Deretan Fakta Manfaat dari Habbatussauda

E- pub.id – Menjadi seorang ibu adalah salah satu anugerah terbesar bagi kebanyakan wanita. Tugas pertama seorang ibu setelah melahirkan adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu) yang merupakan nutrisi terbaik untuk bayinya. Salah satu hal yang menentukan kualitas ASI seorang ibu adalah makanan yang di konsumsi.

Salah satu masalah yang sering di alami ibu menyusui adalah ASI yang kurang melimpah. Banyak ibu menemukan cara meningkatkan produksi ASI dengan beberapa cara yang sering di kenal dengan ASI Booster dengan mengonsumsi suplemen, termasuk Habbatussauda.

Jika saat ini Anda berperan sebagai ibu menyusui, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana manfaat habbatussauda selanjutnya. Berikut juga informasi mengenai Deretan Fakta Manfaat dari Habbatussauda.

Deretan Fakta Manfaat dari Habbatussauda

1. Manfaat Habbatussauda untuk Ibu Menyusui

Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu obat herbal yang banyak di gunakan masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tak hanya itu, Habbatussauda juga di kenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu orang yang merasakan manfaat Habbatussauda adalah ibu yang sedang menyusui.

Hal ini terkait dengan masalah yang sering di hadapi ibu menyusui pada umumnya, seperti suplai ASI yang tidak mencukupi. Manfaat Habbatussauda untuk ibu menyusui adalah dapat meningkatkan suplai ASI. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan minyak atsiri dalam jintan hitam.

Menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), habbatussauda biasa di gunakan oleh masyarakat di India dan Iran sebagai galactogoghi atau perangsang ASI.

2. Membunuh Bakteri

Khasiat Habbatussauda tidak hanya untuk ibu menyusui tetapi juga untuk orang-orang dari segala usia. Seolah bisa membunuh bakteri. Bakteri di dalam tubuh dapat menyebabkan infeksi, seperti infeksi telinga dan pneumonia.

Di ketahui habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan merawat tubuh. Beberapa penelitian telah menguji minyak jintan hitam sebagai obat yang efektif untuk infeksi bakteri.

3. Perawatan Kulit

Manfaat lain dari Habbatussauda adalah untuk perawatan kulit. Hal ini mengacu pada jurnal yang di terbitkan dalam Dermatology & Dermatologic Surgery, yang menemukan manfaat jintan hitam atau habbatussauda untuk mengurangi jerawat.

Studi ini menemukan bahwa krim minyak jintan hitam 10% mengurangi jerawat setelah 2 bulan. Sebanyak 67% responden dalam penelitian tersebut menyatakan puas setelah menggunakan minyak jintan hitam untuk mengobati jerawat3. Mengatasi PeradanganMinyak habbatussauda telah lama di anggap sebagai bahan untuk tujuan pengobatan, campuran makanan, dan bahkan untuk tujuan kosmetik.

Selain itu, banyak orang juga menggunakan minyak jintan hitam untuk menggantikan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen, untuk melawan peradangan. Hal ini karena minyak jintan hitam mengandung zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan.

4. Pengobatan Asma

Manfaat berikutnya dari minyak jintan hitam adalah di anggap cocok untuk penderita asma. Hal ini didukung oleh penelitian yang di publikasikan dalam jurnal Phytotheraphy Research tahun 2017 yang menyebutkan bahwa penderita asma yang mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam atau habbatussauada dapat mengontrol asma, di bandingkan dengan pasien yang mengonsumsi pil plasebo.

5. Mencegah Obesitas

Manfaat habbatussauda juga dapat mencegah obesitas. Hal ini mengacu pada sebuah penelitian yang di terbitkan pada tahun 2015 dalam jurnal Food & Function yang menyatakan bahwa ada kemungkinan minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi faktor risiko pada wanita dengan obesitas.

Manfaat minyak ini bisa di dapatkan dengan mengonsumsinya saat menjalani diet rendah kalori selama delapan minggu. Hasilnya, di temukan penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida pada wanita yang mengonsumsi minyak jintan hitam.

Demikian ulasan tentang Deretan Fakta Manfaat dari Habbatussauda. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Nantikan ulasan berikutnya

You May Also Like