Mengenal OIS dan EIS Stabilization Pada Camera Smartphone

[e-pub.id] Mengenal OIS dan EIS Stabilization Pada Camera Smartphone – Kebanyakan calon pembeli atau pengguna handphone akan melihat spesifikasi besaran megapiksel pada kamera. Padahal dalam menghasilkan foto atau video berkualitas tidak semata-mata karena megapiksel saja. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah fitur stabilisasi gambar (Image Stabilization). Adanya fitur ini akan membantu foto dan video yang kita ambil lebih tajam meski hanya dipegang dengan tangan.

Seperti diketahui, memegang handphone dengan tangan saat memotret sangat rawan blur karena faktor getaran tangan atau gerakan tubuh lainnya. Seiring perkembangan teknologi kamera handphone, terdapat dua teknologi stabilisasi gambar yang banyak digunakan yaitu OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization). Lalu apa ciri khas keduanya dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan? Simak artikel berikut ini.

OIS (Optical Image Stabilization)

Fitur stabilisasi gambar yang pertama adalah OIS atau Optical Image Stabilization. Dilansir dari Ubergizmo, OIS merupakan stabilisasi gambar optik yang digunakan untuk mengatasi masalah umum seperti gambar buram akibat gerakan pengguna (gemetar) atau gerakan kamera saat merekam video. OIS bekerja menggunakan sistem mikro-elektromekanis (MEMS) dengan gyro-sensor untuk mendeteksi gerakan dan menyesuaikan sistem pada kamera.

Sesuai namanya, OIS bisa dihasilkan karena terdapat komponen yang bergerak di dalam lensa kamera. Gerakan dalam lensa inilah yang dapat membantu dalam mengkompensasi penggunaan normal gerakan kamera yang tidak diinginkan.

EIS (Electronic Image Stabilization)

Meski sama-sama fitur stabilisasi gambar, OIS dan EIS memiliki perbedaan yang cukup signifikan di cara kerja. Apabila OIS sepenuhnya dilakukan melalui proses mekanis di dalam lensa, maka EIS atau Electronic Image Stabilization menggunakan teknologi perangkat lunak (software) untuk meredam getaran ketika memotret atau merekam video.

EIS dilengkapi sensor yang dirancang khusus dalam mendeteksi setiap gerakan, menginterpretasikannya. Kemudian memperbaiki frame demi frame secara otomatis agar gambar dan video yang dihasilkan lebih tajam (stabil). Pada karya gambar atau foto, EIS yang berbasis perangkat lunak sangat menguntungkan dalam proses HDR dan mode malam (night mode). Sedangkan untuk karya video, EIS akan membantu mencari lalu menemukan titik kontras tinggi sembari menjaganya agar tetap selaras dan tidak berlebihan.

Namun, jika dibandingkan dengan OIS maka EIS memiliki kekurangan misalnya distorsi yang tampak “aneh” pada video dan bagian tepi gambar yang terpotong ketika fitur ini digunakan dalam pemotretan.

Fungsi Image Stabilization

OIS and EIS Video Smartphone Comparison in Camera Bracket - YouTube

Sebelum melangkah lebih dekat dengan EIS dan OIS, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai apa fungsi sebenarnya dari Image Stabilization (IS).

Hal ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa mengadaptasikannya pada kamera kamu nantinya, terlebih jika kamu memiliki kamera dengan kecepatan rana yang lambat atau tingkat pembesaran optik yang panjang.

Pada saat lensa mengalami perbesaran, lensa menjadi sangat sensitif dan mudah mengalami ketidakstabilan, bahkan pada gerakan sekecil apapun.

Di sinilah pentingnya teknologi Image Stabilization yang berfungsi untuk menstabilkan lensa, baik pada posisi biasa maupun mengalami perbesaran objek.

Tanpa adanya penstabil gambar atau video ini, hasil tangkapan akan lebih buruk dan proses mengambil gambar juga akan sedikit terganggu karena objek tidak bisa stabil.

Untuk memeroleh kamera dengan teknologi stabilisasi gambar yang baik, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi penstabil gambar yang digunakan. apakah menggunakan optik, digital, maupun keduanya.

Memilih HP Dengan Fitur OIS dan EIS

OIS dan EIS tentu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, namun hasil foto dan video juga tergantung bagaimana pengguna handphone memaksimalkan kedua fitur stabilisasi gambar ini. Untuk mendapatkan handphone dengan kamera berfitur OIS dan EIS sebenarnya tidak sulit, karena di Planet Gadget tersedia beragam handphone terbaru yang dilengkapi OIS maupun EIS. Konsumen akan mendapatkan jaminan harga termurah dan pastinya garansi resmi.

You May Also Like