Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam

Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam – Halo sobat E-Pub, Penyebab sakit panas dalam biasanya terjadi karena panas yang ekstrim, makanan tertentu atau faktor lainnya. Istilah panas sering di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Meski pada kenyataannya, dalam dunia medis tidak ada istilah panas dalam.

Panas dalam adalah suatu kondisi yang bukan penyakit melainkan kumpulan gejala sakit tenggorokan atau gejala awal dari infeksi virus atau bakteri. Biasanya di tandai dengan rasa sakit, kering atau gatal di tenggorokan. Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum.

Kebanyakan sakit tenggorokan di sebabkan oleh infeksi atau faktor lingkungan. Meski tidak nyaman, panas internal ini akan hilang dengan sendirinya. Kali ini kita akan mengulas tentang beberapa faktor penyebab terjadinya panas dalam :

Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam

1. Alergi

Ketika sistem kekebalan tubuh merespons pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan. Umumnya tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin-bersin dan iritasi tenggorokan seperti mulas.

Kelebihan lendir di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan. Ini disebut postnasal drip dan bisa mengiritasi.

2. Kurangnya Asupan Vitamin dan Mineral

Saat mengalami panas dalam sampai dengan sariawan, tak sedikit yang mengira kurang vitamin C. Hal ini tidak salah, namun penyebab panas dalam juga keluar saat tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi.

Penyebab sakit panas dalam bahkan di hubungkan dengan kekurangan berbagai nutrisi seperti asam folat, seng dan kalsium, sebagai pemicunya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebutuhan gizi sehari-hari dengan selalu menjaga konsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang.

Contoh pencegahannya, Anda bisa mengonsumsi vitamin B12 dalam berbagai jenis ikan, daging, telur, produk susu. Jadi untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa mendapatkannya dari hati, kacang-kacangan, bayam, tahu dan kentang.

3. Udara Terlalu Kering

Udara pada lingkungan yang kering dapat menyerap kelembapan dari mulut dan tenggorokan. Itu membuat tenggorokan terasa kering dan gatal.

4. Kurangnya Asupan Air Mineral

Penyebab sakit panas dalam selanjutnya bisa di sebabkan karena tubuh Anda kurang minum air putih. Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi. Kemudian berkembang menjadi masalah kesehatan lainnya, seperti mulas dan kondisi bibir yang kering bahkan pecah-pecah.

Alangkah baiknya untuk menyesuaikan asupan cairan yang di butuhkan tubuh Anda berdasarkan berat badan Anda. Makanlah minimal 8 gelas sehari. Dengan cara ini Anda dapat menghindari panas internal dan lesi kanker yang mengganggu.

5. Asap, Bahan Kimia dan Iritasi lainnya

Banyak bahan kimia dan zat lain di lingkungan dapat mengiritasi tenggorokan dan menciptakan panas dalam, termasuk polusi udara, produk pembersih, asap rokok dan tembakau, dan bahan kimia lainnya.

6. Daya Tahan Tubuh Menurun

Penyebab panas dalam selanjutnya bisa terjadi karena daya tahan tubuh berkurang. Menurunnya kekebalan tubuh di sebabkan oleh banyak pemicu, salah satunya saat tubuh kekurangan zat besi.

Misalnya, ketika tubuh kekurangan zat besi, kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah putih akan melemah saat melawan infeksi. Ini akan menghasilkan panas dalam dan sariawan.

Penurunan daya tahan tubuh juga bisa terjadi saat Anda mengalami kurang tidur. Sehingga tubuh terasa kurang fit, sehingga menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Luangkan waktu setidaknya untuk mendapatkan istirahat yang cukup, sekitar 6 hingga 8 jam di malam hari.

7. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab sakit panas dalam juga bisa di sebabkan karena Anda mengonsumsi makanan secara sembarangan. Ada beberapa makanan yang bisa mengiritasi mulut.

Secara umum, penyebab sakit panas dalam adalah karena konsumsi makanan atau minuman yang panas dan pedas secara berlebihan. Ini juga akan menyebabkan sensasi panas di tenggorokan. Pasalnya, beberapa orang sering mengalami reaksi iritasi pada permukaan lidah atau tenggorokan saat menelan makanan tertentu.

Bahkan jika Anda tidak suka makan sayuran. Keengganan makan buah dan sayur menjadi penyebab sakit panas dalam. Padahal buah dan sayur mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat dan vitamin.

8. Infeksi Bakteri

Penyebab sakit panas dalam hingga sakit tenggorokan bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri. Biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus grup A yang menyebabkan radang amandel.

Demikianlah ulasan tentang Deretan Faktor Penyebab terjadinya Panas Dalam. Semoga artikel di atas berguna dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi Anda semuanya. Jangan lupa bagikan artikel ini agar memperoleh manfaat yang lebih banyak.

Nantikan ulasan dari kami selanjutnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Baca juga :

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bahaya Menyusui Anak Ketika Sedang Menangis

Manfaat Tanaman Hias Di dalam Rumah

Kebiasaan Buruk yang Berdampak Pada Kesehatan Jantung

 

You May Also Like