Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu – Halo sobat e-pub, Kandungan yang terdapat di dalam ASI adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. ASI (Air Susu Ibu) juga menjadi sumber nutrisi yang paling baik bagi bayi yang baru lahir.

Susu formula tidak dapat menggantikan ASI. Di karenakan susu formula tidak memipunyai manfaat untuk melindungi anak terhadap penyakit ataupun memberikan manfaat untuk ibu. Pemerintah sangat menekankan mengenai pentingnya pemberian ASI melalui program ASI eksklusif

Program ASI eksklusif mengarahkan untuk para ibu agar memberikan ASI sejak bayi lahir sampai berusia enam bulan. Kemudian di lanjutkan sampai bayi berusia dua tahun dengan tambahan makanan pendamping yang sesuai.

Begitu pentingnya ASI bagi kebutuhan bayi maupun ibunya, kali ini kita akan mengulas tentang Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu.

Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu

1. Tersedia kapan saja dan di mana saja

Berbeda dengan susu formula yang perlu di siapkan, ASI akan keluar dengan sendirinya saat bayi membutuhkannya. Jika ASI yang di hasilkan tidak banyak, ibu bisa mengonsumsi makanan pelembut ASI, seperti daun catnip.

2. Perkuat ikatan dengan anak-anak

Menyusui dapat menciptakan ikatan emosional antara ibu dan bayi. Hal ini di sebabkan adanya kontak langsung melalui kulit yang terjadi selama proses menyusui.

3. Mengurangi risiko diabetes

Ibu menyusui memiliki risiko diabetes yang lebih rendah. Hal ini karena setiap 24 jam sekitar 50 gram glukosa akan mengalir ke payudara untuk memproduksi ASI dan memiliki sekresi insulin yang lebih sedikit.

4. Mengurangi risiko kanker

Menyusui dapat mengurangi risiko kanker yang bisa di alami oleh ibu. Hal ini karena menyusui menyebabkan hormon ibu berubah dan menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Menstruasi yang terlambat dapat menurunkan hormon estrogen yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, selama menyusui, ia kehilangan jaringan payudara dan membantu menghilangkan sel-sel yang berpotensi menyebabkan kerusakan DNA penyebab kanker.

5. Mengurangi risiko depresi

Menyusui dapat membuat kesehatan mental ibu lebih stabil dan mengurangi risiko ibu mengalami depresi pascapersalinan atau baby blues. Menurut penelitian, risiko depresi menurun seiring bertambahnya jumlah minggu menyusui.

Itulah ulasan tentang Luar Biasa Manfaat Menyusui Bagi Ibu. Bagaimanapun, ASI adalah hal terbaik yang bisa di berikan kepada bayi. Jangan pernah menyerah untuk memberikan ASI eksklusif. Jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa menemui dokter untuk mendapatkan nasihat parenting yang tepat.

Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda semua bagi para orang tua dan calon orang tua. Jangan lupa share informasi di atas kepada saudara, keluarga ataupun teman Anda, agar memperoleh manfaat yang lebih banyak karena dapat berbagi ilmu.

Nantikan ulasan menarik lainnya dari kami selanjutnya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega 3

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Tanda tanda Dehidrasi pada Bayi

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

You May Also Like