Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Berpuasa, Bagaimana Caranya

E-Pub.id– Bau mulut seringkali menjadi salah satu masalah paling umum selama puasa. Tak hanya itu, rasa mulut kering dan bibir pecah-pecah juga menemani kita di tengah hari.

Namun sebenarnya mengapa pernapasan kita saat puasa menjadi lebih buruk dari biasanya meskipun kita menyikat gigi setelah sahur? Kurangnya produksi air liur di dalam mulut dapat menyebabkan bau mulut.

Selama puasa, produksi air liur kita berkurang dan mulut memiliki perlindungan yang buruk terhadap bakteri penyebab bau mulut atau juga dikenal sebagai halitosis. Setelah berbuka, kelenjar ludah kita akan terangsang kembali dan bakteri mulut akan melawan.

Lantas, bagaimana cara mencegah bau mulut dan dehidrasi saat berpuasa? Kuncinya adalah menjaga kebersihan mulut dan hidrasi yang baik.

Kali ini kita akan mengulas beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga mulut tetap segar saat berpuasa.

Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Berpuasa, Bagaimana Caranya

1. Gosok Lidah Anda

Kebanyakan orang menggaruk lidahnya saat menyikat gigi dengan sikat gigi, tetapi Anda dapat menggunakan pengikis untuk membersihkan lidah secara efektif. Biofilm bakteri, lendir dan kotoran yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dapat dicegah dengan menggosok lidah minimal dua kali sehari.

2. Sikat Gigi

Pastikan Anda menyikat gigi secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari selama empat menit. Obat kumur juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

3. Gunakan Benang Gigi

Banyak orang melewatkan flossing setiap hari dan ini bisa menjadi alasan Anda memiliki bau mulut. Jangan melewatkan benang agar mulut Anda tetap segar.

4. Siwak

Miswak (miswaak, siwak, Sewak) adalah ranting pembersih gigi yang terbuat dari pohon Salvadorapersica atau arak dalam bahasa Arab. Sudah menjadi tradisi Nabi SAW untuk menggugurkan kandungan selama bulan Ramadhan dan banyak penelitian menunjukkan bahwa keguguran baik untuk mulut.

5. Banyak minum air putih

Mulut kering karena kurangnya konsumsi air selama bulan Ramadhan dapat menyebabkan bau mulut. Perbanyak minum air putih sebelum dan sesudah puasa. Bagi mereka yang memakai gigi palsu, pastikan mereka memasukkannya ke dalam obat kumur antiseptik semalaman untuk membantu membersihkannya. Oleh karena itu, bakteri tidak akan terbentuk.

Bau mulut, disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Jaga nafas tetap segar dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama 4 menit, terutama sebelum tidur, dan dengan membersihkan lidah dan minum banyak cairan. Membilas mulut Anda saat berpuasa dapat membantu menjaga air liur Anda terhidrasi dan terstimulasi.

6. Kurangi Aktivitas Fisik di Siang Hari

Karena suhu tinggi dan paparan sinar matahari langsung, perlu minum banyak air karena tubuh lebih cenderung mengalami dehidrasi dan haus.Waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa adalah setelah berbuka puasa karena tubuh Anda telah menerima makanan dan minuman untuk memberikan energi dan akan memiliki cukup waktu untuk mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga.

Demikian ulasan tentang Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Berpuasa, Bagaimana Caranya. semoga ilasan di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang bagaimana cara menjaga mulut tetap segar saat menjalankan ibadah puasa. nantikan ulasan berikutnya.

You May Also Like