Mengejutkan Bahaya ubi jalar Jika di Konsumsi Berlebihan

Mengejutkan Bahaya ubi jalar Jika di Konsumsi Berlebihan – Halo sob, Siapa yang tidak mengenal ubi jalar. Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia lainnya yang sering di konsumsi sebagai pengganti nasi di beberapa daerah.

Padahal, mengonsumsi ubi jalar dalam porsi yang wajar adalah hal yang aman. Namun, ada bahaya bahwa ubi jalar yang di konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan risiko efek samping kesehatan. Apalagi dengan riwayat kondisi kesehatan tertentu.

Mengejutkan Bahaya ubi jalar Jika di Konsumsi Berlebihan

1. Gangguan Pencernaan

Salah satu bahaya ubi jalar jika di konsumsi berlebihan adalah meningkatkan risiko sakit perut. Ubi jalar mengandung sejenis alkohol manis yang di sebut manitol.

Bagi sebagian orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif atau tidak toleran terhadap makanan yang mengandung manitol, akan mengalami tanda-tanda pencernaan setiap kali makan ubi jalar. Misalnya, benjolan, kram perut, sakit perut, diare atau sembelit.

2. Karotenoderma

Kandungan betakaroten yang merupakan bentuk awal vitamin A ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga pertahanan kekebalan tubuh dan juga untuk fungsi organ penting seperti jantung, paru-paru dan ginjal.

Namun, bila ubi jalar terlalu banyak di konsumsi, konsumsi ubi jalar yang masuk ke dalam tubuh dapat mengubah warna kulit menjadi jingga atau kekuningan. Meski tidak terlalu mengancam kesehatan, bahaya makan ubi jalar secara berlebihan bisa mengganggu penampilan orang yang mengalaminya.

3. Batu Ginjal

Bahaya makan ubi jalar berlebih justru bisa membentuk batu ginjal di dalam tubuh. Pasalnya, ubi jalar kaya akan asam oksalat dan kalsium sehingga tubuh tidak dapat memecah berbagai nutrisi yang masuk.

Oleh karena itu, nutrisi tambahan tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh dan berujung pada pembentukan batu ginjal. Alangkah baiknya, penderita gangguan ginjal membatasi konsumsi ubi jalar.

Kita juga bisa mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dengan minum banyak cairan sambil mengonsumsi makanan yang kaya asam oksalat. Dengan cara ini kamu bisa

membantu mencegah asam oksalat dan kalsium dari mengikat untuk membentuk kristal sebelum mereka dapat di ubah oleh ginjal dan dengan demikian mencegah pembentukan batu ginjal. Orang dengan gangguan ginjal juga harus membatasi konsumsi ubi jalar karena mengandung banyak potasium dan air, yang bisa berbahaya.

4. Peningkatan Kadar Kalium Dalam Darah

Bahaya ubi jalar yang di konsumsi secara berlebihan juga dapat mengancam pasien jantung yang harus menggunakan obat resep berupa beta-blocker.

Kandungan kalium yang tinggi pada ubi jalar sebenarnya dapat menyebabkan interaksi obat dengan penggunaan beta-blocker sehingga dapat meningkatkan kadar kalium darah. Bagi yang rutin menggunakan obat beta-blocker, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui jumlah yang wajar untuk mengonsumsi ubi jalar.

Itulah ulasan tentang Mengejutkan Bahaya ubi jalar Jika di Konsumsi Berlebihan. Walaupun baik untuk kesehatan tubuh tetapi jika di konsumsi secara berlebihan akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Konsumsilah dengan bijak untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

You May Also Like