Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan – Halo sobat e-pub, Donor darah adalah proses pengambilan darah secara sukarela dari tubuh seseorang. Tujuannya adalah untuk mendonorkan darahnya kepada orang lain yang membutuhkan. Pada seorang pendonor, pendonor akan mendonorkan darahnya kurang lebih 350 ml.

Komponen penting bagi tubuh manusia adalah darah. Tanpa darah, zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh tidak dapat terdistribusi dengan baik dan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Mungkin sebagian dari Anda menganggap bisnis donor darah ini menakutkan. Namun, kenyataannya tidak demikian. Menurut laporan Palang Merah Indonesia (PMI), ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia setiap delapan detik.

Dengan mendonorkan darah, Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Kali ini kita akan membahas tentang berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mendonorkan darah.

Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

1. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Saat Anda mendonorkan darah, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang menanyakan kondisi kesehatan Anda. Selain itu, berat badan, kadar hemoglobin, tekanan darah dan nadi akan di periksa langsung oleh petugas PMI. Jika penyakit berbahaya terdeteksi dalam darah, petugas akan menghubungi Anda.

2. Membakar Kalori

Dengan mendonorkan darah, Anda bisa membakar hingga 650 kalori. Oleh karena itu, donor darah dapat membantu menjaga berat badan ideal. Namun, jangan jadikan donor darah sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hal ini karena darah dalam tubuh bisa menjadi kental dan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit jantung.

4. Mengurangi Kadar Zat Besi

Donor darah dapat menurunkan kadar zat besi dalam tubuh. Kelebihan zat besi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke, penuaan dini dan hepatitis C.

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Dengan mendonorkan darah secara teratur, sumsum tulang Anda akan membuat sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang disumbangkan. Dengan cara ini, produksi sel darah akan meningkat dan menyebabkan aliran darah menjadi teratur.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya mengalami penurunan tekanan darah secara bertahap. Tekanan darah yang normal akan menghindarkan Anda dari serangan jantung dan stroke.

7. Menyelamatkan Hidup Seseorang

Mendonorkan darah berarti Anda sudah bisa membantu orang yang sangat membutuhkan. Membantu orang lain dapat menjaga kondisi psikologis kita, karena akan menimbulkan rasa bangga dan bermanfaat bagi orang lain.

Demikianlah ulasan tentang Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan. Dengan mendonorkan darah Anda, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Pastikan memenuhi persyaratan yang tertera di website PMI. Donor darah bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali

Baca Juga :

Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bahaya Menyusui Anak ketika Sedang Menangis

Deretan Buah yang Membantu Kesehatan Ginjal

You May Also Like