Mengatasi Huruf Keyboard berubah jadi angka

Keyboard berubah jadi angka. Pada laptop ada banyak sekali faktor penyebab keyboard menjadi error, salah satunya bisa saja disebabkan oleh debu yang menempel. Debu yang semakin menempel akan menjadikan kerusakan yang semakin fatal apabila tidak segera ditangani. Perbaikan kerusakan ini pun biasanya harus dilakukan oleh profesional.

Selain itu, ada lagi masalah yang lebih menyulitkan seperti tombol tertukar fungsi atau keyboard error yang berubah menjadi angka. Error ini bisa terjadi karena kita menyolok keyboard eskternal atau keyboard lain yang justru merubah susunan keyboard yang sudah ada sebelumnya.

 

Namun, kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah tombol keyboard benar-benar hanya error a

tau ada kerusakan pada hardware. Untuk itu, coba cek dulu semua tombol pada keyboard dengan cara buka notepad kemudian ketik satu persatu huruf dan angka sehingga kita bisa tahu apakah hanya tertukar huruf dengan angka atau memang ada masalah pada hardware yang ditandai dengan tidak berfungsinya salah satu tombol.

Apabila keyboard masih berfungsi semua dengan baik dan hanya tertukar menjadi angka, maka masalah ini masih bisa diperbaiki sendiri tanpa bantuan teknisi.

Cara Mengatasi Keyboard Berubah Jadi Angka

cara mengubah keyboard yang berubah jadi angka

Tips untuk mengatasi tombol huruf keyboard laptop error atau tertukar saat ketik huruf malah berubah menjadi angka ini hanya berlaku jika keyboard laptop kamu masih normal atau tidak rusak hardwarenya, dan berikut caranya.

  • Tekan tombol Fn + F11 secara bersamaan, kemudian tes lagi apakah sudah normal atau belum.
  • Jika cara pertama belum berhasil, cari dulu tombol Numlock di laptop kamu, biasanya ada tulisan NumLk lalu tekan bersamaan dengan Fn.
  • Jika belum berhasil juga coba tekan Fn + F11 + Shift bersamaan & tahan beberapa detik lalu lepaskan.

Sangat mudah memang mengatasi masalah keyboard berubah jadi angka dan sebaliknya, semoga bermanfaat dan jika kamu mengalami masalah serupa jangan panik dulu dan buru-buru membawa ke tukang service, tapi coba atasi dulu sendiri dengan cara diatas.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tanpa ke Tempat Servis » Blog elevenia

Penting, cara di atas hanya berlaku untuk laptop dengan keyboard masih normal bukan karena kerusakan hardware, jadi jika kamu sudah coba langkah di atas tetapi belum normal juga sebaiknya cek terlebih dahulu apakah hardware keyboard laptop kamu rusak atau tidak dengan membawa ke tukang servis laptop.

Mudah kan? Sebetulnya ada berbagai kemungkinan yang menyebabkan keyboard pc atau laptop menjadi error, termasuk Windows atau ada aplikasi lain yang mengganggu dan terakhir biasanya hardwarenya yang sudah rusak. Jika cara di atas belum berhasil, ada baiknya kamu membawa laptop ke teknisi yang sudah ahli agar masalahnya bisa segera diatasi.

You May Also Like