Konektor daya PCIe 5.0 Memungkinkan Daya Hingga 600W

Bukan rahasia lagi bahwa kartu grafis terbaru dari AMD dan terutama Nvidia adalah monster yang haus daya, dan semua indikasinya adalah GPU generasi berikutnya akan lebih lapar. Dengan desas-desus bahwa kedua perusahaan ingin melipatgandakan kebutuhan daya kartu mereka untuk penawaran berikutnya, dan dengan PCI Express 5.0 menjulang di cakrawala, beberapa berita telah bocor tentang bagaimana kami akan dapat memberi daya pada GPU raksasa ini tanpa harus menjalankan tiga atau lebih dari kabel PCIe 4.0 saat ini ke kartu. Spesifikasi baru Intel untuk konektor daya PCIe 5.0 yang sangat berbeda dari konektor 8-pin saat ini, dan anehnya mirip dengan konektor 12-pin “kustom” Nvidia yang disertakan dengan kartu RTX 30-series Founder’s Edition.

Konektor daya PCIe Gen5 Daya Tinggi untuk GPU generasi berikutnya dalam gambar, hingga 600W - ID Atsit

Menurut spesifikasi terperinci yang diposting di Twitter oleh Momomo_US melalui Techpowerup, yang mereka catat berasal dari Panduan Desain ATX 3.0 Intel, dokumentasi menunjukkan konektor PCIe Gen 5 12VHPWR (12-Volt High Power) baru untuk kartu grafis generasi berikutnya. Tidak seperti konektor “bodoh” saat ini, kabel baru ini memiliki konfigurasi 16-pin, dengan 12-pin memasok daya dan empat “sideband” pin memungkinkan komunikasi antara catu daya dan kartu grafis untuk menentukan kebutuhan daya.

Berdasarkan komunikasi ini, yang dibuat melalui status sakelar biner, empat kabel perbedaan akan memungkinkan 150W, 300W, 450W, atau 600W pada puncaknya. Hal ini memungkinkan peningkatan daya total yang tersedia untuk GPU dibandingkan dengan PCIe Gen 4, yang menawarkan 150W per konektor 8-pin, dan 75W dari slot itu sendiri. Untuk beberapa GPU besar yang memerlukan tiga konektor 8-pin (total 450W), ditambah daya dari slot, Anda memiliki total 525W, jadi konektor baru ini memberi Anda total daya 75W lebih banyak tetapi dengan manfaat besar melakukan semuanya satu kabel bukannya tiga, yang merupakan masalah besar bagi kita yang sudah terganggu oleh sarang tikus kabel di dalam rig kita.

Kabel daya 12-pin PCI-Express Gen5 terlihat seperti NVIDIA's - ID Atsit

Bahkan dengan GPU generasi saat ini seperti RTX 3090 yang mendorong 350W, dan rumor bahwa versi Ti yang akan datang akan mencapai setidaknya 400W, kami sudah cukup dekat untuk mencapai batas standar saat ini, itulah sebabnya Nvidia menyertakan versi sekarang. -konektor 12-pin mutakhir untuk GPU-nya saat ini. Konektor itu membutuhkan dua kabel 8-pin, yang menawarkan daya total 375W, tetapi bahkan itu jelas tidak akan cukup untuk GPU yang akan datang, jika rumornya benar.

Menurut beberapa sumber, generasi berikutnya Nvidia dikabarkan sebagai GPU monster absolut, yang mungkin membutuhkan daya lebih dari 800W untuk model andalannya. Itu tampaknya tidak mungkin, namun kebocoran baru-baru ini menunjukkan Nvidia akan mengemas hampir dua kali lipat jumlah inti CUDA ke dalam AD102 yang akan datang, jadi akan menarik untuk melihat apakah kabel 600W tunggal ini cukup.

Panduan Desain ATX Versi 3.0 Mengungkapkan Detail Kabel Konektor PCIe 5.0, Input Daya Hingga 600W Untuk GPU Generasi Selanjutnya - ID Atsit

Tentu saja, untuk memanfaatkannya, Anda memerlukan konektor yang sesuai pada catu daya siap pakai PCIe 5.0 Anda, yang saat ini hanya ada sedikit. Gamer juga telah terbiasa hanya menggunakan catu daya 750W dan 800W untuk setiap generasi GPU di masa lalu, karena itu selalu cukup, tetapi itu mungkin tidak lagi terjadi ketika AMD RDNA3 dan Nvidia’s RTX 40-series tiba di musim gugur.

Diharapkan semua GPU baru ini akan menjadi kartu PCIe 5.0, jadi kita semua mungkin harus mempertimbangkan untuk meningkatkan PSU kita pada saat yang sama, seperti yang dicatat oleh spesifikasi desain Intel bahwa konektor enam dan delapan pin yang ada. Namun, seperti yang dicatat oleh Videocardz, itu tidak mengesampingkan penggunaan beberapa jenis adaptor.

You May Also Like