Keuntungan Konsumsi Kacang Hijau untuk Kesehatan

Keuntungan Konsumsi Kacang Hijau untuk Kesehatan – Apakah Anda memakan kecambah atau toge secara teratur? Toge adalah kecambah yang berasal dari biji kacang hijau. Kacang hijau adalah tanaman yang termasuk ke dalam famili Fabaceae atau kacang-kacangan. Tanaman ini memiliki umur panen yang cukup singkat yaitu sekitar 60 hari. Masa panen yang singkat tidak membatasi kandungan nutrisi kacang hijau.

Kacang hijau memiliki beragam nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, selenium dan magnesium. Selain itu, biji hijau ini juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti B1, B2, B3, C dan E. Menurut Greneers, kandungan proteinnya juga mencapai 24 persen dengan adanya asam amino esensial, seperti isoleusin, leusin, metionin, treonin. . dan triptofan

Kacang hijau juga bisa dibuat dalam berbagai jenis makanan, seperti bubur, isian pangsit, puree, isian pia bakar, campuran es krim dan lain sebagainya. Dengan berbagai prosesnya, Anda bisa memanfaatkan nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau tanpa takut bosan. Berikut ini adalah ulasan tentang Keuntungan Konsumsi Kacang Hijau untuk Kesahatan.

Keuntungan Konsumsi Kacang Hijau untuk Kesahatan

1. Meningkatkan Kesuburan dan Menjaga Kesehatan Janin

Menurut laporan dari Harvard Medical School, mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesuburan karena mengandung zat besi. Asam folat yang terkandung dalam kacang hijau juga bisa membuat perkembangan janin lebih optimal.

2. Mencegah Kanker

Kandungan oligosakarida dan polifenol dalam jumlah tinggi dalam kacang hijau dapat mencegah kanker. Selain itu, kacang hijau juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan mutasi sel yang berbahaya.

3. Menurunkan Kolesterol

Kacang padat dengan nutrisi dan rendah kalori. Selain itu, kacang hijau mengandung lemak tak jenuh dengan komposisi yang tinggi sehingga dapat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin.

4. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung potasium, magnesium dan serat yang berguna untuk menjaga tekanan darah.

5. Mencegah Serangan Stroke

Di beberapa daerah, kacang hijau sering disajikan sebagai sup atau minuman dengan es krim dan dimakan saat cuaca panas. Kacang hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah serangan panas dan menjaga suhu tubuh tetap terkendali.

6. Melancarkan  Pencernaan

Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, biji hijau ini mengandung pektin yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Kandungan pati resisten dalam kacang hijau juga bisa memberi makan bakteri baik di usus.

Itulah ulasan tentang Keuntungan Konsumsi Kacang Hijau untuk Kesahatan. Meski kandungan gizi kacang hijau cukup beragam dan bervariasi, Anda tetap perlu menyeimbangkan pola makan Anda dengan konsumsi makanan sehat lainnya. Konsumsi kacang hijau yang berlebihan dapat menyebabkan gas menumpuk di perut yang menyebabkan Anda kembung.

You May Also Like