Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS

Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS – Sistem operasi pengganti Android milik Huawei, HarmonyOS akan bisa segera dinikmati oleh pengguna di Indonesia. Diperkirakan waktunya bertahap hingga enam bulan ke depan.

Masyarakat Indonesia sebenarnya sudah bisa menggunakan HarmonyOS pada Matepad 11. Produk itu jadi yang pertama dengan HarmonyOS dan telah diluncurkan di tanah air beberapa waktu lalu.

“Sebetulnya kita sudah mengeluarkan HarmonyOS langsung di perangkat terbaru kita Matpead 11 di Indonesia yang baru kita launching dua bulan lalu,” kata Developer Support Manager Huawei Device Indonesia, Steven Pongidin dalam sesi QnA Huawei Developer Day Indonesia, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya hal ini untuk mengetes beberapa hal seperti performa dan animo publik soal sistem operasi itu.

“Dalam akhir tahun ini atau awal tahun depan, dari pengguna sudah bisa menikmati harmony OS di smartphone,” ungkapnya.Setelahnya maka akan dilanjutkan secara bertahap ke perangkat yang sudah ada di Indonesia. Untuk smartphone terbaru diharapkan dalam enam bulan mulai roll out perlahan.

Saat ditanya apakah ponsel lama Huawei apakah akan bisa mencicipi HarmonyOS, Steven mengatakan harus dilihat berapa lama rilis perangkat itu. Pihak Huawei juga akan melakukan analisis misalnya dari jumlah penggunanya.

Di Indonesia sendiri, perusahaan itu bermain di pasar premium. Ponsel lama terutama flagship akan bisa diupdate ke HarmonyOS. Selain itu untuk ponsel baru dipastikan akan pindah ke HarmonyOS adalah Mate 40 pro dan Seri P 40.

“Kalau perangkat lama, Huawei akan melakukan analisa, seberapa besar jumlah pengguna untuk ponsel lama ini. Perlu melihat apakah update yang kita rollout akan bisa mencapai user sebanyak mungkin. Memastikan dari sisi pengguna sebanyak mungkin bisa menikmati HarmonyOS secepatnya,” jelas Steven.

Apa Itu Harmony OS?

Harmony OS adalah sistem operasi buatan Huawei yang digunakan untuk berbagai perangkat pintar, seperti Smart TV, Wearable Device (jam tangan pintar/smart watch), sistem entertainment pada mobil, serta beragam perangkat IoT (Internet of Things).

Yang terbaru, Harmony OS kini juga tersedia untuk perangkat smartphone dan juga tablet Huawei.

 

Seperti yang kita tahu, mulai sejak pertengahan 2019, perusahaan teknologi raksasa asal China, yaitu Huawei, sudah tidak bisa lagi menggunakan produk-produk buatan Google.

Apa alasannya?

Hal ini dikarenakan Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) telah memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (Entity List) sebagai perusahaan yang diblokir dan terkena sanksi.

Akibatnya, perusahaan yang berasal dari AS dilarang untuk bekerja sama dengan Huawei tanpa terlebih dahulu mendapatkan lisensi dari pemerintah.

Hal ini berimbas pada diblokirnya perangkat Huawei untuk mengakses layanan Google. Perangkat-perangkat Huawei yang dirilis setelah Mei 2019 tidak bisa lagi mendapat dukungan dari Google.

Aplikasi dan layanan Google sudah tidak tersedia lagi di perangkat Huawei, baik itu pre-load maupun side-load karena adanya pembatasan dari pemerintah AS. Tidak ada aplikasi Google Play Store, YouTube, Chrome, maupun semua produk-produk Google yang lain di perangkat Huawei terbaru.

Itulah yang menjadi alasan kenapa Huawei kini beralih ke Harmony OS sebagai sistem operasi andalan utama pada produk mereka, untuk menggantikan Android.

Walau demikian, Harmony OS masih tetap kompatibel dan bisa menginstall aplikasi-aplikasi Android seperti biasanya secara langsung ataupun dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. berikut Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS

Kelebihan Harmony OS

Harmony OS adalah sistem operasi multi-kernel yang dirancang agar dapat dijalankan di berbagai macam perangkat digital.

Walaupun Harmony OS dikembangkan sebagai alternatif pengganti Android, akan tetapi Harmony OS juga memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi Android.

Berikut ini beberapa keunggulan dari Harmony OS:

Bisa Menjalankan Aplikasi Android

Harmony OS mengadopsi sistem Android ke dalam ekosistem mereka. Sehingga OS ini mampu menginstall dan menjalankan file Android dengan format APK.

Untuk menggantikan Google Play Services yang berisi produk-produk Google, Huawei mengembangkan aplikasi mereka sendiri dengan nama Huawei Mobile Services.

