Ngabuburit itu apa sih

Ngabuburit itu apa sih– Hai sob, Di Indonesia ini, kegiatan ngabuburit sudah menjadi tradisi yang biasa di lakukan saat bulan Ramadhan tiba. Baik anak-anak maupun remaja, dewasa dan orang tua sudah pernah mengikuti tradisi khas bulan Ramadhan ini. Selain itu, tidak hanya umat Islam yang benar-benar berpuasa selama bulan Ramadhan yang mengikuti tradisi ini, tetapi juga mereka yang tidak berpuasa juga ikut melakukan tradisi tesebut.

Hal ini di lakukan bersama sebagai bentuk pelestarian tradisi yang telah ada secara turun temurun. Ada banyak aktivitas yang bisa di lakukan selama ngabuburit ini, mulai dari jalan-jalan sore, berburu takjil, hingga mendengarkan ceramah ibadah di masjid.

Lalu ngabuburit itu apa sih?

Ngabuburit itu apa sih

Berdasarkan kamus bahasa Sunda yang di terbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata “ngabuburit” berasal dari kata “burit” yang berarti “siang”. Sedangkan dalam bahasa Sunda, “ngabuburit” berarti “lakuran” dari ungkapan “ngalantung ngadagoan burit”, yang artinya “bersantai sambil menunggu sore”.

Berbeda dengan bahasa Minang, ngabuburit ini sering di sebut “malengah puaso” yang artinya “melakukan aktivitas untuk menangkis rasa lapar dan haus saat berpuasa”.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ngabuburit adalah kegiatan yang di lakukan untuk menunggu adzan Magrib sebelum berbuka puasa selama bulan Ramadhan.

Nah, istilah ngabuburit secara bertahap menyebar ke seluruh pelosok Indonesia sebelum tahun 1990-an hingga akhirnya menjadi tradisi hingga sekarang. Biasanya kegiatan ngabuburit ini akan dilaksanakan mulai pukul 15.30 hingga 17.30 (tergantung kapan adzan Magrib berbunyi).

Dalam proses pelaksanaannya, ngabuburit sering di isi dengan kegiatan seperti jalan-jalan, berburu takjil, mengikuti pengajian, bermain layang-layang bahkan ada yang bermain sepak bola. Oleh karena itu, ketika bulan Ramadhan tiba, akan banyak pedagang yang menjajakan makanan dan jajanan tradisional di sepanjang jalan atau di pasar sebelum berbuka puasa.

Fenomena ngabuburit ini sudah di lakukan sejak zaman dahulu, namun kegiatan yang di lakukan jelas bisa berbeda. Dulu, terutama di desa-desa terpencil, orang mengisi kegiatan ngabuburit dengan menganyam tikar dengan daun pandan sambil berseda gurau denga keluarga maupun tetangga. Ada juga yang mengisi kegitan ngabuburit pada zaman dahulu ddenga membaca Kitab suci Al-Quran di surau ( mushola).

Dengan semakin berkembangnya zaman, kegiatan ngabuburit juga semakin berkembang. Anak anak remaja biasanya mengisi kegiatan ngabuburit dengan berkumpul di kafe, jalan jalan ke alun alun kota, berkendara motor bersama, mencari takjil,bermain sepak bola sampai memasak makanan untuk persiapan berbuka puasa.

Inilah ulasan  tentang Ngabuburit itu apa sih. Kegiatan ngabuburit itu tidak ada larangannya sebab sudah menjadi tradisi. Akan tetapi sebagai umat Islam yang baik, jangan sampai lupa sholat Ashar terlebih dahulu sebelum berangkat ngabuburit.

You May Also Like