Mengenal Wi-Fi 7 dan Kelebihan Dibanding Wi-Fi 6

Wi-Fi — sering ditulis WiFi — sekarang bisa dibilang sudah menjadi salah satu “kebutuhan” banyak anggota masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. IEEE pun mengeklaim bahwa saat ini Wi-Fi merupakan teknologi nirkabel paling populer untuk transmisi data. Kini versi terbaru dari Wi-Fi yang sudah ada di pasar adalah Wi-Fi 6. Namun, belum lama, salah satu vendor mengumumkan telah berhasil melakukan live demo teknologi Wi-Fi 7. Lalu apa itu Wi-Fi 7? Apa kelebihannya dibandingkan Wi-Fi 6? Wi-Fi 7 adalah generasi berikutnya dari Wi-Fi; Wi-Fi generasi ketujuh. Wi-Fi 7 masih dalam pengembangan dan versi final dari standar yang menjadi basisnya diperkirakan baru akan tersedia pada tahun 2024. Salah satu kelebihannya adalah menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) sendiri merupakan organisasi yang bertanggung jawab mengembangkan lini standar 802.11 yang menjadi basis dari Wi-Fi. Namun, pemegang merek dagang Wi-Fi dan sertifikasinya adalah Wi-Fi Alliance. Sertifikasi diperlukan agar suatu perangkat Wi-Fi antara lain memiliki interoperabilitas yang baik dengan perangkat Wi-Fi lain dan memiliki kinerja yang sesuai.

Setelah sebelumnya generasi Wi-Fi dikenal dengan standar 802.11 tertinggi yang didukungnya, pada tahun 2018 lalu Wi-Fi Alliance memperkenalkan pendekatan generasi untuk penamaan. Model penamaan baru tersebut membuat generasi Wi-Fi lebih mudah dikenal karena tinggal melihat angka yang menjadi embel-embelnya. Tidak lagi menggunakan 802.11n atau 802.11ac misalnya, melainkan menggunakan Wi-Fi 4 dan Wi-Fi 5.

Seperti telah disebutkan, Wi-Fi generasi terkini yang sudah tersedia di pasar adalah Wi-Fi 6. Setelah Wi-Fi 6 yang berbasiskan IEEE 802.11ax, IEEE pun mulai mengembangkan standar 802.11 berikutnya, yakni 802.11be. Nah, Wi-Fi 7 diyakini banyak pihak berbasiskan IEEE 802.11be tersebut. Wi-Fi Alliance sendiri pada lamannya pun sudah menyebutkan Wi-Fi 7 berbasiskan IEEE 802.11be. Sekadar informasi, bila Anda pernah mendengar Wi-Fi 6E, penamaan itu merujuk pada Wi-Fi 6 yang mendukung operasi pada pita frekuensi 6 GHz. Sebelumnya, Wi-Fi umumnya beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.

What is Wi-Fi 7? - everything RF

Sebagai generasi berikutnya, Wi-Fi 7 menawarkan kelebihan dibandingkan Wi-Fi 6. Salah satu di antaranya — kelebihan yang biasanya paling populer —  adalah kecepatan transfer data yang lebih tinggi alias data rate yang lebih tinggi. Setelah Wi-Fi 5 menawarkan kecepatan transfer data mentah maksimum yang berlipat alias maximum raw data rate yang berlipat dari Wi-Fi 4, Wi-Fi 6 menawarkan kecepatan transfer data mentah maksimum yang tidak sampai dua kalinya Wi-Fi 5. Wi-Fi 6 berfokus pada kecepatan transfer data yang lebih baik tatkala banyak pengguna yang menggunakan jaringan yang sama. Nah, Wi-Fi 7 ditargetkan kembali menawarkan kecepatan transfer data mentah maksimum yang berlipat dari generasi sebelumnya.

Wi-Fi 7 ditargetkan memiliki kecepatan transfer data maksimum setidaknya 30 Gbps. Namun, lapisan fisiknya alias PHY memungkinkan kecepatan transfer data mentah maksimum sekitar 46 Gbps. Adapun Wi-Fi 6 memiliki kecepatan transfer data mentah sampai 9,6 Gbps. Sementara, Wi-Fi 5 mendukung kecepatan transfer data mentah sampai 6,93 Gbps dan Wi-Fi 4 mendukung kecepatan transfer data mentah sampai 600 Mbps.

Besarnya peningkatan kecepatan transfer data mentah maksimum yang ditawarkan Wi-Fi 7 berkat penambahan bandwidth dan spatial stream yang bisa digunakan, serta peningkatan skema modulasi yang bisa dimanfaatkan. Wi-Fi 7 mendukung bandwidth sampai 320 MHz, spatial stream sampai enam belas, dan skema modulasi sampai 4096-QAM (quadrature amplitude modulation). Sebagai perbandingan, Wi-Fi 6 mendukung bandwidth sampai 160 MHz, spatial stream sampai delapan, dan skema modulasi sampai 1024-QAM.

Perubahan bandwidth dari 160 MHz menjadi 320 MHz memungkinkan kecepatan transfer data mentah menjadi dua kalinya. Begitu pula dengan jumlah spatial stream dari delapan menjadi enam belas. Sementara, skema modulasi dari 1024-QAM menjadi 4096-QAM memberikan peningkatan sebesar 20%. Ketiganya membuat Wi-Fi 7 menawarkan kecepatan transfer data mentah maksimum yang 4,8 kalinya Wi-Fi 6.

Selain PHY yang memungkinkan kecepatan transfer data mentah maksimum yang jauh lebih tinggi, Wi-Fi 7 juga antara lain ditargetkan mendukung MLO (multi-link operation). Seperti namanya, MLO memungkinkan wireless router Wi-Fi 7 menggunakan lebih dari satu pita frekuensi secara sekaligus untuk mentransfer data ke satu perangkat yang menjadi kliennya. Wireless router Wi-Fi 7 yang mendukung pita frekuensi 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz contohnya; bisa menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz secara sekaligus untuk mentransfer data berukuran besar ke salah satu kliennya yang mendukung. Sebelumnya, yang didukung hanya satu link yang dalam contoh adalah satu pita frekuensi. MLO pun bisa dimanfaatkan pada satu pita frekuensi saja.

You May Also Like