Pengertian Riser Card atau PCI-E Riser dan fungsinya

Riser Card atau PCI-e Riser adalah papan sirkuit yang memberikan motherboard komputer pilihan untuk kartu ekspansi tambahan untuk ditambahkan ke komputer. Papan riser komputer desktop digunakan dengan LPX, NLX, dan bahkan beberapa motherboard ATX.

Motherboard LPX memiliki slot Riser Card atau PCI-e Riser pada motherboard, motherboard NLX dicolokkan ke riser board, dan Intel memiliki motherboard ATX dengan riser board pada Desember 1999. Board riser ATX mendukung dua atau tiga kartu PCI, tetapi tidak pernah mendukung AGP.

Saat ini, PCI-e Riser jarang digunakan atau ditemukan di komputer desktop, yang sebagian besar menggunakan motherboard ATX dengan slot ekspansi pada motherboard. Namun, masih banyak server dan router yang menggunakan riser board dan untuk membuat mining rig bitcoin yang memerluan banyak VGA besar – besar.

Fungsi Riser Card atau PCI-e Riser

Jual ➶ PCI-E PCIE Riser Card / PCI Express Riser Card ✤ Indonesia|Shopee  Indonesia
Gambar Riser Card Apa Itu Pengertian Riser Card Atau Kartu Riser Atau Riser Board Fungsi Dan Cara Pemasangannya Pada Motherboard

Mengacu pada pengertian Riser Card di atas, Riser Card atau Riser Board sering digunakan untuk memungkinkan penambahan kartu ekspansi ke sistem tertutup dalam kasus profil rendah di mana ketinggian kasing tidak memungkinkan untuk penempatan tegak lurus kartu ekspansi full-height.

Riser Card atau Riser Board adalah papan yang dihubungkan ke papan sistem dan menyediakan slot tambahan untuk kartu adaptor. Karena naik di atas board sistem, ini memungkinkan Anda untuk menyambungkan adaptor tambahan ke sistem dengan orientasi yang paralel dengan board sistem dan menghemat ruang di dalam case sistem.

Riser Card atau Riser Board merupakan Kartu ekspansi yang digunakan untuk memperluas slot secara fisik agar lebih mudah untuk memasukkan chip atau kartu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian API: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Menggunakan serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Cara Pemasangan Riser Card atau PCI-e Riser

Riser Card (Kartu Riser) digunakan di server rack-mount dan aplikasi komputer industri. Dalam sistem Komputer rack-mount 1U dan 2U, kartu riser diintegrasikan ke dalam sistem untuk memungkinkan penambahan kartu fitur dalam posisi horizontal (alih-alih posisi vertikal standar). Ini disebabkan oleh keterbatasan ketinggian sistem 1U dan 2U yang masing-masing 1,75 “dan 3,5”.

Biasanya, sistem 1U menggunakan kartu riser 1U slot tunggal sedangkan sistem 2U menggunakan kartu riser 2U 3 slot. Saat ini kartu riser sering digunakan oleh penambang, untuk menambang koin crypto. Riser Card (Kartu Riser) ini diperpanjang dengan kabel USB, digunakan untuk menempatkan kartu mining GPU di rak penambangan.

PCI-e (x1) to USB Module

RQZHL PCIe X1 Adapter PCI E 1X to USB 3.0 Female for PCI Express Riser  Mining - Walmart.com

Modul ini nantinya yang akan dipasang ke motherboard (slot PCI-express x1,x4,x16)

USB to PCI-e (x16) Module

PCI-E Riser 1x to 16x SATA Power USB 3.0 60cm for Bitcoin Miner -  JakartaNotebook.com

Melalui kabel USB 3, VGA Card akan dipasang di modul ini.

High Quality USB 3 Cable

 

Digunakan untuk menghubungkan kedua modul di atas

Sata to 6 Pin Power Cable

Sebagai sumber catu data, menggunakan konverter Power Sata ke 6 Pin. Tetapi penulis tidak menyarankan menggunakan sambungan power seperti ini.

Nahh, dalam memilih PCI-e Riser, pastikan yang memiliki konektor power 6 Pin, bukan model lama yang hanya menggunakan konektor power 4 pin. Kenapa? Karena kebutuhan arus yang besar pada VGA, pada tegangan 12 V (kabel kuning), konektor power 6 pin memiliki 2 kabel tegangan 12 V (kabel kuning), sedangkan pada konektor power 4 pin, hanya memiliki 1 kabel untuk tegangan 12 V.

Lagi Promo ALAT MINER MINING BITCOIN MURAH PCIE RISER 1X TO X16 Bagus |  Lazada Indonesia

Kami tidak menyarankan untuk menggunakan kabel konverter bawaan PCI-e Riser, karena meskipun menggunakan konektor 6 pin, tetapi itu merupakan hasil konversi dari power sata, yang notabene, hanya menggunakan 1 kabel 12 v (kabel kuning), sehingga arusnya akan menjadi kurang, jadi panas, bahkan bisa hangus nantinya, percalayah. Gunakan Power Supply Unit yang agak lumayan bagus, dan tersedia konektor power 6 pin (biasanya untuk VGA).

Kemudian untuk tipe yang hadir di sini, adalah Versi 006C, dimana pada bagian IC Power, sudah menggunakan 2 buah Elco, dibanding pendahulunya yang hanya menggunakan 1 buah elco. Jadi total Elco yang digunakan adalah 4 buah.

How to use an external graphics card with a laptop | PCWorld

Semoga bermanfaat. Happy mining

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa pengertian Riser Card (Kartu Riser) adalah Kartu ekspansi yang digunakan untuk memperpanjang slot untuk chip atau kartu di komputer yang terisi penuh untuk membuat ruang untuk memasangnya. Ini juga dapat merujuk ke kartu yang berisi beberapa slot yang digunakan di lemari profil rendah, hemat-ruang.

Kartu-kartu tersebut dicolokkan ke Kartu Riser dan berada sejajar dengan motherboard. Riser Card (Kartu Riser) juga merupakan Kartu ekspansi PC yang berisi kemampuan audio, modem, dan Jaringan atau Networking.

You May Also Like