Pengertian, Fungsi Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Pengertian Printer Thermal, Fungsi Printer Thermal, Kelebihan Printer Thermal dan Cara Pemakaian Printer Thermal. Mungkin anda masih asing dan belum pernah menggunakan printer thermal ini sehingga mungkin saja anda belum mengetahui pengertian printer thermal dan fungsi printer thermal.  

Printer yang merupakan salah satu jenis dari keluarga printer impact ini, karena kualitas cetak, kecepatan, dan teknologinya biasanya digunakan untuk perkantoran, perbankan, penerbangan, ritel, belanjaan, dan kesehatan. Dimana printer ini biasanya sering digunakan sebagai printer untuk kasir pembelanjaan, karcis parkir, karcis tol, nomor antrian, tiket pesawat dan mesin fax.

Pengertian Printer Thermal

Printer Thermal adalah printer yang memanfaatkan panas untuk menghasilkan tulisan atau gambar di atas kertas. Proses pencetakan dari printer thermal ini menggunakan gulungan kertas. Dimana proses kerjanya mengambil gulungan kertas tersebut kemudian berubah menjadi gelap saat dipanaskan. Jadi tidak memerlukan tinta atau toner seperti jenis Printer lainnya sehingga dapat menghemat biaya maintenance. Selain itu printer ini juga tidak menimbulkan suara yang berisik dibandingkan dengan Printer Dotmatrix ataupun Inkjet.

Karena memiliki ukuran yang compact dan terbilang kecil dibanding Printer jenis lainnya, Printer Thermal tidak memakan banyak ruang dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun ada pula jenis printer thermal dengan ukuran yang lebih besar. Pada umumnya jenis printer ini diperuntukan penggunaan kantor atau bisnis perusahaan.

Printer Thermal atau yang bisa juga disebut dengan Printer POS ini umumya mampu mencetak dalam warna hitam, Namun terkadang juga bisa mencetak berwarna. Printer thermal juga tidak membutuhkan tinta atau toner, tidak seperti jenis printer lainnya tetapi sangat tergantung pada kertas termal dalam hasil mencetaknya

Sayangnya masih ada beberapa orang yang ragu menggunakan printer thermal ini, mungkin karena ada beberapa keterbatasan dalam penggunaan printer thermal ini seperti ukuran kertas, ukuran printer, teknik mencetak dan peralatan.

Fungsi printer thermal

Printer thermal atau bisa juga disebut dengan Printer POS dioperasikan dengan komputer seperti dekstop / system, POS. Cara menggunakan printer thermal dengan menyalakan printer kemudian masukkan kertas thermal dalam printer, kemudian otomatis akan menggerakkan kepala printer sampai menghasilkan panas kemudian kepala printer akan menyentuh kertas lalu kepala printer akan mengaktifkan tinta dan perlahan tinta akan mencetak data diatas kertas thermal dan hasil cetakan sesuai dengan data yang diinginkan.

Promo Taffware Bluetooth Printer Thermal

Umumnya printer thermal digunakan pada beberapa bidang pekerjaan tertentu yang membutuhkan hasil cetak yang cepat seperti untuk mencetak resep pesanan, kasir, daftar harga, label barcode dan lainnya. Sehingga penggunaan printer ini sering dibunakan pada bisnis bisnis retail dan pom bensin.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Kelebihan dari printer Thermal:

  1. Tidak  memerlukan cartridge (tinta) atau pita sehingga dapat menghemat biaya maintenance
  2. Mudah digunakan karena menggunakan tombol yang lebih sedikit.
  3. Terkenal tidak berisik saat proses mencetak.
  4. Murah dan tersedia dalam berbagai model dan ukuran.
  5. Lebih efisien dan lebih cepat dalam mencetak dibandingkan dengan printer jenis lainnya
  6. Lebih tahan lama dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

Kekurangan dari printer Thermal:

  1. Tidak seperti printer standar, printer termal biasanya tidak mencetak warna dengan baik dan mudah memudar

You May Also Like