Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak – Halo sobat e-pub, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. ASI mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Keberadaan susu formula tidak bisa menggantikan ASI. Hal ini karena susu formula tidak memiliki efektivitas melindungi bayi dari penyakit atau memberikan manfaat bagi ibu. Pemerintah juga menekankan pentingnya pemberian ASI melalui program ASI Eksklusif

Program menyusui dengan ASI eksklusif mendorong para ibu untuk memberikan ASI sejak lahir hingga usia enam bulan. Kemudian lanjutkan sampai usia dua tahun dengan menambahkan makanan tambahan yang sesuai.

Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

ASI memiliki semua nutrisi yang di butuhkan bayi. Komposisi nutrisi juga bisa berubah seiring bertambahnya bulan dan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Hari pertama setelah melahirkan ibu akan mengeluarkan kolostrum.

Kolostrum tinggi protein dan rendah gula. Setelah beberapa hari, ibu akan memproduksi ASI yang cukup seiring dengan berkembangnya kapasitas lambung bayi. Kali ini kita akan mengulas tetang Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak

1. Nutrisi terbaik untuk bayi

ASI memiliki semua nutrisi yang di butuhkan bayi. Komposisi nutrisi juga bisa berubah seiring bertambahnya bulan dan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Hari pertama setelah melahirkan ibu akan mengeluarkan kolostrum.

Kolostrum tinggi protein dan rendah gula. Setelah beberapa hari, ibu akan memproduksi ASI yang cukup seiring dengan berkembangnya kapasitas lambung bayi.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

ASI mengandung antibodi yang dapat membantu bayi melawan virus dan bakteri. Kolostrum menghasilkan imunoglobulin A (IgA) tingkat tinggi. IgA melindungi bayi dari penyakit dengan membentuk lapisan pelindung pada hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan bayi.

3. Mudah dicerna

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi. Itu membuat ASI lebih mudah di cerna bayi. Dengan cara ini, bayi yang mengonsumsi ASI akan memiliki risiko muntah dan diare yang lebih rendah.

4. Mengurangi risiko obesitas

Menurut penelitian, bayi yang mengonsumsi ASI memiliki risiko obesitas 22% lebih rendah di bandingkan bayi yang mengonsumsi susu formula. Ini karena ASI mengandung lebih sedikit insulin di bandingkan susu formula.

5. Membantu perkembangan otak

ASI mengandung asam lemak yang baik untuk perkembangan otak bayi. Asam lemak juga membantu dalam pembentukan sel-sel tubuh anak-anak.

Demikianlah ulasan tentang Inilah Deretan Manfaat ASI Bagi Anak. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan serta pegetahuan bagi para orang tua dan para calon orang tua.

Jangan lupa untuk share informasi di atas kepada keluarga, saudara, sahabat atau ke teman Anda. semoga bermanfaat dan terima kasih. Nantikan ulasan menarik lainnya dari kami.

Baca Juga :

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omeg 3

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Tanda tanda Dehigrasi pada Bayi

You May Also Like