Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Printer InkJet

Priter InkJet

 

Printer InkJet – Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital ( text atau gambar ) menjadi bentuk fisik.

Pengertian Printer InkJet

Printer InkJet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Inkjet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas, panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering.

Fungsi Printer InkJetPenjelasan Tentang Pengertian Printer Inkjet | CariSpesifikasi.com

 

Printer inkjet atau infus berguna untuk mencetak dokumen menggunakan tinta warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), secara spesifik berikut penjelasannya.

1. Mencetak dokumen

Ini merupakan tujuan utama kenapa printer dibuat, untuk mencetak dokumen. Dengan printer hasil-hasil pekerjaan Anda di layar komputer dapat muncul dalam wujud fisik. Dokumen-dokumen yang dicetak menggunakan printer infus dapat menggunakan tinta warna CMYK ataupun hanya tinta Black (K) saja. Dengan printer infus Anda dapat mencetak dokumen-dokumen hasil pekerjaan Anda pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, QuarkExpress, CorelDRAW, Illustrator, InDesign, dan sebagainya.

2. Mencetak foto

Fungsi lain printer infus adalah mencetak foto. Untuk fungsi ini user memerlukan jenis kertas yang sesuai, minimal kertas jenis art paper atau art carton. Agar hasil cetaknya bagus, user juga perlu mengatur konfigurasi print agar kualitas cetaknya tajam, yaitu pada mode High Resolution.

3. Mencetak cover buku

Kertas yang digunakan untuk mencetak cover buku biasanya jenis art paper. Bedanya dengan cetak foto, Anda cukup menggunakan konfigurasi kualitas cetak Standard, hasilnya sudah bagus. Namun, bila diperlukan Anda bisa juga mencetaknya dengan mode High Resolution.

4. Mencetak stiker

Tinta inkjet bisa menempel pada permukaan plastik, karena itu untuk mencetak stiker menggunakan inkjet Anda bisa menggunakan jenis kertas stiker Vinyl. Setting kualitas cetak menyesuaikan kebutuhan, bila ingin mencapai hasil grafis stiker dengan kualitas yang tajam dan detail, maka Anda harus menerapkan High Resolution. Namun, umumnya hasil cetak mode Standard saja sudah cukup.

5. Merangkap scanner dan fotocopy

Beberapa merek dan model printer inkjet ataupun laserjet dilengkapi dengan perangkat scanner. Dengan menggunakan scanner tersebut, user dapat melakukan pemindaian terhadap dokumen untuk diolah kembali dengan software pengolah gambar, ataupun langsung memfungsikannya sebagai mesin fotocopy. Printer semacam ini biasa digunakan di kantor-kantor yang memerlukan pemindaian dokumen secara rutin.

6. Menganalisa dokumen

Terlalu lama menatap monitor dengan paparan cahayanya yang terang dan tajam dapat menyebabkan mata lelah. Dengan mencetak dokumen yang ingin kita baca bisa mengurangi potensi risiko tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer InkJet

Kelebihan Printer InkJet:

  • Kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus.
  • Kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan.
  • Harganya murah.
  • Dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media card tergantung type dari printer tersebut.

Kekurangan Printer InkJet:

  • Printer ink jet tercepat pun tidak bisa menandingi printer laser jet paling lambat.
  • Cartridge tinta relative kecil sehingga harus sering ganti.
  • Harga cetak perhalaman lebih tinggi disbanding dengan printer laser.
  • Tinta bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

You May Also Like