MediaTek vs Snapdragon Lebih Bagusan Mana

MediaTek vs Snapdragon – Berbicara tentang hp Android, khususnya hp gaming ada dua merk processor hp yang paling banyak digunakan yaitu Mediatek dan Snapdragon. Kedua merk processor hp terbaik untuk Android ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah dari segi harga, di mana harga processor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Inilah yang membuat harga hp Android dengan Mediatek lebih murah daripada hp dengan Snapdragon.

MediaTek vs Snapdragon lebih bagus mana kerap dipertanyakan oleh mereka yang berencana membeli HP Android terbaru tapi bingung memilih HP dengan prosesor Snapdragon atau MediaTek.

Dari sekian banyak merek prosesor HP yang ada saat ini, Snapdragon dan MediaTek adalah dua merek yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh HP Android.

Tapi, karena keduanya memiliki popularitas yang sama-sama bagus, akhirnya nggak sedikit orang yang bingung untuk memilih salah satu di antaranya.

Kalau kamu juga merasa bingung, tenang saja! Sebab, Jaka akan kupas tuntas tentang MediaTek vs Snapdragon yang bisa kamu simak selengkapnya berikut ini.

Prosesor Snapdragon dan MediaTek.

MediaTek sendiri merupakan perusahaan manufaktur berasal dari Taiwan dengan berbagai produk semikonduktor termasuk prosesor untuk smartphone berbasis Android yaitu Helio MediaTek. Helio MediaTek sendiri memiliki banyak seri seperti Helio A seriesG seriesP series, hingga X series. Sementara untuk segmen yang fokus disasar adalah kelas menengah atau mid-end. Tidak heran, jika banyak smartphone dengan prosesor MediaTek memiliki harga yang lebih murah.

Sedangkan Snapdragon merupakan merek prosesor asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2007 dan dirancang oleh perusahaan Qualcomm untuk produk gadget seperti smartphone maupun tablet. Pada dasarnya, Snapdragon bukan produk prosesor pertama yang dirancang oleh Qualcomm karena sebelumnya perusahaan ini sudah lebih dulu mengeluarkan prosesor bernama Scorpion, namun kurang laku di pasaran.

 

Sejarah Prosesor MediaTek

Chipset Kelas Flagship, Ini Keunggulan MediaTek Dimensity 1200

 

Melihat sejarahnya, MediaTek adalah perusahaan manufaktur asal Taiwan yang memproduksi berbagai produk semikonduktor, termasuk prosesor HP Android bernama Helio MediaTek.

Saat ini, prosesor Helio MediaTek sudah merilis cukup banyak seri, mulai dari Helio A seriesG seriesX series, dan P series yang termasuk produk unggulan mereka.

Berbeda dengan Snapdragon yang menyasar berbagai segmen pasar, di industri ini MediaTek justru hanya fokus ke satu segmen saja, yaitu segmen kelas menengah.

Makanya nggak heran jika banyak HP dengan prosesor MediaTek yang dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan HP prosesor Snapdragon.

Sejarah Prosesor Snapdragon

√ Urutan Chipset Snapdragon Terbaru di Tahun 2022

Dirilis pada 2007, Snapdragon adalah merek prosesor asal Amerika Serikat rancangan perusahaan Qualcomm untuk berbagai produk gadget seperti smartphone dan tablet.

Jika melihat sejarahnya, Snapdragon sebenarnya bukan merupakan produk prosesor pertama yang diciptakan oleh Qualcomm.

Karena sebelumnya perusahaan ini telah lebih dulu menciptakan prosesor bernama Scorpion yang sayangnya nggak laku di pasaran.

Seperti yang sudah Jaka sebutkan sebelumnya, prosesor Snapdragon hadir untuk berbagai segmen pasar dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan MediaTek.

Untuk kelas menengah, Snapdragon biasanya mengandalkan prosesor seri 600 dan 700. Sementara untuk kelas menengah atas, Snapdragon mengandalkannya seri 800 yang lebih mahal.

 

Kelebihan dan Kekurangan Snapdragon

Selanjutnya Jaka juga akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan Snapdragon yang patut kamu ketahui. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kelebihan Prosesor Snapdragon

Kelebihan Dan Kekurangan Snapdragon Fb368

 

Membahas prosesor Snapdragon pastinya kurang afdol kalau kamu kamu nggak tahu tentang kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh prosesor satu ini, kan?

Untuk itu, berikut adalah beberapa kelebihan prosesor Snapdragon yang perlu kamu tahu.

1. Perfroma Grafis Maksimal

Meskipun beberapa prosesor MediaTek menawarkan kualitas grafis tinggi, tapi perfroma grafis Snapdragon rupanya dinilai jauh lebih unggul dibandingkan MediaTek.

Hal ini dikarenakan Qualcomm selalu menggunakan teknologi paling mutakhir untuk CPU core mereka.

Makanya nggak mengejutkan jika beberapa HP dengan Snapdragon 865 atau seri terbaru lainnya seringkali mampu melibas aplikasi dan game berat dengan lancar.

2. Kinerja Prosesor Lebih Cepat

Bukan hanya menawarkan performa grafis unggul saja, kinerja prosesor Snapdragon juga dinilai lebih unggul secara keseluruhan, geng.

Baik itu dari segi stabilitas ataupun efisiensi penggunaan baterai. Jadi, nggak heran jika HP Snapdragon tetap menjadi idaman meskipun harganya lebih mahal.

