Efek yang Sering Muncul Ketika Minum Kopi Sore atau Malam Hari

Efek yang Sering Muncul Ketika Minum Kopi Sore atau Malam Hari

Efek yang Sering Muncul Ketika Minum Kopi Sore atau Malam Hari – Hai sabat e-pub, Saat ini, minum kopi adalah kebiasaan yang terus berkembang seiring semakin banyak warung kopi dan kafe yang berkembang. Kebiasaan banyak orang untuk kumpul di warung kopi atau kafe menyebabkan semakin banyak kopi yang di minum.

Sayangnya, banyak orang memiliki kebiasaan “ngopi” yang sepenuhnya salah dan bisa berdampak negatif. Banyak orang yang memiliki kebiasaan minum kopi di sore atau malam hari sambil jalan-jalan bersama teman-teman. Padahal, konsumsi kopi ini sebaiknya di lakukan pada pagi atau sore hari. Sementara itu, konsumsi kopi sore dan malam hari dapat menimbulkan berbagai efek, terutama gangguan tidur.

Konsumsi kopi ini dapat menyebabkan gangguan tidur malam dengan beberapa akibat yang timbul. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah efek yang sering muncul ketika minum kopi sore atau malam hari. Efek negatif tersebut bisa di timbulkan dari kebiasaan minum kopi di sore dan malam hari.

Efek yang Sering Muncul Ketika Minum Kopi Sore atau Malam Hari

1. Membuat Anda gelisah

Minum kopi di pagi hari dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk hari itu.“Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan yang dapat membuat Anda merasa terjaga dan terjaga,” jelas May Zhu, RDN, LDN, pendiri Nutrition Happens.

Namun, bila kopi ini di minum pada sore dan malam hari, apalagi dalam jumlah banyak, yang terjadi mungkin akan berbeda. Perasaan gelisah, tegang atau palpitasi dapat terjadi. Ini bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak.

2. Mengganggu ritme alami tubuh

Menurut Zhu “Karena kafein dapat merangsang sistem saraf pusat untuk membuat kita tetap terjaga dan terjaga, mengonsumsinya menjelang waktu tidur dapat mengganggu jumlah total tidur nyenyak yang kita butuhkan untuk merasa segar,”. “Ini bisa membuat Anda sulit tidur hingga mengganggu kewaspadaan dan pola tidur alami tubuh,” lanjutnya.

Berdasarkan penelitian yang di publikasikan pada Februari 2017, di ketahui bahwa kafein tidak hanya memperpanjang waktu yang di butuhkan untuk tertidur, tetapi juga menurunkan kualitas tidur. Dalam jangka panjang, kebiasaan minum kopi di sore hari dapat memberikan efek kesehatan jangka panjang berupa peningkatan risiko depresi, diabetes, dan masalah jantung.

3. Sering buang air kecil di malam hari

Buang air kecil yang teratur di malam hari, terutama saat tidur, juga merupakan dampak dari minum kopi di sore dan malam hari. Hal ini terjadi karena kafein memiliki efek diuretik yang dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Meskipun mungkin tampak tidak berbahaya, sering buang air kecil dapat memengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur yang terganggu dapat sangat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Berdasarkan penelitian tahun 2014, di ketahui bahwa gangguan tidur mempengaruhi kinerja kognitif seseorang sepanjang hari. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum kopi di sore atau malam hari.

4. Menyebabkan keringat malam 

Terjadinya keringat di malam hari, terutama saat tidur, sering dikaitkan dengan berbagai hal seperti kecemasan, menopause atau obat-obatan tertentu. Meski demikian, konsumsi kafein pada sore dan malam hari juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada mereka yang sedang menopause, konsumsi kafein dapat meningkatkan keparahan keringat malam. Hal ini di buktikan dengan penelitian yang di publikasikan pada Februari 2015.

Bagi yang tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan tersebut di atas, terjadinya keringat malam bisa jadi karena kopi. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, sebaiknya segera periksakan ke dokter

5. Membuat lapar pada malam hari dan menyebabkan makan berlebihan

“Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein memiliki efek penekan nafsu makan, terutama bila diminum 30 menit hingga 4 jam sebelum makan,” kata Zhu.

Demikianlah ulasan tentang Efek yang Sering Muncul Ketika Minum Kopi Sore atau Malam Hari. Meski demikian, saat Anda minum kopi di sore dan malam hari, Anda mungkin tidak merasa lapar saat itu. Tapi justru bisa membuat Anda lapar di malam hari.”Ingat bahwa makan makanan seimbang dengan protein tinggi serat dan karbohidrat di siang hari dapat mencegah makan berlebihan di malam hari,” jelas Zhu.

Jangan lupa untuk shrare informasi di atas kepada keluarga, saudara atau teman Anda. dengan berbagi informasi akan dapat menfaat yang lebih banyak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan Anda.

Baca Juga :

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Konstipasi Melanda

Inilah Penyebab Rambut Beruban Lebih Cepat

Inilah Bahaya yang Muncul Jika Menahan Bersin

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Ambang Batas Aman

You May Also Like