Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas

Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas – Halo sobat e-pub, Masalah kelebihan berat badan atau obesitas merupakan ancaman nyata bagi kesehatan. Kondisi ini tidak hanya mengancam orang dewasa tetapi juga anak-anak, bahkan pada usia dini.

Orang gemuk lebih mungkin mengalami masalah kesehatan lain seperti kecemasan atau depresi daripada anak-anak lain. Selanjutnya, risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan asma juga meningkat ketika anak mengalami obesitas.

Biasanya masalah ini muncul karena gaya hidup yang tidak tepat berupa pola makan, kurang olahraga atau faktor genetik. Berikut adalah enam penyebab umum obesitas pada masa kanak-kanak, lapor The Health Site:

Menurut WHO, membatasi porsi anak dapat membantu mengurangi risiko obesitas. Hal ini terjadi karena seseorang biasanya cenderung makan lebih dari yang dibutuhkan ketika porsi makanan yang disajikan cukup besar.

Kali ini kita akan mengulas tentang Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas.

Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas

1. Konsumsi Makanan Olahan

Konsumsi makanan dan minuman manis dan olahan seperti jus buah kemasan, susu coklat, saus, roti, keju, dll dapat menjadi penyebab obesitas pada anak. Makanan dan minuman yang berbeda ini mengandung banyak kalori tanpa nilai gizi, oleh karena itu harus dihindari.

2. Kurangnya Lemak Sehat

Makan makanan yang mengandung lemak sehat dapat mengurangi risiko Anda menjadi gemuk. Hal ini terjadi karena makanan seperti alpukat, yogurt, minyak kelapa, dll merupakan makanan kompleks yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh.

3. Kurang Bergerak

Obesitas tidak terjadi secara langsung tetapi terjadi secara bertahap. Ketika seorang anak tidak banyak bergerak, energi dalam tubuhnya tidak seimbang karena kalori tidak dapat dibakar. Akumulasi kalori dalam tubuh inilah yang menyebabkan obesitas.

4. Stres

Terpisah dari orang tua saat kecil dapat menyebabkan masalah kecemasan dan stres pada anak. Perasaan ini kemudian mendorong anak untuk makan lebih banyak agar tetap tenang yang akhirnya berujung pada obesitas.

5. Masalah Hormonal

Ketika hormon anak tidak seimbang, masalah obesitas ini bisa terjadi. Perubahan atau masalah pada hormon pencernaan dapat mempengaruhi sinyal ke tubuh bahwa Anda sudah kenyang. Hal ini dapat menyebabkan anak makan berlebihan dan akhirnya menjadi gemuk.

Demikianlah ulasan tentang Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas. Waspadalah dengan hal ini karena dapat sebagai pemicu obesitas pada anak. Menerapkan pola hidup dan pola makan yang benar sejak dini merupakan upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah anaknya menderita masalah obesitas.

You May Also Like