Pengertian Topologi Ring Berikut DenganKelebihan dan Kekurangannya

Topologi jaringan komputer diketahui memiliki beberapa model. Salah satu dari model tersebut adalah topologi ring atau topologi cincin. Sudahkah Anda mengetahui tentang topologi model ini? Jika belum maka artikel ini akan sangat membantu Anda dalam mempelajari topologi ring. Langsung simak penjelasannya pada uraian di bawah ini:

Pengertian

Topologi ring merupakan sebuah cara dalam menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan rangkaian yang membentuk titik-titik di mana masing-masing titik tersebut terhubung dengan dua titik lainnya dalam satu jaringan. Fungsi dari masing-masing titik adalah sebagai repeater yang bisa memperkuat sinyal di sepanjang sirkulasi. Setiap perangkat pada jaringan akan saling bekerja sama untuk memperoleh sinyal dari perangkat sebelumnya untuk diteruskan ke perangkat selanjutnya. Untuk membantu proses menerima dan meneruskan sinyal ini diperlukan perangkat yang disebut token yang berisi informasi data dari komputer server.

Berbicara tentang tolopogi jaringan, salah satu jenis topologi yang paling banyak digunakan pada sebuah perusahaan yaitu topologi tersebut. Hal ini dikarenakan karakteristik yang dimiliki topologi ini bisa dilihat di mana untuk token yang akan melewati node maupun titik-titik itu akan memberikan informasi yang berasal dari sumber yang digunakan dalam titik yang nantinya akan dilewati.

Melalui karakteristik yang dimilikinya, maka mampu memberikan data pada sumber kemudian dapat berjalan kembali. Node yang telah melewati titik dapat memberikan informasi karena kemampuan sinyal untuk membawa data dalam perjalanan dan hal ini akan ditentukan pada keberhasilan data sampai dengan komputer yang sedang digunakan.Cara kerja dari topologi jaringan ini yaitu untuk setiap molekulnya berfungsi untuk penguat sinyal atau review pada node yang lainnya, baik itu sesudah maupun sebelumnya. Melalui kinerja yang dimiliki tersebut maka untuk seluruh perangkat pada komputer bisa bekerja sama supaya mendapatkan sinyal komputer untuk yang sebelumnya, kemudian diteruskan pada node setelahnya.

Pengertian Topologi Ring

Lengkap ! Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya  - Masahen

Topologi yang diartikan sebagai suatu skema aturan konsep maupun tata cara yang digunakan sebagai penghubung satu komputer pada komputer yang lainnya. rangkaian yang dimilikinya berbentuk titik-titik yang terhubung dengan kedua jenis titik lainnya dalam jaringan yang sama. Fungsi dari titik tersebut yaitu sebagai repeater untuk memperkuat sinyal sirkulasi.

Untuk proses penerimaan atau penerusan sinyal akan dibantu oleh token. Sementara untuk token itu sendiri memiliki informasi dari komputer sebagai salah satu sumber informasinya. Token tersebut memiliki data-data dari komputer yang sebelumnya, kemudian untuk data tersebut akan diteruskan ke bagian node berikutnya.

Sedangkan dari data tersebut diterima oleh node apabila dibutuhkan, namun jika tidak dibutuhkan maka dapat diteruskan pada node selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut ini mengenai penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ring topologi yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakan topologi jenis ini. untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah:

Kelebihan ring topologi:

  1. Dapat dirancang dengan mudah

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ring topologi ini yaitu perihal perancangannya yang dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan untuk proses implementasinya pun juga tergolong tidak terlalu rumit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakan topologi jenis ring ini.

  1. Biaya lebih murah

Jika dibandingkan dengan jenis topologi yang lain ternyata untuk ring topologi ini memiliki harga yang cenderung lebih murah, karena memang untuk proses instalasinya yang cukup mudah dan jenis kabel yang digunakan topologi ring lebih sedikit dan pasti hitungannya lebih murah. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget ketika akan merancang ring topologi.

  1. Memiliki performa yang baik

Untuk performa yang dimaksud dari ring topologi yaitu dari segi koneksinya. Walaupun ring topologi ini menggunakan aliran data yang tergolong berat, namun untuk performa koneksinya tetap bekerja dengan baik.

Proses instalasi berjalan dengan mudah, untuk proses instalasi tidak hanya terkenal sebagai topologi yang hemat kabel saja, namun ternyata, topologi ring juga memiliki proses instalasi yang sangat mudah, bahkan untuk konfigurasi instalasi ulang juga bisa dilakukan pada perangkat tanpa ribet.

  1. Mudah melakukan pelacakan

Untuk melakukan pelacakan maupun pengisolasian bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Terlebih lagi apabila terjadi kesalahan dalam jaringan, maka bisa melakukan konfigurasi secara point to point. Selain itu ring topologi juga dapat terhindarkan dari tabrakan data ketika Collision atau pengiriman tidak bisa dikirimkan pada satu waktu.

Kekurangan ring topologi:

Selain kelebihan yang ada di atas, maka kekurangan topologi di bawah ini juga perlu Anda diperhatikan yaitu:

  1. Adanya kesalahan pada 1 node

Kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh topologi jenis ring ini yaitu apabila mengalami kesalahan pada satu node maupun titik, hal ini dapat berdampak pada seluruh jaringan. Pada biasanya untuk perusahaan yang menggunakan topologi ring ini akan menggunakan jenis cincin ganda supaya dapat mengantisipasi terjadinya kesalahan.

  1. Proses memiliki kesan yang kaku

Apabila pengguna berencana untuk mengembangkan jaringan untuk prosesnya akan terkesan kaku. Hal ini dikarenakan adanya penambahan, pemindahan serta pengubahan pada perangkat yang nantinya akan berpengaruh pada seluruh jaringan.

  1. Proses pengiriman data tergantung jumlah titik

Untuk kecepatan data tergantung pada jumlah titik, sehingga apabila titik berjumlah semakin banyak maka hal ini akan berpengaruh pada proses pengiriman data nya yang semakin lama.

Jika dibandingkan dengan topologi star, untuk topologi ini memang memiliki konfigurasi yang membutuhkan penanganan serta pengelolaan secara khusus, sehingga Anda harus benar-benar memahami perihal jaringan dari topologi tersebut. Sementara untuk penggunaan topologi ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya, terutama ketika mengalami permasalahan.

 

You May Also Like