Manfaat Tersembunyi Mengkonsumsi Ubi Jalar

Manfaat Tersembunyi Mengkonsumsi Ubi Jalar – Halo sob, Siapa yang tidak mengenal ubi jalar. Ubi jalar atau di kenal juga dengan sebutan ketela rambat merupakan buah yang mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Lalu apa lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari ubi jalar?

Selain sangat membantu dalam mengurangi risiko penyakit berbahaya, ubi jalar juga memiliki kegunaan lain. Terutama yang berkaitan dengan peningkatan energi dan sistem kekebalan tubuh, serta penurunan berat badan. Berbagai jenis ubi jalar, mulai dari ubi jalar ungu, maupun ubi jalar jingga, ubi jalar kuning, umumnya memiliki fungsi dan manfaat yang kurang lebih sama.

Ubi jalar sendiri bisa di olah dengan cara di panggang, di masak, atau dimakan dengan cara di giling. Setelah di masak, umbi jenis ini akan memiliki rasa manis alami, sehingga bisa langsung di makan tanpa perlu menambahkan gula.

Dari berbagai jenis kandungan gizi yang terdapat pada ubi jalar, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Kali ini kita akan mengulas Manfaat Tersembunyi Mengkonsumsi Ubi Jalar.

Manfaat Tersembunyi Mengkonsumsi Ubi Jalar

1. Mengendaikan Gula Darah

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang memiliki skala indeks glikemik rendah. Artinya, kadar ubi jalar dalam kadar gula darah tidak terlalu tinggi, artinya baik untuk kesehatan. Selain itu, satu penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan resistensi glukosa darah terhadap insulin pada penderita diabetes.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam ubi jalar juga sangat penting dalam mengatasi diabetes. Pasalnya, sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi serat akan memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Oleh karena itu para ahli merekomendasikan orang dewasa di atas usia 19 tahun untuk mengonsumsi 22,4 hingga 33,6 gram serat per hari. Mengkonsumsi ubi jalar memang bisa membantu memenuhi kebutuhan serat untuk mengatasi diabetes.

2. Pengontrol Tekanan Darah

Menjaga asupan natrium Anda rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan, American Heart Association mengatakan untuk menghindari berbagai makanan kaya garam. Faktanya, mengonsumsi makanan kaya kalium dapat memberikan manfaat pengendalian tekanan darah.

Oleh karena itu konsumsi ubi jalar bermanfaat dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar berukuran sedang mengandung 542 miligram (mg) potasium. Jadi mengkonsumsinya dapat membantu menyediakan 5% dari kebutuhan kalium harian Anda.

Sementara itu, para ahli menyarankan orang dewasa mengonsumsi sekitar 4.700 miligram potasium setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu, asupan kalium yang tinggi juga dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyebab atau gangguan kesehatan hingga 20%.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Ubi jalar kaya akan antioksidan, karena merupakan salah satu nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Sebuah studi di 2018 menyatakan bahwa antosianin, sejenis antioksidan yang di temukan dalam ubi jalar, dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Tak heran jika mengonsumsi ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker prostat, usus besar, dan payudara. Selain itu, ekstrak kulit kentang ini juga memiliki sifat kanker yang semakin memperkaya manfaat kesehatan yang dapat di peroleh jika di konsumsi.

Antioksidan yang terdapat pada ubi jalar dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas berlebih di dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai masalah, termasuk kanker.

4. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Fakta bahwa kentang mengandung vitamin C hingga setengah dari kebutuhan harian. Vitamin C adalah jenis antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak heran jika mengonsumsi ubi jalar menawarkan manfaat untuk mengurangi risiko peradangan dan obesitas. Selanjutnya, kandungan vitamin A dan E dalam makanan ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Di samping itu, kandungan antioksidan terkait pigmen dalam ubi jalar memiliki sifat anti-inflamasi yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan dalam ubi jalar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya melindungi tubuh dari risiko kanker dan mencegah peradangan, antioksidan dalam ubi jalar juga memiliki manfaat kesehatan pencernaan.

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa banyak antioksidan yang di temukan dalam ubi jalar mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Semakin banyak bakteri ini berada di usus, semakin rendah risiko terkena sindrom iritasi usus besar (IBS) dan diare.

Kandungan serat dalam ubi jalar juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda. Makanan kaya serat, seperti ubi jalar, dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan juga memperbaiki kebiasaan buang air besar, sehingga mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ubi jalar merupakan salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan betakaroten. Padahal, kulit kentang mengandung tujuh kali lipat kebutuhan harian beta-karoten pada orang dewasa. Ketika beta-karoten tertelan, tubuh mengubahnya menjadi vitamin A yang akan membentuk reseptor reseptor cahaya di organ mata.

Vitamin A sendiri berperan penting dalam kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kebutaan. Makan makanan yang kaya beta-karoten karena itu dapat menawarkan manfaat pencegahan terhadap berbagai masalah mata.

Selain itu, kandungan antosianin dalam ubi jalar dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Tidak mengherankan, ubi jalar memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

Ubi jalar atau di kenal juga dengan sebutan ubi jalar merupakan buah yang mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Lalu apa lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari ubi jalar?

Selain sangat membantu dalam mengurangi risiko penyakit berbahaya, ubi jalar juga memiliki kegunaan lain. Terutama yang berkaitan dengan peningkatan energi dan sistem kekebalan tubuh, serta penurunan berat badan. Berbagai jenis ubi jalar, mulai dari ubi jalar ungu, maupun ubi jalar jingga, ubi jalar kuning, umumnya memiliki fungsi dan manfaat yang kurang lebih sama.

Ubi jalar sendiri bisa diolah dengan cara dipanggang, di masak, atau di makan dengan cara digiling. Setelah di masak, umbi jenis ini akan memiliki rasa manis alami, sehingga bisa langsung di makan tanpa perlu menambahkan gula.

Demikian ulasan Manfaat Tersembunyi Mengkonsumsi Ubi Jalar. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan. Nantikan ulasan berikutnya.

You May Also Like