Pengguna Harmony OS bisa menginstall berbagai macam aplikasi Android melalui AppGallery. Mayoritas aplikasi yang populer sudah tersedia di sini.

Aplikasi media sosial atau toko online: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll umumnya sudah tersedia di sini.

Jika aplikasi yang dicari belum tersedia, Huawei menyediakan opsi lain. Pengguna bisa mencarinya melalui aplikasi Petal Search. Dengan aplikasi ini, kita bisa mencari berbagi file .apk Android dari berbagai sumber.

Multi Window

Salah satu fitur menarik Harmony OS 2 untuk pengguna smartphone dan tablet Huawei adalah Multi-Window. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka 2 jendela aplikasi atau lebih secara bersandingan.

Jendela aplikasi yang terbuka juga bisa kita lock agar tetap berada di posisi yang kita inginkan.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking. Misalnya di window kiri untuk mencatat atau bekerja, sedangkan di window yang lain bisa digunakan untuk menonton YouTube atau membaca referensi.

Kirim File Antar Perangkat Tinggal Drag & Drop via Huawei Share

Ini dia salah satu keunggulan dari Harmony OS. Pengguna bisa mentrasfer file dengan sangat mudah hanya dengan drag & drop.

Misalnya kita ingin transfer file dari smartphone atau tablet ke laptop, maka tinggal kita tarik dan seret saja file-nya. Begitu pun sebaliknya.

Kirim file, foto, video, bahkan juga menyalin teks antar perangkat bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan secara realtime!

Sharing Layar Monitor (Multi-Screen dan Mirroring)

Ini dia yang juga menjadi keunggulan dari Harmony OS. Kita bisa menghubungkan device Huawei ke laptop atau PC Desktop untuk berbagi tampilan layar.

Ada tiga mode utama yang bisa dipilih, yaitu: Mirror mode, Extend mode, dan Collaborate mode.

Untuk Mirror mode, kita bisa menjadikan tablet Huawei sebagai layar kedua. Kerennya lagi, fungsi pen stylus juga bisa digunakan untuk menggambar digital. Mirip seperti perangkat pen display.

Fitur ini tentunya akan menjadi favorit para editor, desainer grafis, ataupun illustrator digital.

Untuk Extend mode, pengguna bisa menjadikan tablet Huawei MatePad Pro sebagai layar kedua untuk menampilkan aplikasi. Misalnya ketika kita ingin meeting dan melakukan video call, maka aplikasi di laptop bisa kita tampilkan di layar tablet. Jadi kita bisa mengerjakan hal lain di perangkat yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS - extend-mode-screen-display-harmony-os

Sedangkan untuk collaborate mode adalah seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Kita bisa berbagi file antara tablet ke laptop ataupun sebaliknya dengan mudah tinggal drag & drop saja.

Nah, itulah beberapa fitur unggulan dari Harmony OS yang menjadi pengganti Android di perangkat Huawei.

Kekurangan Harmony OS

Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS huawei-mobile-services

Kekurangan dari Harmonys OS adalah tidak adanya dukungan aplikasi dan layanan Google. Ini gara-gara adanya sanksi blacklist dari Departemen Perdagangan Amerika Serika kepada Huawei.

Harmony OS memang bisa menjalankan beragam aplikasi Android. Tetapi tidak untuk aplikasi yang berhubungan dengan layanan Google.

Kita tidak akan menemukan aplikasi populer Google di sini. Seperti YouTube, Google Chrome, Google Maps, Gmail, Google Drive, Google Play Store, dll itu tidak tersedia di perangkat Huawei.

Berlaku juga untuk aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke Google Services untuk login.

Jadi mau tidak mau, untuk bisa mengakses layanan Google, kita tidak bisa menggunakan aplikasinya secara langsung. Alternatifnya adalah dengan mengaksesnya secara manual melalui web browser (PWA – Progressive Web App).

Sebagai gantinya, Huawei membuat aplikasi mereka sendiri untuk berjalan di ekosistem Harmonys OS. Yaitu melalui Huawei Mobile Services (HMS), yang di dalamnya terdiri dari beberapa aplikasi default, seperti:

  • AppGallery
  • Petal Search
  • Petal Maps
  • Huawei Browser
  • Huawei Music
  • Huawei Video
  • Huawei ID
  • Huawei Mobile Cloud
  • Huawei Wallet
  • Huawei AI Life
  • Huawei Health
  • Huawei Themes
  • Huawei Assitant
  • Huawei Books
  • Huawei Member Center
  • Dan lain-lain

Semua aplikasi default ini sudah terinstall pada Harmony OS sebagai aplikasi bawaan pengganti produk-produk Google di Harmony OS.

Demikian Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS menjadi referensi kalian.

You May Also Like