Inilah Manfaat Omega 3 Selain untuk Kesehatan Otak

Inilah Manfaat Omega 3 Selain untuk Kesehatan Otak – Halo sobat e-pub, Selain protein, karbohidrat, serat, kalori, cairan dan vitamin, salah satu zat lain yang di butuhkan tubuh adalah lemak. Laporan dari Medical News Hari ini, lemak dibagi menjadi 4 jenis, yaitu asam lemak, lipid, minyak, lemak hewani dan lemak nabati. Secara umum, lemak merupakan zat yang banyak mengandung energi setara dengan 9 kalori per gram.

Lemak sering di samakan dengan kandungan gorengan yang tidak sehat bagi tubuh. Namun tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah asam lemak omega 3.

Ada tiga jenis asam lemak omega 3: asam alfa-linolenat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). ALA di temukan dalam lemak nabati seperti biji chia dan kacang-kacangan. Sedangkan EPA dan DHA banyak terdapat pada ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring dan sarden.

Omega 3 umumnya di temukan dalam vitamin anak-anak. Ini karena omega 3 membantu mengembangkan fungsi dan kesehatan otak. Menurut Healthline, berikut 6 manfaat omega 3 lainnya yang baik untuk tubuh:

Kali ini kita akan mengulas tentang Inilah Manfaat Omega 3 Selain untuk Kesehatan Otak.

Inilah Manfaat Omega 3 Selain untuk Kesehatan Otak

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Salah satu jenis omega 3, yaitu DHA, merupakan komponen penting dari retina mata. Karena kekurangan DHA, risiko penglihatan memburuk. Sebaliknya, jika asupan omega 3 di patuhi, dapat mencegah risiko degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kerusakan mata permanen hingga kebutaan.

2. Membantu Melawan Gangguan Kecemasan dan Depresi

Depresi adalah salah satu jenis gangguan mental yang paling umum di alami. Gejalanya meliputi kesedihan dan tidak ada keinginan untuk hidup. Sedangkan gangguan kecemasan atau anxiety di tandai dengan rasa khawatir yang berlebihan secara terus menerus.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi omega 3, terutama jenis EPA, cenderung tidak mengalami depresi, sedangkan mereka yang mengalami kondisi tersebut akan menjadi lebih baik.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penelitian yang telah di lakukan menemukan bahwa orang yang sering makan ikan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Bagi sebagian orang, omega 3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun, tidak ada bukti kuat bahwa omega 3 dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

4. Mengurangi Risiko ADHD pada Anak-anak

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang ditandai dengan hiperaktif, impulsif, dan kurangnya perhatian. Penelitian telah menemukan bahwa anak-anak dengan ADHD memiliki kadar omega 3 yang rendah dalam darah mereka. Selain itu, suplemen minyak ikan yang mengandung omega 3 di katakan sebagai pengobatan yang menjanjikan untuk ADHD.

5. Mengatasi Peradangan

Peradangan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit serius. Omega 3s dapat mengurangi produksi zat dan molekul yang menyebabkan peradangan. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa omega 3 yang tinggi di kaitkan dengan pengurangan peradangan.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Salah satu jenis omega 3, yaitu DHA, merupakan komponen struktural utama kulit. DHA bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel yang membentuk kulit. Membran sel yang sehat akan menghasilkan kulit yang lembut, terhidrasi, kenyal dan bebas kerutan. EPA dalam omega 3 juga membantu melindungi dari sinar UV yang merusak kolagen di kulit.

Demikianlah ulasan tentang Inilah Manfaat Omega 3 Selain untuk Kesehatan Otak. Meski demikian, ada beberapa efek samping dari penggunaan omega 3 seperti bau mulut, diare, sakit maag, keringat bau dan mual. Konsultasikan dengan dokter jika Anda khawatir dengan dosis konsumsi omega 3.

Baca Juga :

Inilah Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Headphone

Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak menjadi Obesitas

Makanan Tepat Untuk Anak yang Baru Mengkonsumsi Makanan Padat

You May Also Like