Makanan Pahit yang Mempunyai Manfaat Baik untuk Tubuh

Makanan Pahit yang Mempunyai Manfaat Baik untuk Tubuh – Rasa pahit merupakan rasa yang di hindari oleh banyak orang. Pahit adalah aroma yang tidak dapat di cicipi oleh lidah kebanyakan orang.

Kebanyakan orang lebih menyukai rasa makanan yang manis dan asin dan tidak menyukai makanan yang mempunyai rasa pahit. Hal inilah yang menyebabkan makana asis dan manis sering di gunakan lebih dalam berbagai makanan yang kita nikmati sehari-hari.

Meski rasa pahit ini tidak di sukai, namun siapa sangka makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan yang dapat terjadi adalah dapat meningkatkan stamina tubuh.

Diketahui bahwa makanan dengan rasa pahit yang kuat meningkatkan sekresi air liur dan asam di lambung. Mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Makanan berasa pahit juga dapat mencegah masalah lambung dan peradangan pada tubuh. Kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya juga dapat meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Manfaat luar biasa ini bisa di dapatkan dari berbagai makanan yang rasanya pahit. Berikut adalah ulasan tentang beberapa Makanan Pahit yang Mempunyai Manfaat Baik untuk Tubuh.

Makanan Pahit yang Mempunyai Manfaat Baik untuk Tubuh

1. Pare

Pare adalah sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Meski demikian, sejumlah makanan masih menggunakan pare sebagai salah satu bahannya.

Sayuran ini mengandung fitokimia seperti triterpenoid, polifenol dan flavonoid yang dapat memperlambat sel kanker. Sayuran ini juga merupakan obat alami untuk menurunkan gula darah dan mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan sel

2. Sayuran Krusifer

Sayuran krisifer adalah salah satu sayuran dengan rasa pahit, meski tidak terlalu kuat rasa pahitnya seperti pare. Jenis sayuran tersebut antara lain brokoli, kangkung, lobak dan bayam

Jenis sayuran ini memiliki bau yang menyengat karena adanya kandungan glukosinolat. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang makan sayuran ini lebih tahan terhadap kanker

3. Kokoa

Kokoa merupakan tanaman penghasil coklat dengan rasa pahit dan original. Padahal makanan ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak boleh di remehkan.

Rasa pahit dari makanan ini di sebabkan karena kandungan polifenol dan antioksidan yang di kandungnya. Kandungan ini berguna untuk melebarkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Makanan ini mengandung mineral seperti seng, tembaga, mangan, magnesium dan besi.

4. Kulit Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk dan lemon mengandung vitamin C. Namun, manfaat kesehatan tersebut tidak hanya terdapat pada buahnya saja tetapi juga pada kulitnya.

Kulit jeruk memiliki rasa pahit karena kandungan flavonoidnya. Kandungan ini lebih tinggi pada kulitnya dan bukan pada buahnya.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Minuman ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, daya tahan tubuh, dan kesehatan jantung.

Itulah beberapa Makanan Pahit yang Mempunyai Manfaat Baik untuk Tubuh. Rasa pahit dari teh hijau di sebabkan oleh kandungan katekin dan polifenol. Mengganti kopi biasa dan teh hitam dengan teh hijau dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan

You May Also Like