Kekurangan Prosesor Snapdragon

Snapdragon Vs Exynos A8f93

Sama halnya seperti MediaTek, prosesor Snapdragon juga tentunya memiliki beberapa kekurangan yang perlu jadi bahan pertimbangan. Simak pembahasannya berikut ini.

1. RAM Lebih Boros

Performa grafis maksimal yang ditawarkan oleh Snapdragon tentunya perlu diimbangi dengan RAM yang besar pula.

Itulah alasan GPU dari prosesor Snapdragon biasanya akan menggunakan RAM yang cukup besar. Karena kalau tidak, HP pun akan menjadi lambat dan aplikasi tidak berjalan lancar.

Oleh karena itu, jika kamu ingin membeli HP Snapdragon, setidaknya pilih HP Android RAM 4GB ke atas untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal.

2. Harga Lebih Mahal

Performa grafis lebih unggul serta kapasitas RAM besar, artinya kamu pun harus mengeluarkan uang yang lebih untuk bisa membeli HP dengan prosesor Snapdragon.

Inilah salah satu kekuragan Snapdragon yang umumnya akan membuat HP dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan MediaTek.

Kelebihan dan Kekurangan MediaTek

Pertama, Jaka akan bahas dulu mengenai kelebihan dan kekurangan prosesor MediaTek yang kini nggak kalah populer dibandingkan dengan Snapdragon.

Terlebih, beberapa HP gaming murah juga kini banyak didominasi oleh penggunaan prosesor MediaTek.

Kelebihan Prosesor MediaTek

Mediatek Helio G90t Vs Snapdragon 665 Ee274

 

Meskipun banyak anggapan miring tentang merek prosesor HP satu ini, tapi MediaTek nggak akan populer dan banyak dipilih jika nggak memiliki kelebihan, kan?

1. Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan HP Snapdragon, HP dengan prosesor MediaTek umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Meskipun murah, bukan berarti performa prosesor ini sangat buruk. Karena kenyatannya justru nggak sedikit HP gaming yang dipersenjatai dengan merek prosesor ini.

Misalnya saja HP realme narzo 20 yang diotaki prosesor Mediatek Helio G95 dan dibanderol seharga Rp2 jutaan saja.

2. Performa Grafis Cukup Tinggi Namun Hemat RAM

Kelebihan MediaTek yang berikutnya adalah kinerja grafis alias GPU-nya yang disebut-sebut cukup mampu menopang kebutuhan grafis beresolusi tinggi.

Meskipun begitu, prosesor ini kabarnya lebih hemat dalam penggunaan RAM dibandingkan Snapdragon sehingga kamu bisa tetap bermain game berat dengan lancar.

Kekurangan Prosesor MediaTek

Perbedaan Mediatek Dan Snapdragon Xiaomi B2723

Selain kelebihan, tentunya ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh prosesor MediaTek. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Menggunakan CPU Core Standar

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh prosesor MediaTek adalah penggunaan CPU core standar yang tentunya memengaruhi kualitas hardware.

Hal ini sebenarnya nggak terlalu mengejutkan karena seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya bahwa MediaTek memang hanya memfokuskan pada prosesor kelas menengah.

Karena kekurangannya ini, kualitas hardware MediaTek pun disebut-sebut nggak mampu mengimbangi prosesor Snapdragon.

2. Overheat

Bisa dibilang bahwa salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengguna HP dengan prosesor MediaTek adalah panas berlebih alias overheat.

Performa tinggi yang ditawarkan oleh beberapa chipset MediaTek rupanya menjadi salah satu penyebab masalah overheat pada HP.

3. Baterai Boros

Kekurangan MediaTek yang berikutnya adalah konsumsi daya baterai yang tergolong cukup boros.

Ini dikarenakan beberapa tipe prosesor MediaTek menawarkan performa grafis yang cukup maksimal sehingga harus mengorbankan daya baterai.

Walaupun nggak semua tipe MediaTek mengalami masalah ini, namun tetap saja ini menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangkan.

Kesimpulan: MediaTek vs Snapdragon, Unggul Mana?

Mediatek Vs Snapdragon Menang Mana C02be

 

Gimana pembahasan tentang MediaTek vs Snapdragon dari Jaka di atas? Sudah cukup jelas untuk menentukan merek prosesor mana yang harus kamu pilih?

Atau kamu justru semakin penasaran dan bertanya-tanya MediaTek vs Snapdragon bagus mana? Nggak aneh kok! Mengingat ini adalah salah satu komponen penting yang harus dipertimbangkan.

Tapi, kalau ngomongin soal MediaTek vs Snapdragon menang mana, sebenarnya jawaban tergantung dari kebutuhan kamu dan budget yang dimiliki.

Kalau kamu memiliki budget yang lumayan besar, Jaka sih menyarankan untuk kamu membeli HP prosesor Snapdragon karena performanya yang mumpuni.

Tapi, kalau kamu mau HP murah namun spesifikasi nggak murahan, HP prosesor MediaTek sudah cukup baik kok! Jadi, mana yang akan kamu pilih?

Kesimpulan

Dari segi performa, processor Snapdragon lebih cocok untuk gaming. Alasannya karena skor AnTuTu rata-rata lebih tinggi dibanding Mediatek. Namun sayangnya ada beberapa kekurangan Snapdragon yaitu harganya relatif lebih mahal dan membutuhkan RAM besar supaya bisa bekerja optimal.

You May Also Like