Inilah Fungsi Omega Bagi Kesehatan, Nomer 5 Luar Biasa

Inilah Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan, Nomer 5 Luar Biasa – Hai sobat e-pub, Fungsi omega 3 mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh manusia ketika rutin mengkonsumsinya. Omega 3 banyak terdapat pada minyak ikan yang dapat menjadi suplemen kesehatan yang bergizi jika di cerna oleh tubuh. 

Omega 3 merupakan asam lemak esensial atau asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengontrol tubuh agar terbebas dari pusing, mual dan kolesterol. Di sisi lain, omega 3 juga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak yang dapat menjaga fungsi dan perkembangan saraf. Umumnya, makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, tuna, sarden dan tiram mengandung sekitar 1 gram asam lemak tak jenuh ganda dalam setiap 100 gramnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan merekomendasikan mengonsumsi 250 hingga 300 mg untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang tertarik untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 setiap hari, maka terkadang sudah saatnya untuk memahami manfaatnya. Di rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang Inilah Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan, Nomer 5 Luar Biasa.

Inilah Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan, Nomer 5 Luar Biasa

1. Menjaga perkembangan otak

Salah satu fungsi omega 3 adalah untuk menjaga perkembangan otak. Di ketahui bahwa otak adalah salah satu pusat yang bertanggung jawab atas semua pengaturan tubuh dan pemikiran manusia. Di ketahui bahwa nutrisi yang di temukan dalam omega 3 menjaga perkembangan otak. Ini juga mempertahankan fungsi hormon aktif seperti dopamin dan serotonin, yang bertanggung jawab untuk pencegahan berbagai penyakit otak seperti skizofrenia, Alzheimer dan demensia.

Omega 3 sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh orang tua karena dapat meningkatkan manfaat suplemen vitamin B karena rentan terhadap demensia dan kehilangan memori. Dengan menggunakan omega 3, seseorang yang sudah lanjut usia akan terbebas dari penyakit alzheimer atau demensia.

2. Sangat Baik untuk Pertumbuhan Anal

Fungsi omega 3 selanjutnya adalah merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan manusia (HGH) atau bisa di sebut hormon pertumbuhan. Kandungan antioksidan dalam asam lemak omega 3 sangat baik di gunakan untuk regenerasi sel-sel tubuh dan melindungi dari kerusakan.

Sebuah penelitian di British Journal of Nutrition pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 8 dari 10 anak Indonesia tidak memiliki omega 3, padahal sangat penting untuk pertumbuhan mereka. Kandungan omega 3 juga di percaya mampu menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

3. Mengurangi risiko kanker payudara

adalah fungsi lain dari omega 3. Hal ini karena kandungan asam lemak dalam omega 3 dapat mengurangi kekuatan estrogen untuk menjaga jaringan payudara.

Asam lemak dalam omega 3 juga akan menjadi elemen penting untuk menggantikan sel payudara yang dapat di rusak oleh sel kanker yang meradang. Padahal, bagi yang pernah mengidap kanker payudara, asam lemak omega 3 bisa di jadikan alternatif untuk melawan kanker

4. Menguatkan tulang dan otot

Fungsi lain dari omega 3 adalah untuk membuat tulang dan otot yang kuat pada manusia. Hal ini di tunjukkan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita berusia 65 tahun dengan asam lemak omega 3 dan di dukung dengan olahraga akan memiliki otot dua kali lebih kuat di bandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Di katakan bahwa konsumsi minyak ikan memiliki kepadatan mineral tulang (BMD) atau kepadatan tulang yang lebih tinggi. Bagi Anda yang berprofesi sebagai binaragawan, konsumsi omega 3 sangat penting untuk memperkuat kaki dan otot serta mampu menahan aktivitas berat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak penelitian menunjukkan bahwa omega 3 memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung. Sekitar 24 persen orang yang mengonsumsi minyak ikan kaya omega-3 tidak akan mengalami penyakit jantung, menurut sebuah penelitian di Circulation.

Ahli jantung di GESICA Foundation, Buenos Aires, dr. Alejandro Macchia, yang memimpin penelitian, mengatakan minyak ikan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak ikan mengandung nutrisi yang dapatmelancarkan peredaran darah secara teratur untuk menghindari serangan jantung.

6. Tidak Mudah Stres

Studi lain menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi omega 3 secara teratur akan terbebas dari masalah stres, kecemasan, dan depresi. Ini adalah saat kebutuhan omega 3 dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

Seseorang yang terpenuhi kebutuhan omega 3-nya juga akan mendapatkan perasaan lebih tenang dan terhindar dari stres dan depresi. Itulah 6 fungsi omega 3 bagi kesehatan tubuh Anda.

Itulah ulasan tentang Inilah Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan, Nomer 3 Luar Biasa. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat yang salah satunya mengandung omega 3 untuk membersihkan tubuh dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Makanan Tepat untuk Anak yang Baru Mengkonsumsi Makanan Padat

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas

Inilah BahayanyaTerlalu Sering Menggunakan Headphone

You May Also Like