Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan – Bawang putih banyak di gunakan untuk bumbu masakan. Namun, tahukah Anda bahwa bawang putih telah di gunakan sebagai obat sejak peradaban kuno? Bawang putih di percaya memiliki kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Satu siung bawang putih mentah mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin C, selenium, mangan, vitamin B6, protein, flavonoid, oligosakarida, fosfor, zat besi dan kalsium.

Meskipun memiliki kandungan gizi yang tinggi, bawang putih memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Di perkirakan per 100 gram bawang putih mengandung 4 kalori.

Dikutip dari Medical News Report Hari ini, saat di hancurkan, dicincang atau di kunyah, bawang putih membentuk senyawa belerang. Senyawa belerang atau sulfur ini akan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan.

Kali ini kita akan mengulas tentang Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan. Lalu, manfaat apa yang bisa di tawarkan bawang putih setelah masuk ke dalam tubuh? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih di anggap efektif membunuh bakteri. Dapat mengurangi risiko pilek, batuk, dan peradangan

2. Mengontrol Tekanan Darah

Menurut penelitian, jika konsumsi bawang putih secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Padahal, bawang putih memiliki khasiat yang mirip dengan obat generik untuk hipertensi, yaitu atenolol.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke. Konsumsi bawang putih mentah secara teratur selama 90 hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 13%.

4. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang rutin makan bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Hal ini di sebabkan kandungan allicin dalam bawang putih.

5. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Efek gabungan bawang putih yang bersifat antioksidan dapat menjaga tekanan darah, menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti Alzheimer dan demensia.

6. Membantu Tubuh Mengeluarkan Logam Berat

Senyawa belerang dalam bawang putih dapat menghilangkan logam berat yang tersimpan di dalam tubuh. Dengan cara ini kerusakan organ akibat endapan logam berat dapat di tekan seminimal mungkin.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Konsumsi bawang putih secara rutin selama kurang lebih tiga bulan di nilai efektif menjaga kadar gula darah. Hal ini karena bawang putih dapat menurunkan fluktuasi kadar gula darah saat ingin makan.

Inilah ulasan tentang Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan. Sebenarnya, bawang putih aman di konsumsi selama Anda tidak memiliki alergi terhadapnya. Ingatlah bahwa Anda harus makan bawang putih dalam jumlah sedang. Jangan makan bawang putih terlalu banyak dalam satu waktu karena dapat menyebabkan sensasi terbakar.

You May Also Like