat normal kembali. Karena kemungkinan ada program service atau startup yang tidak dijalankan. Biasanya laptop/ komputer yang lama digunakan cenderung muncul masalah/ bugs saat membuka/ menjalankan program.

2. Periksa Koneksi Keyboard

Cek driver keyboard Windows

2. Cek driver keyboard apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Berikutnya cobalah untuk memeriksa kondisi keyboard yang Anda gunakan. Pemeriksaan dilakukan mulai dari tombol, driver, hingga port (jika Anda menggunakan komputer / desktop). Pastikan kondisi tombol keyboard berfungsi dengan baik. Cek bagian driver, apakah terdapat tanda seru/ tidak. Untuk melihatnya, Anda bisa masuk pada fitur Device Manager.

  1. Klik kanan pada Start menu, kemudian pilih Device Manager.
  2. Lihat bagian Keyboard, terlihat tanda seru/ tidak.
  3. Jika tidak itu artinya driver keyboard Anda tidak bermasalah.
  4. Jika ada, lakukan update driver tersebut dengan klik kanan » Update Driver.
  5. Lakukan update driver dengan mengikuti petunjuk dari update driver.
  6. Jika Anda memiliki driver di komputer Anda, Anda bisa pilih Browse my computer for drivers.
  7. Ikuti proses update driver sampai driver normal kembali.
  8. Selesai.

3. Matikan Protected View Microsoft Word

Disable Protected View Microsoft Word

3. Matikan fitur Protected View Microsoft Word.

Jika Anda melihat pesan bertuliskan Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View, maka kemungkinan Protected View di Microsoft Word Anda dalam kondisi aktif (enable). Anda bisa mengeditnya hanya ketika menge-klik Enable Editing. Atau Anda bisa disable fitur tersebut melalui Trust Center.

  1. Buka Microsoft Word Anda, klik File » Options.
  2. Pilih Trust Center » Trust Center Settings.
  3. Masuk di bagian fitur Protected View.
  4. Kemudian hilangkan centang pada fitur berikut ini:
    • Enable Protected View for files originating from the Internet.
    • Enable Protected View for files located in potentially unsafe locations.
    • Enable Protected View for Outlook attachments.
  5. Klik OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Jika Anda tidak melihat pesan Protected View pada Microsoft Word, Anda bisa mengabaikan solusi ini.

4. Aktifkan Num Lock Key

Aktifkan Num Lock Keyboard Windows

4. Aktifkan fitur Num Lock pada Keyboard.

Jika Anda memiliki masalah dengan tombol angka maka kemungkinan Num Lock pada keyboard Anda dalam keadaan disable/ nonaktif. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengaktifkannya agar tombol Angka bisa digunakan kembali. Jika lampu pada Num Lock menyala artinya fitur tersebut telah aktif.

Setiap laptop pada laptop / komputer hadir dengan jenis dan pengaturan yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa mencoba melakukan tes keyboard pada program lain seperti Notepad atau WordPad untuk melihat apakah Num Lock telah aktif / belum.

5. Microsoft Office Anda belum di aktivasi

Aktivasi Microsoft Office 2019

5. Aktivasi program Microsoft Office menggunakan KMS Office.

Kemungkinan lain Penyebab Microsoft Word Tidak Bisa Digunakan Untuk Mengetik adalah Microsoft Office Anda belum di aktivasi (masih dalam masa trial/ habis masa trial). Jika Microsoft Office telah habis masa trial maka semua fitur di dalamnya tidak bisa digunakan sebelum di aktivasi. Anda tidak bisa menggunakannya untuk membuat dokumen, mengedit, mengetik, memilih fitur-fitur yang ada di Toolbar, dan lainnya.

Untuk melihat apakah Microsoft Word Anda telah di aktivasi, buka Microsoft Word » pilih File » Account » Anda akan melihat bahwa program tersebut telah di aktivasi/ belum. Anda bisa gunakan KMS Office untuk melakukan aktivasi Microsoft Office.

  1. Download KMS Office di sini.
  2. Sebelumnya, pastikan antivirus Anda telah di nonaktifkan (real-time protection) dalam keadaan disable.
  3. Ekstrak file rar dan buka program tersebut dengan cara klik kanan pilih Run as administrator.
  4. Centang bagian Office reactivation task. Lalu klik Office RETAIL => VL. Tujuannya untuk meng-konversi versi retail ke volume.
  5. Klik Activate Office. Jika nantinya muncul jendela Windows Security Alert, Anda bisa klik Allow access.
  6. Tunggu beberapa saat sampai nantinya aktivasi sukses dilakukan.
  7. Selesai.

Program di atas hanya berfungsi (work) untuk Microsoft Office 2013 – 2019. Selain dari itu, Anda perlu mencari program aktivator lain sesuai dengan versi Microsoft Office yang Anda gunakan.

6. Ganti format dokumen Anda

Simpan dokumen format RTF Microsoft Word
6. Ubah format dokumen docx Anda menjadi rtf. 

Kemungkinan lain bisa jadi Microsoft Word Anda bermasalah. Cobalah untuk mengganti format dokumen docs yang Anda buat dari Microsoft Word kemudian simpan dalam format RTF (Rich Text Format). Setelah itu, Anda bisa buka menggunakan WordPad (salah satu program pengolah kata gratis bawaan Microsoft Windows). Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka dokumen Anda di Microsoft Word.
  2. Klik File » Save as » Browse.
  3. Kemudian pilih tempat penyimpanan yang Anda inginkan.
  4. Pada bagian Save as type, ubah menjadi RTF (Rich Text Format).
  5. Klik Save untuk menyimpan.
  6. Selesai.

Setelah Anda simpan dalam format RTF, coba buka dokumen tersebut menggunakan WordPad. Jika bisa dibuka, normal, dan keyboard bisa digunakan untuk mengetik maka kemungkinan Microsoft Word Anda memang bermasalah. Anda bisa perbaiki dengan memanfaatkan fitur repair Microsoft Office.

7. Gunakan Google Docs

Tampilan antarmuka Google Docs

7. Coba alternatif lain seperti Google Docs.

Alternatif lain, cobalah untuk menggunakan Google Docs. Program ini bisa menjadi pengganti dari Microsoft Word Anda yang bermasalah. Selain gratis, Anda bisa mengakses Google Docs dari perangkat mana pun yang Anda inginkan, mulai dari laptop, tablet, hingga smartphone. Fungsi dan fiturnya juga hampir sama, nantinya Anda bisa menyimpan dokumen dalam format .docx yang juga dapat dibuka pada program Microsoft Word.

  1. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki akun Gmail. Jika belum Anda bisa ikuti langkah-langkah membuat akun Gmail di sini.
  2. Login dan akses Google Docs menggunakan akun Gmail Anda.
  3. Buat dokumen baru Anda dengan klik Kosong.
  4. Anda bisa tambahkan judul dan secara otomatis file tersimpan di Google Drive.
  5. Lanjutkan mengetik dokumen Anda.
  6. Selesai.

Demikian Penyebab dan cara mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Digunakan Untuk Mengetik.

You May Also Like