Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat

Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat

Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat – Halo sob, Apakah Anda termasuk salah satu orang yang menyikao buah tomat? Jika iya, Anda tergolong salah satu orang yang beruntung sebab buah ini mempunyai kandungan gizi yang melimpah. Di samping itu, tomat termasuk buah yang memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Tidak hanya enak dan sehat saat di makan, buah tomat juaga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Buah yang memiliki warna merah atau hijau ini merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae.

Tomat kerap di pakai dalam berbagai olahan, seperti pizaa, jus, dan saus tomat. Buah yang kaya kandungan gizi ini di percaya mampu menjadi solusi kecantikan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki keseimbangan cairan, sampai mencegah penuaan dini.

Buah tomat dengan nama latin Solanum lycopersium L adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika. Tomat tergolong sebagai tanaman herba semusim dengan tinggi mencapai 2,5 meter.
Buah tomat dapat di tanam di pekarangan, ladang, atau di temukan secara liar pada ketinggian 1-1.600 mdpl. Tanaman ini biasanya tumbuh tegak atau bersandar dengan tanaman lain. Selain itu, tanaman tomat bercabang banyak dan mempunyai bau yang cukup kuat.

Tomat mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap wilayah tanah air. Di daerah Sumatera, tomat di kenal dengan nama reteng, cung asam, dan terong kaluwat. Kemudian di daerah pulau Jawa, tomat sering di sebut sebagai kemir, ranti bali, ranti gendel, ranti kenong, leunca komir, rante, rante raja, dan terong sabrang.

Kali ini E-Pub.id akan menguas tentang Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat yang mungkin belum anda ketahui.

Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada beberapa penelitian di sebutkan bahwa kandungan beta karoten dan likopen di dalam tubuh dapat memengaruhi risiko serangan jantung. Jika kadar beta karoten dan likopen yang berada di dalam tubuh rendah, maka risiko terjadi serangan jantung semakin tinggi.

Dengan mengonsumsi buah tomat dapat memberikan manfaat untuk menekan terjadinya risiko penyakit jantung yang mematikan. Buah tomat yang memiliki kandungan beta karoten dan likopen yang tinggi dapat menekan risiko tersebut.

Kemudian , buah tomat juga memiliki kandungan likopen yang di percaya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat sebagai faktor penyebab risiko terserang penyakit jantung. Buah tomat mempunyai kandungan likopen yang mampu memberikan efek perlindungan lapisan dalam pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Buah tomat sebagai tanaman annual termasuk salah satu buah terbaik yang memberikan sumber vitamin C dan antioksidan. Buah tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak untuk melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Kemudian buah tomat juga mempunyai kandungan beta karoten yang di percaya manjur mencegah terjadinya pembentukan tumor pada penderita kanker prostat. Di samping itu, buah tomat juga memiliki kandungan likopen yang mampu membantu mencegah munculnya penyakit kanker.

3. Mengatasi Diabetes

Selain dapat mencegah kanker, makan buah tomat juga bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa pada pasien diabetes tipe 1 dan pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi buah tomat akan mengalami penurunan kadar gula darah dan kadar lemak dalam tubuh.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena tomat termasuk makanan yang banyak mengandung serat yang dapat menurunkan kadar gula darah dan lemak pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

4. Melancarkan Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami susah buang air besar atau sembelit? Jika iya, dengan memakan buah tomat dapat membantu anda mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit.

Buah tomatjuga mempunyai kandungan serat dan air yang diyakini dapat melancarkan pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lancar. Kandungan serat yang terdapat pada buah tomat akan membuat kotoran pada usus terdorong keluar untuk membantu mengatasi sembelit atau konstipasi.

Oleh karena itu, buah tomat sring di juluki sebagai buah pencahar. Fakta mengejutkan lainnya tentang buah tomat adalah, ternyata buah tomat baik di konsumsi untuk mencegah diare. Buah tomat yang di nilai dapat mengatasi kedua masalah utama pada sistem pencernaan bermanfaat juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi beta karoten yang terdapat pada buah tomat dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Buah tomat juga memiliki kandungan likopen, beta karoten, dan lutein sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan tersebut juga dapat menjaga mata dari berbagai kerusakan, seperti pembentukan katarak dan degenerasi makula. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan banyak menandung zeaxanthin dan lutein karotenoid dapat mengalami penurunan risiko terjadinya degenerasi makula neovaskular.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen merupakan komponen penting yang di butuhkan untuk pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku. Campuran pasta tomat dan minyak zaitun di percaya mampu melindungi kulit dari kerusakan paparan sinar matahari.

Kemudian kombinasi tomat dan buah zaitun juga dapat mendorong produksi pro-kolagen. Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang menduduki peran penting dalam pembentukan kolagen tubuh.

Kerusakan kulit yang di akibatkan paparan sinar matahari, polusi, dan asap mudah terjadi pada tubuh yang kekurangan vitamin C. Jika Anda membiarkan hal itu terjadi, berbagai masalah kesehatan kulit akan muncul dengan cepat. Masalah kesehatan kulit yang ssering muncul akibat kekurangan vitamin C adalah keriput, kendur, sampai dengan bercak hitam pada wajah

7. Meningkatkan Kesehatan Saat Hamil

Apakah Anda mengetahui manfaat buah tomat ternyata baik untuk kesehatan ibu hamil? Ternyata buah tomat memiliki kandungan asam folat yang bagus saat masa kehamilan. Ibu hamil dapat menjaga janin dari cacat tabung saraf dengan mengonsumsi buah tomat yang banyak mengandung asam folat.

Dokter kandungan sering memberikan saran bagi ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat. Meski begitu, ada baiknya Anda mengonsumsi buah tomat secara rutin untuk memperoleh asupan asam folat secara alami.

8. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Setelah di teliti, ternyata buah tomat juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan otak. Buah tomat memiliki kandungan likopen sebagai sumber antioksidan yang baik untuk membantu melindungi sel otak.

Buah tomat dapat membantu melindungi sel otak Anda dari kerusakan yang di akibatkan oleh radikal bebas sebagai penyebab penyakit demensia. Kandungan likopen yang terdapat pada buah tomat akan melindungi otak Anda dari gangguan kerusakan otak.

9. Mencegah Alzheimer

Buah tomat juga memiliki kandungan likopen yang bertanggung jawab mengatur sel pertumbuhan otak dan peradangan. Kadar karotenoid yang rendah yang terdapat dalam darah dapat menimbulkan gangguan kognitif ringan seperti penyakit alzheimer. Dengan memakan buah tomat di yakini dapat mencegah dan mengatasi terjadinya penyakit gangguan otak alzheimer karena kandungan karotenoidnya yang banyak.

10. Meningkatkan Memori Otak

Kandungan antioksidan dan senyawa lainnya yang terdapat pada buah tomat mampu menjaga serta melindungi kesehatan dan fungsi otak. Buah tomat mempunyai kandungan kolin yang mampu meningkatkan ingatan jangka pendek.

Di samping itu, kandungan kolin yang terdapat pada buah tomat dapat mengatur tidur dan membantu proses belajar lebih baik. Kemudian buah tomat meempunyai kandungan asam alfa lipolik yang mampu menjaga jaringan otak dan menunda terjadinya gangguan otak.

Demikian ulasan tentang Inilah 10 Manfaat dari Buah Tomat.ternyata buah tomat sangat bnayak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Konsumsilah dengan bijak agar memperoleh manfaat yang maksimal. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

You May Also Like