Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12

[e-pub.id] Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12 – Android 12 telah dirilis oleh Google pada Oktober 2021. Pembaruan ini merupakan salah satu update terbesar selama beberapa tahun ke belakang dan memanjakan pengguna dengan banyak fitur baru.

Selain fitur-fitur anyar, desain dari sistem operasi ini juga mengalami banyak perubahan yang signifikan dibandingkan Android 11 dan versi sebelumnya. Tampilannya kini lebih segar bersama dengan animasi yang lebih mulus.

Awalnya Android 12 ini hanya tersedia untuk ponsel Pixel dari Google. Namun, perlahan-lahan merek smartphone Android lainnya telah mendapat versi Android terbaru ini.

Daftar Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12

Ada banyak sekali pembaruan dari Android 12 yang membuatnya lebih unggul dibanding versi sebelumnya. Berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan yang menarik untuk disimak:

1. Material You

article

Salah satu perubahan terbesar dari Android 12 adalah desainnya. Desainnya yang kini disebut sebagai Material You. Desain ini pun tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, namun akan terlihat di berbagai layanan Google lainnya.

Desain baru ini fokus terhadap warna dan kustomisasi yang memungkinkan kamu untuk memilih warna, kontras, ukuran elemen, lebar garis, dan sebagainya sesuai dengan keinginan kamu.

2. Tema Dinamis Berdasarkan Wallpaper

article

Pada dasarnya, OS akan mengambil warna dari wallpaper yang kamu sedang pakai dan menggunakannya untuk tema sistem. Warna ini diterapkan pada seluruh elemen seperti lockscreen, panel notifikasi, widget, dan bahkan aplikasi.

OS ini cenderung memakai warna yang muda dan pastel. Jika kamu tidak puas dengan warna yang dipilih oleh sistem, kamu juga dapat mengatur dan memilih warna yang kamu ingin pakai.

3. Desain Widget Baru

article

Pemilihan widget telah dirombak untuk memberikannya penampilan baru yang lebih enak dilihat. Widget baru dari Android 12 juga akan menyesuaikan warnanya sejalan dengan tema Material You.

Widget juga telah diberikan beberapa API baru untuk meningkatkan performanya, dan membantu para developer untuk memperbarui tampilan dan fungsinya. Kamu juga bisa mempersonalisasi widget yang kamu pakai agar terlihat lebih cocok di home screen.

4. Quick Settings

article

Panel Quick Settings juga telah dirombak oleh Android 12. Tombol-tombol yang kecil sekarang diganti oleh tombol persegi panjang yang lebih besar dengan sudut membulat.

Perubahan ini dilakukan untuk membuatnya lebih besar, lebih mudah dibaca, dan dapat menampung lebih banyak informasi.

5. Scrolling Screenshots

article

Zaman sekarang, mengambil screenshot satu layar terkadang tidak cukup. Pengguna seringkali perlu men-screenshot beberapa layar, alhasil menimbulkan banyak gambar di galeri.

Dengan Android 12, kamu tidak perlu lagi mengambil screenshot banyak-banyak untuk menyimpan daftar yang panjang. Saat menangkap, klik saja tombol Capture More untuk menangkap layar bergulir.

6. Peningkatan Auto-Rotate

article

Selama bertahun-tahun, auto-rotate ditentukan oleh sensor akselerometer ponsel. Sehingga, jika kamu memutar handphone, layarnya akan melakukan hal yang sama untuk menyesuaikan pandanganmu.

Android 12 kini memperkenalkan auto-rotate dengan deteksi wajah. Jadi, layar HP kamu akan mendeteksi wajah kamu dan berputar jika orientasi muka kamu berubah. Dengan demikian, layar tidak akan berputar jika kamu sedang berbaring miring.

7. Wi-Fi Sharing

article

Terkadang saat teman berkunjung ke rumahmu dan meminta kata sandi WiFi, kamu lupa kata sandinya.

Kini di Android 12, kamu bisa menggunakan fitur Nearby Share untuk mengirim kata sandi Wifi kamu secara otomatis ke ponsel orang lain. Kamu juga bisa membagikannya ke beberapa orang sekaligus.

8. One-handed Mode

article

Google telah menambahkan fitur one-handed mode atau mode satu tangan ke Android 12. Seperti namanya, fitur ini memudahkan kamu untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan saja.

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengaktifkannya di Settings ==> System ==> Gestures dan aktifkan one-handed mode. Setelah itu, kamu tinggal swipe bagian tepi bawah layar ke bawah dan layar akan menyusut menjadi setengah.

9. Cara Baru Aktifkan Google Assistant

article

Sebelumnya, kamu perlu mengungkapkan “Ok, Google” untuk menyalakan Google Assistant.

Dengan Android 12, kini kamu bisa menekan tombol power dengan lama untuk meluncurkan Google Assistant.

10. Quick Tap

article

Seperti fitur Back Tap dari iOS, Google telah memperkenalkan fitur Quick Tap untuk Android 12. Dengan mengetuk bagian belakang ponsel dua kali, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti membuka aplikasi tertentu, screenshot, membuka Google Assistant, dan lain-lain.

Kamu bisa mengaksesnya di Settings ==> System ==> Gestures. Google juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan sensitivitas ketukan yang diperlukan untuk mengaktifkan fitur ini.

11. Privacy Dashboard

Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12

Pada Android 12, ada dasbor privasi baru di mana kamu bisa melihat izin akses dari masing-masing aplikasi dan seberapa sering aplikasi tersebut menggunakannya.

Dengan fitur ini, kamu bisa memantau dan mencabut izin akses dari dasbor privasi ini. Dalam membagikan lokasi, kamu juga bisa memilih untuk membagikan perkiraan lokasi atau lokasi yang paling tepat dengan aplikasi tertentu.

12. Indikator Mikrofon dan Kamera

Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12

Berhubung dengan privasi, banyak dari aplikasi kita yang membutuhkan izin untuk mengakses mikrofon atau kamera.

Dengan Android 12, sekarang ada indikator mikrofon atau kamera yang akan muncul di bagian kanan atas jika ada aplikasi yang sedang menggunakan atau menyalakannya. Ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk memberi tahu apakah mikrofon atau kamera sedang aktif.

Itulah Toppers, fitur-fitur dan kelebihan dari Android 12 yang membuatnya lebih canggih dan menarik daripada generasi sebelumnya. Dengan teknologi baru tersebut, pengalamanmu dengan HP Android tentu akan menjadi lebih memuaskan.

Itulah beberapa Kelebihan dan Fitur Unggulan Android 12

You May Also Like