Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya

Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya

Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya – Hai sobat e-pub, Stres adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Stres juga sangat mengganggu kenyamanan seseorang, seperti kebingungan, mudah marah dan lain-lain. Sebagian besar stres dapat di sebabkan oleh pengaruh eksternal dan ada pula yang di pengaruhi oleh faktor internal individu. Stres bisa di alami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui.

Stres yang di alami ibu hamil dapat mempengaruhi keberhasilan menyusui. Sedangkan ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi karena mengandung begitu banyak zat penting yang baik untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Stres pasca persalinan dapat berupa perasaan sedih atau murung yang mempengaruhi ibu, yang bermanifestasi dalam dua hari atau dua minggu setelah melahirkan. Kondisi ibu yang mudah cemas dan stres dapat mengganggu proses menyusui sehingga dapat mempengaruhi produksi ASI. Hal ini karena stres dapat menghambat keluarnya ASI. Untuk itu, penting untuk mencegah stres pascapersalinan, terutama saat menyusui, berikut informasinya:

Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi stres pada ibu menyusui, Anda perlu memahami penyebabnya. Pengalaman melahirkan bagi wanita sendiri dapat menimbulkan stres karena ada beberapa perubahan yang di alaminya. Stres yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kelancaran ASI.Berikut ini adalah penyebab stress pada ibu yang sedang menyusui :

1. Merasa tidak nyaman di tubuh

Hal ini bukanlah hal baru, biasanya seorang wanita setelah melahirkan akan merasa tidak nyaman secara fisik karena adanya bintik-bintik yang menyakitkan atau pembengkakan pada payudara yang menimbulkan sensasi tidak menyenangkan selama menyusui.

2. Pengalaman melahirkan yang sulit

Persalinan yang sulit dapat memicu traumanya sendiri, terutama bagi seorang ibu hamil yang mengharapkan kelahiran normal tetapi untuk beberapa alasan yang tidak terduga berakhir dengan operasi caesar yang mengejutkannya. Perasaan kecewa, bersalah, stres dapat mempengaruhi suplai ASI.

3. Perubahan hormonal

Seorang wanita mengalami banyak perubahan hormonal dan fisik selama kehamilan, persalinan dan menyusui yang dapat mempengaruhi penampilan fisiknya, seperti penambahan berat badan, perubahan ukuran payudara, kemungkinan stretch mark. Di mana semua perubahan tersebut dapat menimbulkan stress yang dapat berdampak negatif terhadap produksi ASI.

Demikianlah ulasan tentang Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahun bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk berbagi artikel berikut untuk mendapat manfaat yang lebih banyak lagi.

Nantikan ulasan dari kami selanjutnya. |Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga:

Tanda tanda Dehidrasi pada Bayi

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega 3

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu

You May Also Like