Ingin Awet Muda, Inilah Rahasianya

E-Pud.id – Halo sob, Puasa telah lama di kenal memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, siapa sangka puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk awet muda.

Puasa di saat bulan Ramadhan memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, terutama untuk kulit, salah satunya sebagai anti aging atau untuk memperlambat atau mengurangi tanda-tanda penuaan yang terjadi pada tubuh,

“Puasa juga bermanfaat untuk anti aging. Jadi penuaan sebenarnya adalah proses yang sudah di tentukan oleh DNA, karena kita punya DNA time. Namun puasa mengurangi berbagai enzim penyebab penuaan,” jelasnya dalam konferensi pers online yang di tulis pada hari Jumat .

Enzim yang memecah serat mielin berkurang selama puasa. Sel dan kolagen akan hidup lebih lama sehingga kulit tampak lebih muda

Di jaringan adiposa simpanan lemak bisa meningkat dan di kolagen saat tubuh berpuasa. Puasa juga meningkatkan antioksidan untuk menghambat enzim yang menghancurkan kolagen dan mempercepat anti penuaan.

Dengan demikian, dengan penurunan faktor pertumbuhan insulin karena sama sekali tidak ada nutrisi selama puasa, protein kinase A yang berguna untuk menghancurkan sel berkurang sehingga sel punca bertambah.

“Jadi sebenarnya kulit memperbaiki dirinya sendiri. Bagus karena memperbaiki sel-sel yang rusak dan memperbaiki perbaikan struktur kulit karena sel punca manusia bertambah,” kata Aninda.

Hasil Penelitian Mengungkapkan Manfaat Puasa Untuk Kulit

Aninda tidak memungkiri bahwa terjadi penurunan sintesis kolagen selama puasa karena banyak enzim yang di tingkatkan untuk memecah kolagen. Namun, saat tubuh kembali kenyang saat berbuka puasa, terjadi peningkatan sintesis kolagen 10 kali lipat. Oleh karena itu, berpuasa di bulan Ramadhan dapat mempercepat pertumbuhan, termasuk penyembuhan luka, jika waktu puasa dan sahur di penuhi dengan nutrisi yang tepat.

Di sisi lain, beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat lain puasa pada kulit, salah satunya penelitian tahun 2019 yang menunjukkan efek puasa pada rambut dengan meningkatkan sel punca pada folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut meningkat dan terjadi kerontokan rambut.

Selain itu, dampak pada epidermis atau lapisan atas kulit meningkatkan siklus kulit, yang membantu kulit tampak lebih cerah meskipun kadar kolesterol dalam kulit menurun.Kemudian di dermis atau lapisan dalam kulit, meningkatkan vaskularisasi pembuluh darah sehingga nutrisi dapat langsung baik untuk kulit, yang meningkatkan distribusi pembuluh darah baru untuk perbaikan kulit, proses metabolisme oksidatif atau oksidatif. .yang menghancurkan oksidasi,” kata Aninda.

Demikianlah penjelasan dari beberapa pakar tentang Ingin Awet Muda, Inilah Rahasianya. Dengan berpuasa di bulan Ramadahan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit agar tetap awet muda.

You May Also Like