Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

E-Pub.id – Air dingin dan air panas memiliki manfaat masing-masing, namun sebagian orang lebih memilih menggunakan air panas karena terasa lebih nyaman.

Padahal, mandi dengan air dingin juga memiliki beberapa khasiat yang baik, terutama untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaatnya?

Kali ini kita akan membahasnya tentang Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan.

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Bagi penderita hipertensi, terutama tekanan darah tinggi, mandi air dingin dapat membantu menjaga suhu tubuh.

Hal ini karena ketika air dingin menyentuh kulit, terjadi penyempitan sirkulasi di permukaan tubuh yang dapat mengurangi peradangan.

2. Mencegah Kulit Kering

Mandi dengan air hangat akan mudah mengeringkan kulit karena panas yang mengenai kulit akan mengganggu fungsi kelenjar minyak yang di produksi oleh kulit, yang berguna untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Saat mandi dengan air dingin, tidak akan menyebabkan kulit menjadi kering.

3. Mengurangi Stres

Ketika tubuh di lembabkan dengan air dingin, tubuh akan bereaksi dan meningkatkan antioksidan yang di sebut glutathione (GSH) yang di produksi oleh sel hati dan saraf di otak sehingga antioksidan lain akan meningkat dan berfungsi dengan sempurna.

Hal tersebut akan mempengaruhi kondisi mental seseorang yang dapat menimbulkan perasaan stres yang di alaminya.

4. Menurunkan Berat Badan

Batubara Kita tahu bahwa mandi di air dingin dapat menurunkan berat badan. Hal ini di buktikan dengan sebuah penelitian yang menemukan bahwa air dingin pada suhu 14°C dapat menjaga fungsi metabolisme dalam tubuh.

Metabolisme adalah proses di mana tubuh mengubah semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh dan di ubah menjadi energi.

5. Aktivasi Sistem Saraf Simpatik

Air dingin ternyata mengaktifkan sistem saraf simpatik, bagian dari sistem saraf yang mengatur respons fight-or-flight, respons fisiologis otomatis terhadap suatu peristiwa yang di anggap berbahaya, menegangkan, atau menakutkan. Saat di aktifkan, seperti saat mandi air dingin, terjadi peningkatan hormon norepinefrin.

Inilah yang kemungkinan besar akan menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang terlihat ketika orang di rendam dalam air dingin dan di kaitkan dengan peningkatan kesehatan yang di sarankan.

Itulah beberapa Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan. Selain menjaga kesehatan kulit, mandi air dingin juga dapat mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

You May Also Like