Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega-3

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega-3 – Hai sobat e-pub, Omega-3 adalah minyak sehat atau lemak tak jenuh yang sangat penting untuk dikonsumsi. Omega-3 merupakan komponen penting dari membran sel. Tubuh Anda juga membutuhkannya untuk membuat molekul sinyal yang disebut eikosanoid, yang membantu sistem kekebalan, paru-paru, kardiovaskular, dan endokrin agar berfungsi dengan baik.

Omega-3 adalah sejenis asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Omega-3 penting dalam makanan termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), serta prekursor utama asam alfa-linolenat (ALA).

Memiliki kekurangan omega-3 berarti tubuh Anda tidak mendapatkan cukup lemak omega-3. Ini dapat menempatkan Anda pada risiko kesehatan yang negatif. Pada artikel ini kami akan membagikan beberapa Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega-3.

Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega-3

1. Iritasi dan Kekeringan pada Kulit

Tanda-tanda pertama dari kekurangan omega-3 adalah iritasi dan kulit kering. Jika tubuh Anda kekurangan lemak omega-3, kulit Anda adalah salah satu tempat pertama yang mungkin Anda cari. Misalnya, kulit sensitif, kering atau bahkan peningkatan jerawat yang tidak biasa mungkin merupakan tanda kekurangan omega-3 pada beberapa orang.

Lemak omega-3 meningkatkan integritas penghalang kulit, mencegah hilangnya kelembaban dan melindunginya dari iritasi yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Sebuah studi 20 minggu memberikan minyak biji rami kaya omega-3 setiap hari kepada orang-orang dengan dermatitis atopik, juga disebut eksim, suatu kondisi yang menyebabkan kulit kering dan teriritasi. Peserta mengalami pengurangan kekeringan dan gatal-gatal dan membutuhkan lebih sedikit obat topikal.

Selain itu, mengalami jerawat yang lebih banyak dari biasanya juga merupakan indikasi tidak langsung dari tanda-tanda tubuh kekurangan omega-3 pada beberapa orang. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 mengurangi peradangan, yang menurut para ilmuwan dapat menyebabkan jerawat.

Secara umum, lemak omega-3 penting untuk menjaga kesehatan kulit yang optimal, jadi jika Anda tidak cukup mengonsumsi asam lemak ini, Anda mungkin melihat perubahan pada kulit Anda.

2. Depresi

Tanda kedua dari kekurangan omega-3 adalah depresi. Lemak omega-3 adalah komponen penting dari otak dan memiliki efek neuroprotektif dan anti-inflamasi. Omega-3 juga dapat membantu mengobati penyakit neurodegeneratif dan gangguan otak, seperti Alzheimer, demensia, dan gangguan bipolar. Banyak penelitian menunjukkan korelasi antara status omega-3 yang rendah dan insiden depresi yang lebih tinggi.

Sebuah analisis dari 26 studi yang melibatkan 2.160 peserta menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 memiliki efek menguntungkan pada gejala depresi.Tinjauan dan analisis sistematis lainnya dari 6 studi dan 4.605 peserta menyimpulkan bahwa asupan rata-rata 1,3 gram omega-3 per hari mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang pada orang tua, dibandingkan dengan plasebo.

Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan gangguan kesehatan mental, diet kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan mental.

3. Mata kering

Tanda ketiga dari kekurangan omega-3 adalah mata kering. Lemak omega-3 berperan dalam kesehatan mata, termasuk menjaga kelembapan mata dan bahkan menghasilkan air mata.

Untuk alasan ini, banyak ahli kesehatan meresepkan suplemen omega-3 untuk meredakan sindrom mata kering. Gejala-gejala ini seringkali dapat mencakup ketidaknyamanan mata dan gangguan penglihatan.

Sebuah studi kualitas dari 64 orang dewasa bermata kering melihat efek dari asupan omega-3. Sekelompok peserta mengambil dua kapsul setiap hari, masing-masing mengandung 180 mg EPA dan 120 mg DHA. Kelompok peserta lain mengambil plasebo. Setelah 30 hari, mereka yang mengonsumsi suplemen omega-3 mengalami lebih sedikit penguapan air mata, memperbaiki gejala mata kering, dan meningkatkan produksi air mata.

4. Nyeri dan Kekakuan Sendi

Tanda keempat dari kekurangan omega-3 adalah nyeri dan kaku sendi. Nyeri sendi dan kekakuan karena usia adalah hal yang biasa. Ini mungkin terkait dengan kondisi yang disebut osteoartritis, di mana tulang rawanmenutupi tulang yang patah. Atau, ini dapat dikaitkan dengan kondisi autoimun inflamasi yang disebut rheumatoid arthritis (RA).

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 membantu mengurangi nyeri sendi. Penelitian juga menunjukkan bahwa PUFA dapat membantu orang dengan osteoartritis, meskipun penelitian pada manusia masih diperlukan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega dapat membantu mengurangi aktivitas penyakit pada orang dengan RA, serta memperbaiki gejala pada orang dengan penyakit tersebut.Jika Anda mengalami peningkatan nyeri sendi atau gejala rematik, status lemak omega-3 Anda mungkin menurun dan mengonsumsi suplemen dapat membantu.

5. Perubahan Rambut

Tanda terakhir dari kekurangan omega-3 adalah perubahan pada rambut. Perubahan tekstur, integritas dan kepadatan rambut dapat menunjukkan status omega-3 yang rendah. Sebuah studi 6 bulan memberikan 120 peserta wanita dengan omega-3, bersama dengan lemak omega-6 dan antioksidan, dalam suplemen harian.

Di akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan kerontokan rambut dan peningkatan kepadatan rambut dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Sebuah studi pada anjing menemukan bahwa mengkonsumsi EPA dan DHA meningkatkan komposisi asam lemak dalam darah dan rambut hewan. Komposisi asam lemak yang mereka temukan dikaitkan dengan kualitas rambut yang lebih baik.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut secara teratur atau memperhatikan bahwa rambut Anda semakin tipis atau terasa kering dan rapuh, mengonsumsi suplemen omega-3 dapat membantu.

Demikianlah ulasan tentang Ciri ciri Tubuh Kekurangan Omega-3. Tetap jaga dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Jangan lupa share informasi berikut agar dapat mamperoleh manfaat yang lebih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Inilah Fungsi Omega-3 Bagi Kesehatan Nomer 3 Luar Biasa

Inilah Bahayanya Terlalu Sering Menggunakan Headphone

Inilah Manfaat Omega 3 Selain Untuk Kesehatan Otak

Inilah yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Obesitas

You May Also Like