Inilah Kebiasaan Sehat yang dapat Menyebabkan Masalah Perut

E-Pub.id – Kesehatan lambung dan sistem pencernaan merupakan salah satu hal yang sangat perlu kita perhatikan. Adanya masalah pada perut seperti sembelit, diare atau kembung dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Sejumlah kondisi tidak menyenangkan yang terjadi di perut juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pencernaan. Beberapa hal yang terjadi bisa disebabkan oleh makanan yang Anda makan dan gaya hidup yang Anda miliki

Masalah perut ini juga bisa berdampak langsung pada kondisi tinja yang keluar. Karena itu, makanan yang Anda makan bisa berdampak besar.

Uniknya, sejumlah kebiasaan yang sering kita anggap sehat ternyata bisa menyebabkan masalah pada perut. Berikut akan kita bahas Inilah Kebiasaan Sehat yang dapat Menyebabkan Masalah Perut

Inilah Kebiasaan Sehat yang dapat Menyebabkan Masalah Perut

1. Makan Terlalu Banyak Protein

Penelitian mengatakan sembelit bisa terjadi karena terlalu banyak protein. Menurut Mayo Clinic, diet tinggi protein secara khusus dapat membatasi asupan karbohidrat, dan kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit.

2. Bangun Lebih Awal dari Biasanya

Tanpa disadari, hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi perut dan pencernaan Anda untuk bangun lebih awal dari biasanya. Perubahan waktu internal tubuh berupa gangguan tidur dapat menyebabkan masalah pencernaan, terutama berupa masalah buang air besar. Untuk menghindari masalah ini, biasakan untuk bangun pagi agar tidak terjadi perubahan mendadak pada waktu tidur Anda.

3. Minum Probiotik

Dikatakan bahwa sejumlah produk probiotik tidak diproduksi dengan benar, menyebabkan gangguan pencernaan. Sejumlah produk probiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan diare dan sejumlah masalah lain seperti mual dan kembung.

4. Konsumsi Vitamin

Banyak suplemen dan vitamin dapat menyebabkan sembelit dan diare. Sejumlah suplemen, terutama yang mengandung zat besi, bisa menyebabkan sembelit. Sedangkan suplemen yang mengandung magnesium dapat menyebabkan diare.

5. Lari jarak Jauh

Lari merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh. Namun ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah perut berupa dorongan tiba-tiba untuk buang air besar. Kondisi otot perut yang aktif menjadi penyebab tiba-tiba ingin buang air besar.

6. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Serat

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak serat, pencernaan Anda bisa menjadi terlalu aktif, yang dapat memengaruhi keinginan Anda untuk buang air besar. Pastikan Anda mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup untuk mencegah masalah ini dan menuai manfaat kesehatannya.

Demikianlah ulasan tentang Inilah Kebiasaan Sehat yang dapat Menyebabkan Masalah Perut. Meski sehat, sejumlah hal sehat yang Anda lakukan ternyata bisa menyebabkan masalah perut dan pencernaan. Untuk mencegahnya, pastikan Anda mengonsumsinya secara tidak berlebihan.

You May Also Like