Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin

Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin

Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin – Halo sobat e-pub, Bersin merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia. Pada dasarnya bersin merupakan cara alami tubuh untuk menghilangkan iritasi seperti bakteri, debu atau serbuk sari dari hidung dan tenggorokan.

Saat seseorang bersin, ledakan yang keluar bisa sangat keras bahkan keras. Namun demikian, bersin ini mungkin tidak terlalu kuat, tetapi itu terjadi beberapa kali berturut-turut.

Ketika seseorang bersin, virus, kuman, dan bakteri juga dapat keluar dari tubuh orang tersebut. Seringkali membuat seseorang malu, terutama ketika berada di tempat umum dan berusaha menahan bersin.

Menahan bersin untuk melarikan diri atau berusaha menekan kekuatannya terkadang dilakukan oleh seseorang karena keengganan. Hal ini dapat berdampak negatif, terutama pada kesehatan seseorang

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Rhinology & Allergy, menutup saluran udara saat Anda bersin dapat memberikan tekanan 20 kali lebih banyak daripada saat Anda tidak bersin. Hal ini dapat membuat dampak yang muncul pada seseorang lebih besar dari pada mudah bersin.

Sejumlah efek yang bisa terjadi membuatnya lebih baik tidak menahan bersin ini. Berikut inilah bahaya yang muncul jika menahan bersin sejumlah dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan menahan bersin.

Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin

1. Menyebabkan nyeri dada

Menahan kekuatan yang berasal dari bersin dapat menimbulkan sensasi tidak menyenangkan yang memenuhi dada.

2. Merusak gendang telinga

Kerusakan pada membran timpani, meskipun jarang, dapat disebabkan oleh menahan bersin.”Hidung dan telinga kita sebenarnya terhubung oleh tabung Eustachius,” kata Dr. Abramowitz.“Saat menahan bersin, mungkin ada peningkatan tekanan di hidung yang kemudian mengalir melalui tuba Eustachius ke telinga, yang bisa menyebabkan trauma pada gendang telinga,” lanjutnya.

3. Menyebabkan infeksi telinga

Saat demam, bersin yang terjadi bisa menyebabkan virus atau bakteri penyebab lendir keluar dari hidung. Melalui saluran Eustachius, virus ini dapat mencapai telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga.

4. Masalah pembuluh darah

Bersin dapat memberikan banyak tekanan pada seseorang. Ketika Anda mencoba menahan bersin, hal itu dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah di kapiler mata, hidung, dan gendang telinga.”Anda mungkin melihat bintik merah pada bola mata atau mimisan dapat terjadi,” kata Dr. Abramowitz

5. Timbulnya masalah kesehatan lainnya

Pada 2015, kasus bersin yang ditahan menyebabkan aneurisma dilaporkan. Laporan lain juga menunjukkan bahwa menahan bersin dapat menyebabkan laring patah.Untungnya, kasus bersin yang parah sebenarnya sangat jarang terjadi. Namun, jangan menahan bersin karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan ini.

Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk share informasi berikut kepada keluarga, saudara ataupun teman untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Baca Juga :

Inilah Penyebab Rambut Beruban Lebih Cepat

Tips Mengatasi Stres pada Ibu yang Sedang Menyusui

Inilah Deretan Manfaat ASI bagi Anak

Menyusui Dapat Menyebabkan Stres, Inilah Penyebabnya

Tanda tanda Dehidrasi pada Bayi

Penting |bagi Ibu Menyusui, Inilah Manfaat Habbatussauda

Inilah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

You May Also Like