Inilah 5 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

E-Pub.id– Halo sob, Ibadah sholat merupakan ibadah utama dan tiang agama bagi para umat muslim. Banyak ahli meneliti beberapa bagian dari ibadah sholat dalam agama Islam, seperti wudhu, salat, dan puasa sebagai terapi bagi kesehatan tubuh.

Ibadah shalat sebagai ibadah yang diwajibkan Alloh SWT dan merupakan perintah yang diterima langsung oleh Rasulullah SAW tanpa melalui perantara, dalam peristiwa Isra’. Perintah Alloh SWT yang awalnya berjumlah 50 menjadi 5 kali salat fardhu yaitu Isya, Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dengan pahala yang sama besarnya.

Pernahkah terfikirkan oleh Anda, apakah ada manfaat gerakan salat untuk tubuh? Kali ini kita akan memmbahasnya ulasan tentang Inilah 5 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan.

Inilah 5 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat gerakan sholat yang peertama untuk kesehatan adalah membantu melancarkan peredaran darah. Dari gerakan takbiratul ihram, yakni berdiri tegak, kemudian mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan. Ternyata gerakan tersebut baik untuk melancarkan aliran darah dan getah bening, serta memperkuat otot lengan.

Gerakan sujud dalam sholat juga bermanfaat untuk melancarkan perdaran darah. Pada saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang dan membuat aliran darah kaya oksigen menjadi lancar serta otot jadi tidak kaku. Selain itu, posisi berdiri dengan berat badan bertumpu pada telapak kaki bisa merangsang titik-titik akupuntur.

2. Baik untuk Sistem Pencernaan dan Ginjal

Berikutnya manfaat gerakan sholat untuk kesehatan adalah baik untuk menjaga sistem pencernaan. Pada gerakan duduk iftirasy dan tawarruk.

Duduk iftirasy adalah duduk dalam shalat dengan cara duduk di atas telapak kaki kiri dan telapak kaki kanan ditegakkan. Pada posisi seperti ini Anda bisa mendapatkan penekanan dinding perut sejajar dengan ginjal, sehingga mengoptimalkan fungsi ginjal. Kemudian menggerakkan isi perut ke arah bawah dan akhirnya membantu pencernaan.

3. Melancarkan Aliran Darah ke Otak

Selanjutnya manfaat gerakan sholat untuk kesehatan adalah membantu melancarkan aliran darah ke otak dengan lebih baik. Pada waktu posisi bersujud atau ketika menungging dengan bertumpu pada kedua tangan, lutut, dan kaki, serta dahi yang menempel.

Maka darah yang mengalir menuju otak mengalami peningkatan, serta aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Di samping itu sujud yang menempel di lantai ternyata juga baik untuk mengendorkan saraf di muka, mencegah pusing, dan migrain.

4. Mampu Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat sholat berikutnya adalah mampu meningkatkan kecerdasan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, Amerika Serikat, karena sujud dengan posisi jantung yang berada di atas kepala, menyebabkan darah dapat mengalir dengan sangat baik ke otak. Dengan demikian kecerdasan pada otak bisa meningkat, karena gerakan tersebut memudahkan pasokan oksigen mengalir secara optimal menuju otak.

5. Mengatasi Nyeri dan Pegal

Mungkin Anda sering mengalami pegal-pegal pada tubuh? Cobalah untuk teratur menjaga gerakan sholat dengan bik dan benar untuk mendapat khasiat luar biasa. Pada saat gerakan duduk iftirosyi, terjadi relaksasi paha dan merangsang otot-otot pangkal paha untuk mengurangi rasa nyeri.

Posisi telapak kaki pada saat duduk di antara dua sujud, otot pada tungkai Anda mengalami peregangan dan rileks kembali, menjaga kelenturan serta kekuatan organ-organ gerak. Selain dapat melenturkan saraf di paha juga cekungan lutut, cekungan betis, hingga jari-jari kaki.

Kemudian dapat menyeimbangkan sistem saraf dan tubuh. Dengan adanya tekanan pada vena di atas pangkal kaki, darah memenuhi seluruh telapak kaki mulai dari mata kaki, lalu kelenjar keringat aktif kembali di sebabkan oleh bertemunya lipatan paha dan betis. Saraf yang lentur dan bekerja seimbang, baik untuk mengatasi nyeri dan melancarkan darah.

Demikian ulasan tentang Inilah 5 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan. Ternyata manfaat gerakan sholat sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Semoga ulasan di atas dapat menambah ilmu dan wawasan kita serta mempertebal keimanan kita.

You May Also Like